Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Manfaatkan Lahan Kosong, Dinas Perikanan Tanbu Tebar Bibit Nila di Kolam Bioflok

- Apahabar.com     Selasa, 12 Oktober 2021 - 21:13 WITA

Manfaatkan Lahan Kosong, Dinas Perikanan Tanbu Tebar Bibit Nila di Kolam Bioflok

Penebaran bibit nila di kolam bioflok milik Dinas Perikanan Tanah Bumbu. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu melakukan penebaran ribuan bibit ikan nila di kolam percontohan bioflok dinas setempat, Selasa (12/10).

Penebaran dilakukan bersama Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, H Ambo Sakka, Ketua TP PKK Tanah Bumbu, Hj Wahyu Windarti Zairulah dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Tanah Bumbu, Hj Hasnah Mashude Ambo Sakka.

Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati, mengatakan kegiatan penebaran bibit ikan di kolam bioflok tersebut merupakan bagian dari pemanfaatan lahan kosong yang ada di Dinas Perikanan Tanah Bumbu.

“Ada lahan kosong di belakang kantor, jadi kita manfaatkan saja untuk kolam ikan dengan sistem bioflok,” ujarnya.

Kolam percontohan bioflok ini, kata Yulian, merupakan bantuan dari PT Tunas Inti Abadi (TIA) untuk Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Perikanan Tanah Bumbu.

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, H Ambo Sakka, menyambut baik dengan adanya kolam percontohan bioflok yang dikelola oleh Dinas Perikanan Tanah Bumbu.

“Saya harap budidaya ikan dengan sistem bioflok ini dapat menjadi percontohan dan disosialisasikan ke masyarakat,” pinta Ambo Sakka.

Sementara itu, Kabid Fasilitasi Perizinan dan Tempat Perizinan dan Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Abdul Gafur, menambahkan ada sebanyak 3 unit kolam ikan bioflok bantuan PT TIA. Sedangkan bibit ikan yang disebar hari ini dari Dinas Perikanan Tanah Bumbu.

“Dari 3 kolam, hari ini cuma dua kolam bioflok yang disebar bibit ikan nila. Satu kolamnya 800 bibit,” kata Gafur.

Menurut Gafur, keunggulan budidaya ikan melalui sistem bioflok yakni hemat pakan, hemat air, dan hemat tenaga.

Sekedar informasi, Teknologi Bioflok adalah sistem budidaya yang menerapkan aplikasi manajemen kualitas air yang berfokus pada mereduksi kandungan nitrogen dan amonia di dalam air sehinga tercipta lingkungan hidup yang cocok bagi keberlangsungan hidup ikan yang dipelihara. Dengan menerapkan teknologi bioflok mampu menjamin kondisi lingkungan hidup yang ideal bagi ikan.

Keunggulan dari usaha budidaya ikan sistem bioflok adalah pemberian pakan yang jauh lebih efisien apabila membandingkan dengan pemeliharaan di kolam biasa.

Keuntungan usaha budidaya ikan sistem bioflok lainnya adalah pada penggunaan air yang jauh lebih hemat. Karena pada budidaya bioflok terdapat mikroorganisme yang dapat berfungsi dalam mengurai sehingga air menjadi tidak keruh. Kualitas yang tetap terjaga membuat proses pergantian air tidak perlu terlalu sering sebagaimana pada teknik budidaya di kolam biasa. Tentunya hal ini juga dapat menghemat tenaga dan biaya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tiap Malam, Disdukpencapil Tanbu Cetak 800 E-KTP
Susun Rencana Awal RKPD 2021, Pemkab Gelar Forum Konsultasi Publik

Pemkab Tanah Bumbu

Susun Rencana Awal RKPD 2021, Pemkab Tanbu Gelar Forum Konsultasi Publik
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Peringati Hari Gizi Nasional ke 60, PERSAGI Tanbu Gelar Makan Telur Bersama
Covid-19

Pemkab Tanah Bumbu

Koordinasi Covid-19, Dinkes Provinsi Kunjungi Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Ready Kambo Buka MTQ Nasional di Kecamatan Mantewe
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Rusak Berat, 40 Ruang Kelas Segera Diperbaiki
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Dibanding 2018, Kasus Karhutla di Tanbu Jauh Menurun
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Geger! Warga Sebamban Baru di Tanbu Disambar Buaya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com