Braakk! Pemuda “Gaduk” Tubruk Bokong Truk di Kotabaru Golkar Banjar Terbelah, Antung Aman & H Rusli Saling Klaim Kepemimpinan INNALILLAHI, Nelayan Kerumputan Kotabaru Ditemukan Tak Bernyawa Geger Api di Liang Anggang, Relawan Sulit Jangkau Titik Api Kisah Istri Alm Brimob Kalsel Jadi Sopir Travel Demi Hidupi 8 Anak, Gaji Habis Bulan Depan

Panen Cabai Hiyung, Pertanian Tapin Dapat Bantuan Miliaran Rupiah dari Paman Birin

- Apahabar.com     Sabtu, 9 Oktober 2021 - 22:35 WITA

Panen Cabai Hiyung, Pertanian Tapin Dapat Bantuan Miliaran Rupiah dari Paman Birin

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor bersama Bupati Tapin, HM Arifin Arpan saat panen raya Cabe Hiyung. Foto- apahabar.com/Sandy

apahabar.com, RANTAU – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin mengunjungi Kabupaten Tapin, dalam rangka turun langsung melaksanakan panen raya cabai Hiyung.

Dalam kesempatan itu Paman Birin juga menyerahkan bantuan untuk pertanian di Kabupaten Tapin sebesar Rp 1,2 miliar yang diterima langsung oleh Bupati Tapin, HM Arifin Arpan.

“Bantuan ini menjadi bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Kalsel untuk pengembangan pertanian di Kabupaten Tapin,” kata Paman Birin, Sabtu (9/10).

Diketahui, bantuan sebesar Rp 1.2 miliar itu berupa benih padi sebanyak 1.594 hektare senilai Rp 391.725.500, benih jagung 1.090 hektare senilai Rp 609.975.000 dan tiga unit power threser senilai Rp 32,4 juta.

Selanjutnya, bantuan untuk penangkaran bawang merah sebanyak 2 hektare senilai Rp 106.329.250 dan terakhir untuk satu unit rumah higienis senilai Rp 135 juta.

Menurut Paman Birin, pertanian di Kabupaten Tapin memiliki potensi untuk terus dikembangkan, salah satunya adalah komoditas cabe hiyung yang merupakan salah satu cabe terpedas di Indonesia.

“Cabai hiyung memiliki banyak potensi untuk dikembangkan untuk menjadi salah satu komoditas unggulan Kalimantan selatan,” terangnya.

Sementara, Bupati Tapin, HM Arifin Arpan mengaku bahwa bantuan yang diberikan menjadi bentuk dorongan dari Pemprov Kalsel kepada Kabupaten Tapin agar dapat terus mengembangkan pertanian.

“Ada beberapa jenis produk olahan dari cabai hiyung, seperti abon cabe dan sambal hiyung. Pertanian menjadi komitmen kami untuk membangun Banua menjadi lebih baik,” bebernya.

 

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab Tapin

Bimtek Kesiapan Anak Masuk SD, Bunda PAUD Tapin: Perlu Bimbingan Secara Intensif

Pemkab Tapin

Pemkab Tapin Tetapkan Purna Paskibraka Menjadi Duta Pancasila
Paskibraka

Pemkab Tapin

Wabup Tapin Kukuhkan 47 Anggota Paskibraka Sebagai DPPI 2021

Pemkab Tapin

Tetapkan Kriteria PPKM Level III, Pemkab Tapin Rakor Percepatan Penanganan Covid-19
Atlet Tapin

Pemkab Tapin

Dilepas Bupati, Berikut Atlet Tapin Wakili Kalsel di PON Papua
Pemkab Tapin

Pemkab Tapin

Pemkab Tapin Gelar Apel Peningkatan Disiplin ASN, Simak Pesan Sekda Masyraniansyah

Pemkab Tapin

Resmi, Pemkab Tapin Luncurkan Logo Harjad Ke-56
Bupati Tapin

Pemkab Tapin

Bupati Tapin Resmikan Gedung Perpustakaan Baru, Besok Sudah Bisa Dikunjungi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com