Persiba Cuci Gudang, Coret Tujuh Pemain Jelang Delapan Besar Liga 2 Paman Birin Minta Wali Kota dan Bupati Maksimalkan Serapan Anggaran 2022 Kasus Covid-19 di 21 Daerah Naik, Pemerintah Meminta Masyarakat Tetap Waspada Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Petir Berpotensi Melanda Hampir Seluruh Wilayah! Truk Terguling di A Yani Banjarmasin, Satu Orang Tewas

Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung?

- Apahabar.com     Sabtu, 23 Oktober 2021 - 14:56 WITA

Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung?

Pesona Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar. Foto-net

apahabar.com, PUTUSSIBAU – Pesona Danau Sentarum, Kalimantan Barat (Kalbar) memang memesona. Pengunjung dibuat takjub dengan keindahan alam di sana.

Danau Sentarum adalah danau musiman yang berada di Kapuas Hulu, Kalbar.

Danau ini dipenuhi air selama 10 bulan setiap tahunnya, dan sisanya akan surut, membentuk kolam-kolam kecil yang berisi ikan-ikan kecil.

Saat kemarau, air Danau Sentarum memasok setengah dari aliran air Sungai Kapuas. Luas keseluruhan danau ini 132.000 Ha.

Sejak 1994, kawasan ini dimasukkan dalam daftar lahan basah terpenting di dunia.
Beberapa jenis ikan melewati danau ini dalam siklus reproduksinya, antara lain jelawat (Leptobarbus hoevenii), menyadin (Osteochilus triporos), belantau (Macrochirichthys macrochirus), dan tapah (Wallago leeri).

Burung dara laut (Sterna spp.) juga bermigrasi dari pantai ke Taman Nasional Danau Sentarum untuk bertelur.

Pada tahun 1999, Danau Sentarum ditetapkan sebagai taman nasional. Sebelumnya, Taman Nasional Danau Sentarum berstatus cagar alam pada 1981-1982 dan suaka margasatwa sejak 1983.

Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) Perdie M Yoseph saat berwisata ke Danau Sentarum dibuat takjub.

Menurutnya keindahan alam di Danau Sentarum merupakan nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan patut di syukuri.

“Selama ini saya hanya mendengar wisata Danau Sentarum dari pemberitaan saja, setelah saya melihat langsung Danau Sentarum begitu indah,” kata dia saat kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Hulu, dikutip apahabar.com dari Antara, Sabtu (23/10).

Dalam kunjungannya, Perdie M Yoseph didampingi Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan.

“Pengembangan wisata Danau Sentarum itu tidak boleh hanya lokal saja, namun harus mendunia,” kata Perdie M Yoseph.

Ia juga mengatakan Danau Sentarum dapat menjadi referensi bagi penggemar travelling.

Menurut Perdie, di Danau Sentarum itu ada suasana khusus, dengan suasana alam yang memberikan ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk suasana di perkotaan.

“Kita bisa menikmati pemandangan menakjubkan dari Pulau Sepandan, kita bisa melihat seluas mata memandang yang dikelilingi perbukitan, cocok juga untuk yang ingin berbulan madu,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan sengaja mengajak rombongan Bupati Murung Raya mengunjungi wisata itu sebagai promosi.

Fransiskus merekomendasikan untuk para wisatawan untuk mengunjungi Pulau Sepandan, termasuk Bupati Murung Raya bersama rombongan juga menikmati panorama Danau Sentarum dari Pulau Sepandan.

“Kita bisa menikmati keindahan Danau Sentarum dari Pulau Sepandan, itu saya rekomendasikan juga untuk wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga, tetapi harus tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Fransiskus.

Dalam kesempatan tersebut, tampak juga Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny, yang turut serta bersama rombongan mengunjungi wisata Danau Sentarum, yang secara bersamaan, pria berbintang satu di bahunya itu juga melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Saat di Danau Sentarum, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengajak Bupati Murung Raya bersama rombongan menelusuri ombak kecil Danau Sentarum menggunakan kapal motor yang telah di desain khusus untuk wisatawan.

Danau Sentarum merupakan destinasi wisata yang telah masuk dalam kalender nasional, untuk memprmosikan wisata yang telah mendunia itu, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu beberapa tahun terakhir rutin menyelenggarakan Festival Danau Sentarum, namun sejak Tahun 2020 Festival Danau Sentarum itu tidak bisa dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

Selain memiliki berbagai spesies ikan air tawar, Danau Sentarum juga merupakan habitat ikan Arwana merah (Super Red).

Selain itu di kawasan Danau Sentarum juga merupakan pusat produksi madu hutan yang berkualitas dan sudah dikenal mendunia. Nah, apakah Anda tertarik berkunjung?

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pesan Lebaran dari Jokowi: Kita Mampu Lewati Ujian Ini
apahabar.com

Nasional

Akibat Tsunami, 25 Persen Pemesanan Hotel di Banten Dibatalkan
apahabar.com

Nasional

Didemo, Kaltara Bersurat ke Menteri Susi Soal Aturan Penangkapan Kepiting
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Siap Jadi Partner Milenial
apahabar.com

Nasional

Putra Amien Rais Kecelakaan, Alphard Penyok, Hanafi Rais Luka Berat

Nasional

Covid-19 Tak Turun, PPKM Diperpanjang Dua Pekan ke Depan
apahabar.com

Nasional

Setiap Hari, Sekitar 100-200 Anak Positif Covid-19
apahabar.com

Nasional

Hari Ini, Istiqlal Diresmikan Jadi Salah Satu Masjid Terbesar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com