Dikira Orang Mabuk, Ternyata Api Mengamuk di Komet Banjarbaru Tanpa Naturalisasi, Berikut Pemain Tambahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Kartu Prakerja Lanjut di 2022, Anggaran Rp 11 Triliun Disiapkan Nyangkut Jembatan Lagi, Damkar Banjar Turun Tangan Atasi Rumpun Bambu Longsor Kotabaru Tewaskan 4 Warga Maradapan, Cek Faktanya

Porsche-Michelin Kolaborasi Bantu Petani Karet Indonesia

- Apahabar.com     Senin, 18 Oktober 2021 - 13:30 WITA

Porsche-Michelin Kolaborasi Bantu Petani Karet Indonesia

Porsche dan Michelin tengah berkomitmen pada ekstraksi keberlanjutan karet alam guna mendukung petani karet Indonesia. Foto: Ist

apahabar.com, JAKARTA – Porsche dan Michelin tengah berkomitmen pada ekstraksi keberlanjutan karet alam guna mendukung petani karet Indonesia.

Anggota Dewan Eksekutif untuk Pengadaan di Porsche AG, Barbara Frenkel mengatakan bahwa pihaknya mengambil pendekatan holistik yang keberlanjutan.

“Rantai pasokan kami dan ekstraksi bahan baku merupakan faktor penting di sini,” ujar Barbara Frenkel dalam keterangan resminya, Senin (18/10), dikutip dari Antara.

Pihaknya bertanggung jawab atas dampak terhadap daerah ekstraksi karet di Indonesia lewat proyek-proyek yang dilakukan di wilayah tersebut.

“Petani kecil merupakan jantung dari rantai pasokan karet alam yang berkelanjutan. Itu sebabnya kami mendukung mereka untuk mencapai standar hidup yang layak sambil mengikuti praktik lingkungan dan sosial yang baik,” tambah dia.

Komitmen ini juga sejalan dengan transparansi dan kondisi kerja yang jauh lebih baik dalam hal ekstraksi bahan baku yang ditunjukkan oleh proyek “CASCADE” (Tindakan Berkomitmen untuk Pengembangan Kapasitas Petani Kecil).

“CASCADE adalah contoh komitmen Michelin terhadap rantai pasokan karet alam berkelanjutan yang melindungi lingkungan dan meningkatkan mata pencaharian.

Michelin, kata dia, senang bisa bekerja sama dengan Porsche dalam proyek ambisius ini.

“Selama hampir 20 tahun, kami menikmati kemitraan yang erat dalam bisnis ban, yang kini juga kami kembangkan ke bidang keberlanjutan,” kata Senior Vice President, Chief Procurement Officer di Michelin, Hélène Paul.

Dalam hal ini, kedua perusahaan itu sangat mendukung petani perkebunan kecil di Sumatra di Indonesia, dalam mengekstraksi karet.

Pendidikan dan pelatihan tentang praktik budidaya, keanekaragaman hayati dan keselamatan kerja yang diberikan juga semuanya bertujuan untuk mencapai perbaikan jangka panjang dalam kondisi kehidupan dan situasi ekonomi petani kecil.

Untuk mempercanggih, Porsche dan Michelin mengidentifikasi risiko terhadap keberlanjutan rantai pasokan dalam ekstraksi karet menggunakan aplikasi yang dikembangkan khusus untuk tujuan ini dan dengan melakukan diskusi dengan pelaku pasar di wilayah tersebut.

Adapun karet digunakan dalam banyak produk industri sebagai bahan baku. Sebagai produsen otomotif, Porsche juga berkontribusi terhadap konsumsi karet global melalui penggunaan karet pada ban serta berbagai suku cadang kendaraan.

Sebagai informasi tambahan, CASCADE adalah salah satu proyek dukungan pertama di dunia yang dimulai pada tingkat terendah dari rantai pasokan karet alam.

Skema ini akan melihat 1.000 petani kecil dilatih oleh mitra lokal untuk membuat metode ekstraksi lebih ramah lingkungan dan efisien.

Hal ini memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perbaikan kondisi kehidupan petani kecil dan keluarga mereka secara jangka panjang. Porsche dan Michelin menginvestasikan sekitar satu juta Euro dalam proyek tersebut, yang awalnya akan berjalan hingga 2024.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Awal Pekan Cerah, Rupiah Melesat 45 Poin
apahabar.com

Ekbis

Minyak Tertekan, Rupiah Terkoreksi Lagi
apahabar.com

Ekbis

Garih Haruan di Marabahan Sedang Stabil
ADARO

Ekbis

Ketergantungan Sektor Tambang, BI Sarankan Kalsel Fokus Hilirisasi
apahabar.com

Ekbis

KPPBC TMP B Banjarmasin Bebaskan Bea Masuk dan Larangan Pembatasan Barang Impor APD Covid-19
Dolar AS

Ekbis

Kenaikan Klaim Pengangguran, Dolar AS Jatuh dari Tertinggi 1 Tahun
apahabar.com

Ekbis

Waskita Raih Rp2,5 Triliun dari Divestasi Dua Ruas Tol Trans Jawa
apahabar.com

Ekbis

Operasional Membengkak, Pengusaha Ekspedisi Bebankan ke Konsumen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com