Kata Para Pelaku Usaha di Banjarbaru Soal Wajib PCR Penumpang Pesawat Diadili, Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik! Heboh Narkoba ‘Prangko Dahsyat’ Banjarmasin, BNN Turun Tangan Tarif PCR Turun Jadi Rp300 Ribu, Kadinkes Kalsel: Kita Masih Tunggu

Pensiun dari Politik, Rodrigo Duterte Batal Jadi Cawapres Filipina

- Apahabar.com     Sabtu, 2 Oktober 2021 - 22:35 WITA

Pensiun dari Politik, Rodrigo Duterte Batal Jadi Cawapres Filipina

Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Mengacu pada survei dan forum publik dalam beberapa waktu terakhir, warga Filipina tidak menginginkan Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali ikut pemilu sebagai calon wakil presiden tahun depan. Karena itu, dia memilih untuk pensiun dari politik pada Sabtu (2/10).

Selain pensiun dari politik, Rodrigo Duterte juga menyatakan batal mencalonkan diri sebagai wakil presiden dalam pemilihan presiden tahun depan atau usai masa jabatannya berakhir.

“Sentimen luar biasa dari orang Filipina membuat saya tidak memenuhi syarat. Itu akan menjadi pelanggaran konstitusi,” kata Duterte seperti dilansir CNNIndonesia.com yang mengutip AP, Sabtu (2/10).

“Saya akan mengikuti keinginan masyarakat dan hari ini saya mengumumkan pensiun dari politik,” Duterte menegaskan.

Presiden berusia 76 tahun tersebut sejak menjabat pada 2016 dikenal dengan kebijakan dan karakter yang keras, seperti membunuh semua pengedar dalam memberantas narkoba, hingga memberlakukan lagi hukuman mati.

Presiden Filipina dibatasi konstitusi untuk menjabat satu periode, dengan masa jabatan enam tahun. Hal itu membuat Rodrigo Duterte tak bisa lagi mencalonkan diri di periode kedua karena bertentangan dengan konstitusi negara.

Sehingga, ia sempat mendeklarasikan akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Sang anak, Sara Duterte, sempat disebut-sebut akan diajukan sebagai calon presiden bersama sang ayah.

Duterte adalah yang pertama mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden setelah menjabat.

Sara Duterte saat ini menjabat sebagai walikota kota Davao selatan, dan telah didorong banyak pendukung untuk mengajukan upaya menggantikan ayahnya. Dia telah menduduki puncak survei opini publik independen tentang Presiden Filipina berikutnya.

Namun, Sara telah mengatakan tidak akan mencalonkan diri sebagai presiden jika ayahnya, Duterte, maju sebagai wakil presiden.

Editor: Muhammad Robby - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Baru Nikahi Miss Moscow, Raja Malaysia Mengundurkan Diri
Vaksin

Global

Sudah Lebih 600 Ribu Orang Disuntik Vaksin Pfizer Covid-19
apahabar.com

Global

Bentrokan Pasukan Israel dengan Demonstran Palestina, 23 Orang Luka

Global

Sejumlah Negara Larang Warga yang Belum Vaksin ke Ruang Publik
apahabar.com

Global

Pemerintah Cina Bayar Pelapor Konten Illegal Hingga Rp 1,2 Miliar

Global

Diretas, Foto Profil Instagram KBRI Jadi Naruto
apahabar.com

Global

Pengujian Vaksin Corona Efektif, Harga Emas Dunia Bergerak Naik

Global

Pria Berusia 111 Tahun Bocorkan Rahasia Umur Panjang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com