Update Banjir Kalsel: Sudah 6 Kabupaten Terdampak! Parah, Empat Titik Longsor Sempat Tutup Akses Utama Loksado-Kandangan UPDATE Tinggi Air Jelang Puncak Banjir HST BREAKING! Bupati HST Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Banjir di Pusat Kota HST Meluas, Ratusan Jiwa Mengungsi

Perhatian! DP 0 Persen Kendaraan Bermotor Diperpanjang hingga Desember 2022

- Apahabar.com     Selasa, 19 Oktober 2021 - 16:52 WITA

Perhatian! DP 0 Persen Kendaraan Bermotor Diperpanjang hingga Desember 2022

Bank Indonesia memberikan penurunan batasan minimum uang muka dari kisaran 5-10 persen menjadi nol persen untuk pembelian kendaraan bermotor berwawasan lingkungan. Foto: Antara

apahabar.com, JAKARTA – Pelonggaran ketentuan uang muka alias down payment (DP) kredit kendaraan bermotor menjadi paling sedikit nol persen berlaku efektif 1 Januari 2022 sampai dengan 31 Desember 2022.

“Kebijakan ini berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor baru,” ujar Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam Pengumuman Hasil RDG Oktober 2021 Cakupan Triwulanan di Jakarta, Selasa (19/10), dilansir Antara.

Menurut Perry, perpanjangan tersebut dilakukan untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko.

Adapun permintaan kredit saat ini dilaporkan membaik, terutama dari dunia usaha dan konsumsi, sejalan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat.

Dari sisi penawaran, Perry menilai standar penyaluran kredit oleh perbankan melonggar seiring dengan menurunnya persepsi risiko, di samping sangat longgarnya likuiditas dan penurunan suku bunga kredit baru.

Perry mengatakan aktivitas ekonomi dan mobilitas masyarakat yang meningkat mendorong perbaikan persepsi risiko perbankan.

“Sehingga berdampak positif bagi penurunan suku bunga kredit baru,” kata gubernur BI tersebut.

Bank sentral mencatat SBDK perbankan menurun secara terbatas di Agustus 2021 yaitu sebesar 4 basis poin (bps) menjadi 8,77 persen jika dibandingkan dengan Juli 2021 yakni 8,81 persen, sejalan dengan perkembangan bunga acuan BI yang tetap sejak Maret 2021.

Perkembangan tersebut menyebabkan spread SBDK terhadap suku bunga kebijakan menyempit menjadi sebesar 97 bps dari 6,24 persen pada Agustus 2020 menjadi 5,27 persen pada Agustus 2021.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pengamen

Hiburan

TOP! Pengamen Indonesia Menangi Ajang Pencarian Bakat Italia, Begini Ceritanya

Nasional

Moeldoko Akui Minum Ivermectin yang Diklaim Obat Covid-19
Hendra Subrata

Nasional

10 Tahun Buron, Terpidana Hendra Subrata Tiba di Indonesia
apahabar.com

Nasional

Dosen di Surabaya Janjikan Nilai A Bagi Mahasiswa yang Ikut Unjuk Rasa Tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja, Ini Pesannya
Tabalong

Nasional

Di Tabalong Tanam Pisang, Pria Asahan Mandi Lumpur Protes Jalan Rusak
apahabar.com

Nasional

Pendaki asal Sulawesi Tewas di Gunung Sumbing, Simak Kronologisnya
Listrik Gratis Tiga Bulan, Simak Ketentuan Pengguna Toke

Nasional

Listrik Gratis Tiga Bulan, Simak Ketentuan Pengguna Token
Presiden 3 Periode

Nasional

PDI Perjuangan Tegas Tolak Jabatan Presiden 3 Periode
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com