Via Jamela, KPK Dalami Keperluan Pribadi Bupati HSU 5 Kali HST Diterjang Banjir, Mitigasi Mestinya Dicermati Pemkab Bukan Pepesan Kosong, Kades Se-Amuntai Sweeping Truk Conch! Ssttt! Wanita di Pusaran Bupati HSU Diperiksa KPK Lagi Cemara Raya Banjarmasin Masih Terendam, Warga Dorong Motor Mogok

Para Pemimpin Negara Dukung Indonesia dalam Presidensi G20 Tahun Depan

- Apahabar.com     Minggu, 31 Oktober 2021 - 14:45 WITA

Para Pemimpin Negara Dukung Indonesia dalam Presidensi G20 Tahun Depan

Presiden Joko Widodo menghadiri event KTT G20 yang membahas soal UMKM dan bisnis milik perempuan di La Nuvola, Roma, Italia. Foto-Sekretariat Presiden

apahabar.com, ROMA – Hasil dari sejumlah pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dengan para pemimpin negara disamapikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Salah satunya mengenai dukungan kepada Indonesia dalam Presidensi Group of Twenty (G20) tahun depan.

Mengutip .Presidenri.go.id, dalam pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison, Indonesia dan Australia sepakat mengusulkan pembahasan mengenai ekonomi digital untuk diangkat dalam forum G20 di Presidensi Indonesia nanti. Hal tersebut agar kebijakan dan regulasi di sektor digital tidak berbeda dari sektor konvensional, utamanya dari segi platform digital.

“Diharapkan bahwa bullying di media misalnya tentu akan diatur oleh para platform secara bertanggungjawab dan seimbang,” ujar Menko Perekonomian dalam keterangannya di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia, pada Sabtu (30/10), seusai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam KTT G20 di La Nuvola.

Menko Perekonomian mengatakan bahwa dukungan juga datang dari Presiden Prancis, Emmanuel Macron saat melakukan pertemuan bilateral di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia. Bersama Presiden Macron, Presiden Jokowi membahas mengenai rencana pembentukan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif antara Indonesia dengan Uni Eropa atau IEU-CEPA.

Presiden Jokowi meminta adanya akselerasi dalam pembentukan IEU-CEPA yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Akselerasi tersebut juga diharapkan akan meningkatkan ekspor Indonesia ke Eropa dan begitupun sebaliknya.

“Nah tentu ini diharapkan Indonesia sebagai Presidensi G20 mempunyai daya tawar yang tinggi dan diharapkan manfaat bagi Presidensi Indonesia di G20 dan Presidensi di IEU ini ada manfaat untuk meyelesaikan itu,” jelas Menko Perekonomian.

Senada, pertemuan bilateral dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, juga membahas mengenai akselerasi rencana pembentukan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif antara Indonesia dengan Turki atau IT-CEPA. Akselerasi tersebut diharapkan dapat mengembalikan pasar besar minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) Indonesia di Turki yang sebelumnya menurun.

“Sehingga ini tentunya untuk mengembalikan maka kita perlu untuk mengakselerasi IT-CEPA. Bapak Presiden menugaskan Menteri Perdagangan untuk menangani CEPA tersebut,” tandas Menko Perekonomian.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Presiden Joe Biden. Foto-net

Global

Israel Beli Senjata Rp10,5 Triliun pada AS
Manny Pacquiao

Global

Pacman Pensiun dari Tinju, Bidik Kursi Presiden
Meteor Raksasa

Global

Meteor Raksasa Terbakar di Langit Norwegia
apahabar.com

Global

Kelompok Bersenjata Serang Desa Mali dan Tewaskan 37 Orang
apahabar.com

Global

Tsunami Selat Sunda, Australia: Pukulan Berat Indonesia
Bakeuda Banjarmasin

Global

Polemik Iuran Aneh HKN, Bakeuda Banjarmasin Buka-bukaan
Vaksin

Global

Vaksin Covid-19 Generasi 2 Bakal Lebih Nyaman, Ada Oral dan Semprot Hidung
apahabar.com

Global

Sudah Mendarat, Eh Ternyata Pesawat Ini Salah Tujuan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com