Kapten TNI Tewas Ditembak OTK di Aceh Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Satu Sekarat Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Pria Tewas Bersimbah Darah Jalan Tambang Sisakan Lumpur di Tapin, Warga Ngadu ke DPRD Kalsel Penyerangan Brutal Jurkani di Tanbu, Komnas HAM hingga LSPSK Turun Tangan

Pemekaran DOB Tanah Kambatang Lima Diberi Lampu Hijau Bupati Kotabaru

- Apahabar.com     Jumat, 1 Oktober 2021 - 10:10 WITA

Pemekaran DOB Tanah Kambatang Lima Diberi Lampu Hijau Bupati Kotabaru

Ketua tim percepatan pemekaran DOB Tanah Kambatang Lima, Raby, bersama pengurus. Foto-apahabar.com/Masduki

apahabar.com, KOTABARU – Wacana pemekaran daerah otonom baru (DOB) Tanah Kambatang Lima resmi mendapat lampu hijau, atau dukungan Bupati Kotabaru, Sayed Jafar.

Dukungan itu diberikan bupati sesuai surat keputusan (SK) No.188.45/319/KUM/2021. Surat ini pun telah diterima oleh ketua tim percepatan pemekaran DOB Tanah Kambatang Lima, Rabbiansyah, atau biasa disapa Roby, Senin (30/9).

SK sekaligus rekomendasi itu ditandangani bupati pada 17 September 2021 lalu.

Roby berharap, dukungan yang diberikan bupati ihwal percepatan pemekaran DOB Tanah Kambatang Lima menjadi motivasi seluruh panitia percepatan, pengurus di tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa.

“Untuk semua pengurus mari bersatu berjuang, dan melengkapi syarat-syarat yang diperlukan. Sehingga, perjuangan DOB Tanah Kambatang Lima terwujud. Bukan bukan hanya isapan jempol belaka,” harap Roby, sekaligus wakil warga Tanah Kambatang Lima itu.

Roby menambahkan, ke depan terdapat tugas tim percepatan pemekaran ini yang keanggotaannya terdiri dari unsur pemerintah daerah, anggota DPRD, dan juga presedium Tanah Kambatang Lima, melengkapi kembali syarat-syarat pembentukan daerah pemerkaran.

Sesuai dengan amanah undang-undang, dari 109 desa, dari 12 kecamatan masih ada beberapa desa melalui BPD belum memberikan rekomendasi persetujuan pemekaran.

Hal tersebut, menurutnya, tentu menjadi salah satu faktor penghambat dalam tim untuk menyajikan data, sekaligus ihwal tujuan utama pemekaran.

Selanjutnya, terdapat beberapa lis tambahan yang juga harus segera lengkapi. Seperti, persetujuan kepala desa, camat, serta rekomendasi bupati-bupati sekitaran Kotabaru.

“Intinya, tugas kami akan memfasilitasi kelengkapan syarat administrasi dan teknis pemekaran daerah. Termasuk memfasilitasi kajian akademis untuk calon kabupaten baru Tanah Kambatang Lima,” terang Roby, Selasa (1/10).

Sebagai informasi, tim percepatan juga memiliki pelindung dan penasehat mulai dari bupati, wakil, Ketua DPRD, Sekda, akademisi dan tokoh Kotabaru Prof H Udiansyah.

Selain itu, serta terdapat pula beberapa pembina dari kalangan habaib, pengurus inti, serta beberapa bidang dan anggota.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Saksikan! Live Streaming Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Oknum ASN Tersandung Sabu, Kantor SAR Banjarmasin Digeledah
apahabar.com

Kalsel

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, 1.000 Lebih Pemudik Bakal Tiba Malam Ini
apahabar.com

Kalsel

2.194 Koli Surat Suara Kembali Tiba di Banjarmasin
terlilit utang

Kalsel

Terlilit Utang, Maling di Alfamart Banjarmasin Diringkus Polisi

Kalsel

Lanjutkan Pendidikan, Kolonel Leo Pamit dari Kodim 1007/Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Dituduh Perankan Video Syur, Mahasiswi Cantik Banjarmasin Trauma
apahabar.com

Kalsel

Pangkalan Elpiji Banjarmasin Selatan Diserbu Warga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com