Ssttt! Wanita di Pusaran Bupati HSU Diperiksa KPK Lagi Cemara Raya Banjarmasin Masih Terendam, Warga Dorong Motor Mogok PT. SBKW Perusahaan Resmi, Cuncung Sayangkan Media Tidak Cek And Balance Mediasi Buntu! Kades di Amuntai Ancam Sweeping Truk Conch Mensos Risma Dikabarkan Akan Tinjau Korban Longsor di Maradapan Kotabaru

Menlu Retno Sebut Pemimpin G20 Sepakati Strategi Vaksinasi Covid-19 Global

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan para pemimpin negara-negara G20 menyepakati strategi global vaksinasi Covid-19 yang
- Apahabar.com     Minggu, 31 Oktober 2021 - 09:52 WITA

Menlu Retno Sebut Pemimpin G20 Sepakati Strategi Vaksinasi Covid-19 Global

Keterangan pers Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021). Foto-Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr via Antara

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan para pemimpin negara-negara G20 menyepakati strategi global vaksinasi Covid-19 yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kesepakatan itu terjadi di KTT G20 Roma, Sabtu (30/10) kemarin. Menlu Retno menuturkan para pemimpin G20 menyampaikan pandangan perlunya melakukan vaksinasi 40 persen di akhir 2021, 70 persen di pertengahan 2022.

“Ini sebenarnya adalah global strategy yang diberikan oleh WHO yang didukung oleh para leaders dari G20,” kata Menlu Retno Marsudi dalam keterangannya di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia, seusai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam KTT G20 di La Nuvola, Sabtu kemarin seperti dilansir Antara.

Menurut Menlu Retno, dalam pertemuan G20, para pemimpin negara membahas upaya bersama untuk keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19, baik krisis kesehatan maupun krisis ekonomi.

Hal lain yang disinggung adalah kerja sama erat antara menteri keuangan dan menteri kesehatan, termasuk dengan organisasi internasional, seperti WHO, Bank Dunia, IMF, dan organisasi lainnya, terhitung pula ketersediaan dana dalam menghadapi pandemi.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam pernyataannya menekankan pentingnya penguatan arsitektur kesehatan global inklusif yang berpegang teguh pada prinsip solidaritas, keadilan, transparansi, dan kesetaraan.

Retno menyebutkan Presiden mengusulkan beberapa langkah, antara lain: pertama, membuat mekanisme penggalangan sumber daya kesehatan global; kedua, menyusun protokol kesehatan global untuk aktivitas lintas negara; ketiga, mengoptimalkan peran G20 dalam upaya mengatasi kelangkaan dan kesenjangan vaksin, obat-obatan, dan alat kesehatan esensial.

Mengenai penguatan ketahanan kesehatan global, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya mempercepat pemulihan ekonomi global yang lebih kuat, lebih inklusif, dan berkelanjutan.

Pada saat ini, menurut Presiden Jokowi, seperti yang disampaikan Retno Marsudi, terbentuk pandangan bersama di antara para pemimpin bahwa keadaan ini belum usai dan ekonomi dunia masih belum bangkit kembali.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Ilmuwan Nuklir Iran

Internasional

Pasca-pembunuhan Ilmuwan Nuklir Iran, Sekjen PBB Desak Semua Pihak Tahan Diri
apahabar.com

Internasional

Terjebak, Belasan Penambang Batubara Tewas Hirup Gas Beracun
Bella Hadid

Internasional

Dukung Palestina, Bella Hadid Dikritik Pemerintah Israel
Merck

Internasional

Studi: Obat Molnupiravir Buatan Merck Efektif Lawan Corona
apahabar.com

Internasional

Pakar China Perkirakan 70 Persen Warga Dunia Terdampak Covid-19
Internasional

Internasional

Mulai 10 Agustus, Arab Saudi Buka Kembali Umrah untuk Jemaah Internasional
apahabar.com

Internasional

50 Mobil Klasik Akan Kumpul dan Berparade di Museum Toyota
apahabar.com

Internasional

59 Mumi Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Mesir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com