Golkar Banjar Terbelah, Antung Aman & H Rusli Saling Klaim Kepemimpinan INNALILLAHI, Nelayan Kerumputan Kotabaru Ditemukan Tak Bernyawa Geger Api di Liang Anggang, Relawan Sulit Jangkau Titik Api Kisah Istri Alm Brimob Kalsel Jadi Sopir Travel Demi Hidupi 8 Anak, Gaji Habis Bulan Depan Walau Ditentang, Pemkot Banjarmasin Ngotot Tertibkan Reklame

Peringkat 10 Negara dengan IQ Tertinggi Dunia, Teratas Ternyata dari Asia Tenggara

- Apahabar.com     Minggu, 3 Oktober 2021 - 17:16 WITA

Peringkat 10 Negara dengan IQ Tertinggi Dunia, Teratas Ternyata dari Asia Tenggara

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – World Population Review (WPR) merilis peringkat negara dengan Intelligence Quotient atau IQ tertingi di dunia. Ternyata teratas dari negara Asia Tenggara.

WPR mencatat skor rata-rata IQ tiap negara ini didapat dari skor rerata negara dalam tes IQ yang telah distandardisasi.

Tes IQ ini diperkenalkan oleh profesor asal Inggris Richard Lynn sejak tahun 2006 silam.

Kemudian data disempurnakan dengan beberapa pengukuran tambahan.

Seperti, skor penilaian matematika nasional, kemampuan membaca, dan pengetahuan ilmu sains nasional.

Menurut daftar negara dengan IQ tertinggi tahun 2021, peringkat pertama ternyata dari negara Asia Tenggara, yakni Singapura.

Kemudian disusul oleh China dan Hongkong di peringkat dua dan tiga. Sementara itu, Malawi menjadi negara dengan skor IQ rata-rata terendah di dunia dengan skor rerata IQ-nya sebesar 60,1.

Bagaimana dengan Indonesia? World Population Review mencatat Indonesia menempati peringkat 80 dunia. Skor rerata IQ penduduk Indonesia mencapai 85.

Indonesia beriringan dengan negara Iran, Brazil, Myanmar, Kazakhstan, Tunisia, dan lain sebagainya.

Perlu dicatat, bahwa IQ bukan satu-satunya ukuran kecerdasan dari penduduk suatu negara.

Seluruh negara di dunia juga mendapat peringkat berdasarkan peringkat ujian sekolah atau jumlah penghargaan Nobel yang dimenangkan sepanjang tahun.

Misalnya, Singapura merupakan negara dengan IQ tertinggi, namun, berhasil dikalahkan oleh Jepang yang menang dalam kategori peringkat ujian sekolah dan jumlah penghargaan Nobel sebelumnya.

Berikut daftar 10 Negara dengan IQ Tertinggi versi World Population Review (WPR) seperti dilansir detik.com, Minggu (3/10):

1. Singapura

Singapura merupakan satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang masuk dalam daftar Top 10 negara dengan IQ tertinggi. Skor rerata IQ yang berhasil diraih penduduk Singapura mencapai 107,1 dengan total penduduk tahun 2021 sebesar 5,89 juta jiwa.

2. China

China menyusul Singapura sebagai negara dengan skor IQ tertinggi di dunia dengan rerata 105,8. Besaran penduduk China berdasarkan data tahun 2021 mencapai 1,44 miliar jiwa.

3. Hongkong

Skor rerata IQ yang diraih Hongkong tidak jauh berbeda dengan China. Penduduknya berhasil meraih skor dengan rerata 105,7 yang hanya terpaut 0,1 poin dari China. Total penduduk yang mendiami negara cerdas nomor tiga di dunia ini sebanyak 7,55 juta jiwa.

4. Jepang

Urutan keempat negara dengan skor rerata IQ tertinggi masih ditempati oleh negara Asia, yaitu Jepang. Jepang dengan 126,1 juta penduduk pada tahun 2021 berhasil meraih rerata IQ hingga 105.

5. Korea Selatan

Korea Selatan dengan populasi penduduk pada tahun 2021 mencapai 51,3 juta jiwa menempati posisi kelima sebagai negara dengan IQ tertinggi. Rerata skor yang berhasil diraih penduduknya mencapai 104,6.

6. Korea Utara

Selanjutnya, Korea Utara ikut menyusul Korea Selatan dengan rerata skor penduduknya sebesar 104,6. Total penduduk dari Korea Utara ini mencapai 25,92 juta jiwa pada tahun 2021.

7. Taiwan

Tidak jauh berbeda dengan kedua negara Korea, rerata skor IQ yang diraih penduduk Taiwan juga masih menempati angka 104,6. Saat ini, negara Taiwan tengah dihuni oleh 23,86 juta jiwa penduduk per tahun 2021.

8. Kanada

Peringkat selanjutnya ditempati oleh negara asal Amerika Utara yakni, Kanada. Skor yang diraih Kanada sebesar 100 untuk 38,15 juta jiwa penduduknya tahun 2021.

9. Belanda

Kemudian, disusul oleh negara dari kawasan benua Eropa pertama dalam peringkat ini, Belanda. Belanda meraih total skor yang tidak jauh berbeda dengan Kanada yaitu sebesar 100 untuk 17,17 jiwa penduduknya.

10. Swiss

Terakhir, ditempati oleh negara Swiss asal benua Eropa dengan total penduduk sebesar 8,72 juta jiwa. Swiss juga meraih skor rerata IQ penduduknya yang menyamai Kanada dan Belanda yaitu 100.p

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Makam Pendeta Agung Berusia 4.400 Tahun Ditemukan, Begini Penampakannya
apahabar.com

Global

Peraih Nobel: Kegiatan Israel di Palestina Tidak Bisa Diterima
apahabar.com

Global

Kelompok Bersenjata Serang Desa Mali dan Tewaskan 37 Orang
Joe Biden

Global

Hari Pertama Jabat Presiden, Joe Biden Cabut Larangan Masuk Negara Muslim
Ilustrasi, Pemerintah Indonesia memberikan sejumlah bantuan ke Palestina. Foto-net

Global

Indonesia Bantu Rp7,1 M untuk Palestina

Global

China Coba Redam Konflik Laut China Selatan
apahabar.com

Global

Badai Pabuk yang Melanda Thailand Terburuk dalam Puluhan Tahun

Global

Kasus Covid-19 di Malaysia Sentuh Angka 1.013.438
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com