Kapten TNI Tewas Ditembak OTK di Aceh Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Satu Sekarat Duel Maut di SPBU Liang Anggang, Pria Tewas Bersimbah Darah Jalan Tambang Sisakan Lumpur di Tapin, Warga Ngadu ke DPRD Kalsel Penyerangan Brutal Jurkani di Tanbu, Komnas HAM hingga LSPSK Turun Tangan

PPKM di Balikpapan Resmi Turun ke Level Dua, Wali Kota: Jangan Kendor

- Apahabar.com     Selasa, 5 Oktober 2021 - 13:10 WITA

PPKM di Balikpapan Resmi Turun ke Level Dua, Wali Kota: Jangan Kendor

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud. Foto-Net

apahabar.com, BALIKPAPAN – Status PPKM di Balikpapan akhirnya resmi turun di level dua. Hal ini ditandai dengan surat Instruksi Mendagri (Inmendagri) yang baru diterima hari ini, Selasa (5/10).

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud membenarkan bahwa status PPKM turun menjadi level dua. Meski begitu ia meminta masyarakat agar tidak kendor dengan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah Kaltim pada umumnya di level dua termasuk di Balikpapan. Tapi saya mengingatkan kepada warga kita jangan jumawa dan jangan kendor dengan prokes kita,” ujarnya dihadapan awak media saat menghadiri vaksinasi Bank Kaltimtara di Gedung Dome pagi tadi.

Rahmad mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah bekerjasama membantu menurunkan level PPKM dengan disiplin protokol kesehatan. Ia meminta agar disiplin tersebut terus ditegakkan guna menurunkan lagi status PPKM menjadi level satu.

“Ini semua adalah kerjasama kita, saling bahu membahu, kalau bukan keterlibatan kita semua ya mungkin tidak bisa berhasil turun ke level dua. Tapi sekali lagi jangan kendor nih, Covid masih ada,” katanya.

Turunnya level tersebut membuat sejumlah pelonggaran pun dilakukan. Mulai dari bioskop hingga kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bakal digelar. Namun pelonggaran bisa saja kembali diperketat bila status PPKM naik ke level tiga atau empat.

“Pengendoran ya pelan-pelan, bioskop atau theater, kemudian PTM untuk sekolah dan termasuk mungkin kegiatan lainnya. Tapi kalau ada peningkatan ya bisa saja naik lagi dan bisa aja ada pembatasan lagi,” tuturnya.

Adapun alasan mengapa PPKM di Balikpapan turun ke level dua, Rahmad menjelaskan lantaran pemerintah terus menggencarkan vaksinasi dan pencegahan penularan Covid-19. Sehingga cakupan vaksinasi berada diatas target awal.

“Tingkat vaksinasi kita sudah diatas 50 persen, kemudian dari yang isoter kita termasuk yang di rumah sakit itu berkurang drastis. Lalu tingkat kematian juga kemarin sudah tidak ada lagi, semoga tidak ada lagi. Kasus harian juga sudah menurun, diantara enam kecamatan kita dua sudah masuk kuning, dua orange dan dua masih merah yakni Utara dan Selatan,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Besok, Pemkot Siapkan 2.000 Dosis Vaksin Bagi Warga KTP Luar Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Pasca-Jokowi Terpilih, Intip Harapan Gubernur Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Demi Mi Instan, Wagub Kaltim Rela Terjang Banjir Sepinggang

Kaltim

Pemudik Lolos ke Balikpapan Bakal Dirazia Langsung ke Lingkungan RT
Curi Kabel

Kaltim

Curi Kabel Milik Operator Telepon di Balikpapan, Sule Diringkus Jatanras Polda Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Ramai-Ramai Dorong Percepatan Status Hutan Adat Mahulu

Kaltim

Pasien B117 dan Kontak Erat Dinyatakan Negatif, Kini Beraktivitas Normal

Kaltim

Takut Lewati Pos Penyekatan di Tenggarong, Pengendara Motor Ini Ternyata Bawa Sabu 10 Gram
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com