Resmikan Pabrik Bio Diesel di Tanah Bumbu, Jokowi Bakal Naik Helikopter Sisihkan 20 Peserta, 3 Barista Banjarbaru Sabet Gelar Juara Brewers Cup 2021 Terungkap, Penyebab Kematian Ibu Muda di Hotel Berbintang Banjarmasin Ribuan Gram Sabu hingga Ratusan Butir Ekstasi di Banjarmasin Dimusnahkan BREAKING! Tim Advance Pak Jokowi Tiba di Bandara Syamsudin Noor

Mulai Esok, PeduliLindungi Bisa Diakses di 11 Aplikasi

- Apahabar.com     Rabu, 6 Oktober 2021 - 20:09 WITA

Mulai Esok, PeduliLindungi Bisa Diakses di 11 Aplikasi

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Mulai Kamis (7/10) esok, aplikasi PeduliLindungi sudah terintegrasi dengan 11 aplikasi.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan, Setiaji.

“Rencana besok [integrasi PeduliLindungi ke 11 aplikasi],” ujar Setiaji, dilansir CNN Indonesia, Rabu (6/10).

Disinggung soal fitur dan versi yang diluncurkan oleh 11 aplikasi yang terintegrasi itu, Setiaji tak menjelaskan lebih rinci ihwal perbaruan tersebut. Ia mengatakan akan ada informasi lebih lanjut untuk perilisannya.

“[Fitur dan versi aplikasi] Tunggu besok ya,” pungkasnya.

Sebelumnya pemerintah lewat Kemenkes berencana membuka akses aplikasi lain agar pengguna PeduliLindungi tak perlu menyematkan aplikasi itu secara khusus di ponselnya.

Aplikasi PeduliLindungi nantinya akan dimasukkan menjadi salah satu fitur di dalam aplikasi yang terbilang banyak digunakan oleh sejumlah pihak. Sebanyak 11 aplikasi itu adalah:

*Gojek

*Grab

*Tokopedia

*Tiket.com

*DANA

*Livin’ by Mandiri

*Traveloka

*Cinema XXI

*LinkAja!

*GOERS

*JAKI

Beberapa waktu lalu Setiaji menyebut pihaknya telah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan sejumlah aplikasi, agar fitur-fitur di PeduliLindungi bisa digunakan di 11 aplikasi tersebut.

Setiaji juga menjelaskan langkah itu dilakukan untuk menjawab keluhan masyarakat yang tidak bisa menginstal aplikasi PeduliLindungi di ponsel pintarnya.

Pada Rabu (29/9) malam, integrasi PeduliLindungi dengan beberapa aplikasi milik pihak ketiga itu sudah tersedia dalam versi beta. Di antaranya pada aplikasi GoJek dan Tokopedia.

Pada versi beta ini, pengguna aplikasi GoJek dan Tokopedia dapat melakukan check-in dengan scan QR langsung lewat aplikasi itu. Sehingga pengguna tak lagi harus membuka aplikasi PeduliLindingi saat masuk area publik.

Namun demikian fitur scan QR baru menjadi satu-satunya fitur yang diintegrasikan, sehingga untuk saat ini jika pengguna ingin menunjukkan sertifikat vaksin belum bisa melalui aplikasi. Sehingga pengguna tak bisa akses fitur lain seperti sertifikat vaksin lewat aplikasi pihak ketiga ini.

Di samping itu Setiaji juga membeberkan perihal potensi kebocoran data pengguna jika diintegrasikan dengan aplikasi lain. Ia mengatakan Kemenkes akan memutus Application Programming Interface (API) yang telah terhubung dengan platform yang bersangkutan.

Perihal skema integrasi aplikasi PeduliLindungi dengan aplikasi lain, Setiaji mengatakan pada dasarnya mitra aplikasi tak akan menerima keseluruhan data pribadi milik pengguna yang ada di PeduliLindungi.

Sebaliknya, informasi yang ada di 11 aplikasi itu akan dikirimkan ke sistem PeduliLindungi untuk mengecek status orang yang bersangkutan. Data yang dikirim juga diklaim sudah terenkripsi.

Sebelum melakukan integrasi, Setiaji menjelaskan pihaknya telah melakukan pakta integritas. Dia juga menekankan mitra aplikasi tak akan menyimpan data dari PeduliLindungi. Jika hal itu terjadi maka pihaknya akan menindaklanjuti tindakan tersebut.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Postingan Terakhir Bani Seventeen, “Hore bapakku pulang..,” Viral di Medsos

Nasional

Luhut Ingin Indonesia Jadi Destinasi Investasi Kendaraan Listrik
apahabar.com

Nasional

Indonesia Siap Produksi 16.000 APD Standar WHO Per Hari

Nasional

Merokok Saat Berkendaraan, Siap-Siap Diberhentikan Polisi
apahabar.com

Nasional

Ribuan Peserta Meriahkan Karnaval Sasirangan di Ajang BSF
apahabar.com

Nasional

Belasan Anak Panti Asuhan di Kabupaten Banjar Positif Covid-19
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Belum Siapkan Penampungan Baru untuk Pengungsi
apahabar.com

Nasional

Sempat Kena Stroke, Pakar Media Sosial Nukman Luthfie Meninggal Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com