Akhirnya, Buronan Pelaku Penggelapan Motor Scoopy di HST Diringkus Tim Resmob Grand Launching RSI Sultan Agung Banjarbaru, Terapkan Layanan Bersyariat Islam Via Jamela, KPK Dalami Keperluan Pribadi Bupati HSU 5 Kali HST Diterjang Banjir, Mitigasi Mestinya Dicermati Pemkab Bukan Pepesan Kosong, Kades Se-Amuntai Sweeping Truk Conch!

Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik!

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bakal dianugerahi gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa (Dr. HC) oleh Universitas Lambung Mangkurat..
- Apahabar.com     Selasa, 26 Oktober 2021 - 16:17 WITA

Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik!

Rencana pemberian gelar doktor kehormatan ke Paman Birin terkesan mengada-ada. Terlebih keberhasilan proyek Jejangkit jadi ukuran. apahabar.com/Riki

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemberian gelar Doktor Honoris Causa atau Doktor Kehormatan untuk Gubernur Kalsel Sahbirin Noor tinggal menghitung hari. Petisi penolakan terus menggelinding.

Paman Birin, sapaan karib gubernur, bakal dianugerahi gelar doktor kehormatan (Dr. HC) oleh Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Gelar baru untuk sang gubernur bakal diberikan dalam Sidang Terbuka Senat ULM, Kamis (28/10) lusa.

Namun, beberapa hari sebelum agenda ini mencuat petisi penolakan untuk penganugerahan gelar Honoris Causa kepada sang gubernur.

Diketahui, petisi yang telah ramai beredar di media sosial ini diinisiasi oleh seorang alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ULM, Rahmad Hidayat. Sampai saat ini petisi tersebut telah ditandatangani 1.209 orang.

apahabar.com secara langsung melakukan wawancara dengan Rahmad Hidayat, Selasa (26/10). Dia menilai pemberian gelar ini terkesan tergesa-gesa.

Menurutnya, keputusan memberikan Gelar Doktor Kehormatan semacam ini mesti dilakukan sesuai kaidah-kaidah yang berlaku.

“Saya menilai Rektor ada ketergesa-gesaan dalam memberikan gelar ini. Pertanyaannya, apakah proses yang dilakukan oleh rektorat itu sudah sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku? Mari kita uji ke publik,” ucapnya.

Menurut Rahmad, alasan yang diberikan Badan Senat untuk menganugerahi Paman Birin gelar tersebut tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

Salah satu alasan pemberian gelar tersebut, karena Paman Birin dinilai turut berkontribusi dalam kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Kalsel. Terutama di bidang pertanian.

Ambil contoh seperti proyek pertanian di Jejangkit Kabupaten Barito Kuala saat perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 silam.

“Alasan ini tidak logis dan terkesan diada-adakan. Proyek lahan HPS di Jejangkit ini adalah kebijakan gagal, masa iya kebijakan gagal dijadikan alasan untuk pemberian gelar, kan lucu,” singgungnya.

“Based ukuran kuantitatif dan kualitatif proses, sampai hasil dari proyek Jejangkit tidak sesuai harapan, apalagi kalau bicara tindak lanjutnya, sekarang jadi apa lahan di sana? Lahan tidak terurus,” ujarnya.

Kata Rahmad, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ULM sudah mengirimkan surat untuk mengajak pihak Rektorat audiensi.

“Bilamana surat ini tidak ditanggapi positif, maka saya dan BEM siap menguningkan Rektorat,” pungkasnya.

Dia juga menegaskan petisi tersebut murni atas inisiasi tersendiri, tidak ditunggangi oleh tokoh politik atau kepentingan pribadi yang lain.

Alasan ULM

Rencana penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan untuk gubernur Kalsel ini sebenarnya sudah mencuat sejak acara Dies Natalis ULM ke-63 pada 21 September 2021.

Saat membacakan pidatonya Rektor ULM, Prof Sutarto Hadi, berencana mengusulkan Sahbirin bisa mendapatkan Gelar Doktor Kehormatan.

Sebab, menurut Sutarto, sang gubernur telah berjasa dan berkarya luar biasa, bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia.

“Ini momen yang penting di usia ke 63 ini, karena kami melihat kontribusi Paman Birin sangat besar bagi kemajuan pendidikan di Kalsel,” ujarnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Perahu Kosong

Kalsel

Perahu Kosong, Nelayan Alle-Alle Lenyap di Laut Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Terkuak, Motif Pengumbar Kebencian soal PSBB di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Gaji Guru Honorer Kalsel Naik, IGI Genjot Kompetensi
apahabar.com

Kalsel

Libur Lebaran, Duta Mall Banjarmasin Terpantau Normal
apahabar.com

Kalsel

Cerita Koptu Chandera Aprianto Dicintai Warga Pulantan Banjar
apahabar.com

Kalsel

Pemerintah Diminta Perhatikan Cagar Budaya Kerajaan Pulau Laut
apahabar.com

Kalsel

Anggota DPR RI Rifqynizamy Karsayuda Siap Pertanggungjawabkan UU Cipta Kerja di Hadapan Publik Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Fakta Baru Malam Minggu Berdarah di RK Ilir Banjarmasin Selatan; Tawa Berujung Petaka
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com