Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

MUI Jatim Fatwakan Pinjol Ilegal Haram

- Apahabar.com     Minggu, 24 Oktober 2021 - 14:14 WITA

MUI Jatim Fatwakan Pinjol Ilegal Haram

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Layanan pinjaman online (pinjol) dinilai memiliki unsur penipuan yang besar, karena itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur (Jatim) tidak hanya memfatwakan haram, tapi juga dosa besar.

“Pinjol unsur penipuannya sangat besar sekali dan tidak ada sejarah orang yang beruntung melalui pinjol, yang rugi ya banyak. Kalau memang itu unsur penipuan, bukan hanya haram, itu dosa besar,” kata Ketua MUI Jatim, KH Hasan Mutawakkil Alallah, dilansir CNN Indonesia, Minggu (24/10).

Tak hanya itu, ia menyebut bahwa uang hasil meminjam di pinjol ilegal itu tidaklah berkah. Sebab proses akadnya telah menyalahi aturan yang ada.

“Dan, kalau dapat pinjaman, dijamin tidak berkah. Proses akad itu sah tidak dan dibenarkan tidak oleh UU, kalau tidak, ya tidak berkah,” ujarnya.

Akad pinjam meminjam uang seharusnya dilangsungkan sesuai aturan OJK dan lembaga keuangan yang sah. Sementara, di pinjol, akadnya dilakukan tanpa unsur tersebut.

Ia pun mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan tidak menggunakan layanan pinjol ilegal. Ia tak mau masyarakat menjadi korban dari kezaliman pinjol.

“Itu sudah pernah dijelaskan oleh OJK maupun oleh pihak lembaga keuangan. Ini agar masyarakat menghindari pinjol demi kehati-hatian, supaya tidak jadi korban dari pelaku yang bertujuan untuk menzalimi mereka,” ucapnya.

Sebelumnya, Polda Jawa Timur (Jatim) menggerebek sebuah kantor perusahaan pinjaman online (pinjol) di Kota Surabaya. Pinjol itu diduga tak terdaftar di otoritas negara dan ilegal.

Penggerebekan ini dilakukan oleh Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim di sebuah kantor, di Jalan Raya Satelit Indah, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya.

Dari penggerebekan itu, setidaknya ada 13 orang diamankan, polisi juga menyita sejumlah barang bukti diantaranya laptop, dan berkas dokumen lainnya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko membenarkan penangkapan itu. Saat ini ke-13 orang yang diamankan itu tengah diperiksa di Polda Jatim.

“Iya benar, saat ini masih didalami dulu,” kata Gatot, Jumat (22/10).

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

TGB: Aku Ingin Masuk ke Sana (Sekumpul) dalam Keadaan Suci
apahabar.com

Habar

Demi Kelancaran Haul Sekumpul ke 15, Kepala Desa Tungkaran; Warga Satu Kampung Disiagakan
apahabar.com

Habar

Tablig Akbar Buat Malaysia Pusing, 1.117 Kasus Corona Terdeteksi
apahabar.com

Habar

Puluhan Pengurus PCNU Banjarbaru Resmi Dilantik
apahabar.com

Habar

Berkah Ramadan, Pedagang Ini Raup Untung Jutaan Rupiah
apahabar.com

Habar

PCNU Banjar Ambil  Sikap Tegas Jelang Pilkada 2020; Netral
apahabar.com

Habar

Lawan Pembakaran, Lembaga Muslim Bagikan Alquran Gratis
apahabar.com

Habar

Demi Kenyamaan Jemaah Haul Guru Sekumpul, Ini yang Dilakukan DLH Banjar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com