Duduk Perkara Viral Wanita Kurau Dibegal hingga Pingsan Depan Basarnas Banjarbaru Jembatan Alalak Megaproyek Terakhir Kalsel? Habib Banua: Dirjen Permalukan Presiden Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Terapkan PPKM Level II, Pasien Covid-19 Tanbu Kini Tersisa 11 Orang Detik-Detik Laka Maut Sepagar Kotabaru yang Tewaskan Reski dan Ibunya

Nilai Impor Melesat 96,23 %, Kadisdag Kalsel: Jangan Khawatir

- Apahabar.com     Rabu, 13 Oktober 2021 - 11:06 WITA

Nilai Impor Melesat 96,23 %, Kadisdag Kalsel: Jangan Khawatir

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Nilai impor di Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalami kenaikan. Data Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalsel, nilai impor pada Agustus lalu mencapai US$ 51,07 juta.

Angka itu melesat naik jika dibandingkan capaian sebelumnya. Ya, pada Juli 2021 nilai impor Kalsel hanya berada di angka 26,02 juta US dolar. Itu artinya, ada kenaikan sebesar 96,23 persen dalam sebulan.

Kendati begitu Kepala Disdag Kalsel, Birhasani mengatakan tidak perlu khawatir. Menurutnya, kondisi ini bukan menggambarkan bahwa Kalsel sudah dibanjiri barang impor.

“Perlu diketahui bahwa barang impor tersebut kebanyakan berupa alat dan mesin industri yang digunakan importirnya untuk sparepart, perbaikan dan peningkatan kapasitas industri,” jelas Birhasani kepada apahabar.com, Rabu (13/10).

Selain itu, lanjut dia, barang impor tersebut juga berupa bahan baku yang mana nantinya bakal diolah kembali sebagai bahan pendukung untuk mendukung peningkatan kuantitas produksi perusahaan industri.

Sementara jika dibanding pada Agustus tahun lalu yang mencapai US$23,93 juta, nilai impor bulan Agustus 2021 ini naik sebesar 113,43 persen.

Di samping impor, Birhasani mengklaim bahwa nilai ekspor masih jauh lebih besar. “Karenanya neraca perdagangan Kalsel menjadi surplus,” ujarnya.

Masih dari data Disdag Kalsel, nilai ekspor naik sebesar 23,21 persen. Dari US$ 714.488.431 (Juli 2021) menjadi US$ 880.301.525 pada bulan Agustus 2021.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jaga Semangat Persatuan, Pemerintah Berdialog Tematik dengan Warga Meratus
apahabar.com

Kalsel

Kabar Baik, Sewa Rumah Korban Kebakaran Patmaraga Kotabaru Ditanggung Pemerintah
Razia Disiplin PPKM

Kalsel

Razia Disiplin PPKM, Satpol PP Banjarbaru Dapati Kafe Tak Berizin Sampai Remaja Mabuk

Kalsel

Sukses Ungkap Kasus Sabu 45,73 Gram, 9 Personel Polres Tabalong Diberi Reward
apahabar.com

Kalsel

Terungkap, Penculikan Anak di Tanah Bumbu Bermotif Ekonomi

Kalsel

Langgar PPKM Level IV, Toko Ponsel di Banjarmasin Tengah Terancam Ditutup
Banjar

Kalsel

Hasil Coblos Ulang di Banjar, Antusias Warga ke TPS Turun
apahabar.com

Kalsel

Cara Baru Kegiatan Belajar di SMKPPN Paringin, Orangtua Berbaur di Kelas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com