Curi Susu Demi Keponakan, Perkara Remaja Banjarmasin Dihentikan Lewat Restorasi Justice Fakta Baru Pembacokan di SPBU Banjar, Tak Ada Duit yang Hilang Dear KPK! Jangan Sia-siakan Pengorbanan Kades Aisyah Kotabaru Anies Baswedan untuk Presiden 2024 Mulai Bergaung di Kalsel Diterjang Banjir Rob, Pemukiman Warga Pesisir Pantai Tala Porak Poranda

Menteri Basuki: Target Konstruksi Tahap II SPAM Banjarbakula Rampung 2021

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan konstruksi tahap II
- Apahabar.com     Sabtu, 23 Oktober 2021 - 11:31 WITA

Menteri Basuki: Target Konstruksi Tahap II SPAM Banjarbakula Rampung 2021

Konstruksi Tahap II SPAM Banjarbakula ditarget rampung tahun ini. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan konstruksi tahap II Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Banjarbakula (Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut), Kalimantan Selatan (Kalsel), rampung akhir tahun ini.

Konstruksi tahap II SPAM Banjarbakula di Banjarbaru ini untuk meningkatkan layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di tiga wilayah tersebut.

Peningkatan kapasitasnya yakni, dari sebesar 60 persen menjadi 80 persen dengan sambungan rumah (SR) total sekitar 74 ribu.

“Ditargetkan rampung akhir tahun 2021 dengan progres saat ini sekitar 88 persen. Jadi nanti total kapasitas SPAM Regional Banjarbakula sebesar 750 liter/detik,” kata Menteri Basuki dikutip apahabar.com dari Antara, Sabtu (23/10).

Menurut Menteri PUPR, saat ini tengah dikerjakan peningkatan SPAM Regional Banjarbakula meliputi sejumlah lingkup pekerjaan.

Mulai dari pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) berkapasitas 500 liter/detik, bangunan reservoir Muslimin berkapasitas 2.000 meter kubik, reservoir Pinus berkapasitas 1.000 m3, hingga rumah pompa dan sistem monitoring.

Pembangunan tahap II SPAM Regional Banjarbakula sendiri dikerjakan oleh kontraktor PT Jasuka Bangun Pratama dengan nilai kontrak sebesar Rp86,17 miliar. Sementara konsultan supervisi dari PT Intimulya Multikencana.

Sebelumnya pada tahun 2014-2016 telah diselesaikan pembangunan tahap I SPAM Regional Banjarbakula, namun kapasitasnya hanya 250 liter/detik dengan bangunan reservoir berkapasitas 2.000 meter kubik.

Menteri Basuki sendiri telah melihat seperti apa progres pembanguna itu, saat melakukan kunjungan kerja ke Kalsel, tempo hari.

Kunjungan Menteri Basuki ini dilaksanakan dalam rangka monitoring pengoperasian berbagai infrastruktur sesuai kebijakan OPOR (Optimalisasi, Pemeliharaan, Operasi dan Rehabilitasi) infrastruktur PUPR.

“Untuk itu saya ingin melihat langsung untuk memastikan apakah sudah beroperasi dengan bagus, sehingga jika ada kekurangan bisa ditingkatkan. Apa yang sudah dibangun harus bermanfaat bagi masyarakat dan berfungsi dengan baik,” kata Menteri Basuki.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

BirinMU

Kalsel

7 Kecamatan di Kalsel Coblos Ulang, BirinMU Segera Gerakkan Mesin Partai

Kalsel

Warga Tala Olah Daun Sungkai Jadi Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh
apahabar.com

Kalsel

Senin, Pasar Ramadhan Taman Kamboja Banjarmasin Dibuka
Sintang

Nasional

Pasar Tengah Sungai Durian Sintang Terbakar, Satu Orang Tewas
apahabar.com

Kalsel

Efa Hotel Sediakan Paket Murah Menu Berbuka
apahabar.com

Kalsel

Pasca Kebakaran, ASDP Pastikan Pelayaran Feri Teluk Gosong-Pulau Sebuku Aman
apahabar.com

Kalsel

Dianggap Sering Disalahgunakan, 100 Mobil Dinas Eselon III Pemkot Terpasang Stiker

Banjarmasin

Mogok Massal di Banjarmasin, Penetapan Hari Sopir Nasional Menggema
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com