Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans Resmi Dilepas, Kapolres Optimis Tim Voli Kotabaru Rebut Juara Piala Kapolda Kalsel

Presiden Jokowi Dorong Kerja Sama Infrastruktur ASEAN-Jepang Terus Berlanjut

- Apahabar.com     Rabu, 27 Oktober 2021 - 18:07 WITA

Presiden Jokowi Dorong Kerja Sama Infrastruktur ASEAN-Jepang Terus Berlanjut

Presiden Jokowi berpidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-24 ASEAN-Jepang secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (27/10). Foto-Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris via Antara

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong kerja sama dalam sektor infrastruktur antara ASEAN dan Jepang terus dilanjutkan.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat berpidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEAN-Jepang secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/10).

“Dari data yang ada, setidaknya saat ini Jepang memiliki beberapa proyek yang sedang berjalan dengan nilai 259 miliar dolar AS di beberapa negara ASEAN, termasuk Indonesia,” kata Presiden Jokowi seperti dilansir Antara.

Presiden Jokowi meyakini bahwa infrastruktur berpotensi menggerakkan roda perekonomian kawasan serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, terlebih infrastruktur dan konektivitas juga merupakan salah satu prioritas kerja sama konkret di bawah ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

“ASEAN-Jepang memiliki pengalaman kerja sama yang cukup panjang dalam pembangunan infrastruktur. Pemerintah Jepang telah lama terlibat mendukung implementasi Master Plan on ASEAN Connectivity (MPAC),” kata Presiden Jokowi.

Pada tahun 2023 Indonesia berencana untuk menyelenggarakan Forum Infrastruktur Indo-Pasifik. Presiden Jokowi yakin Jepang akan mendukung penyelenggaraan forum tersebut.

“Kemitraan dengan sektor swasta Jepang pun menjadi penting, khususnya dalam hal transfer ilmu dan teknologi dan mobilisasi pembiayaan,” imbuh Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa negara-negara anggota ASEAN akan terus memperkuat pembangunan infrastruktur untuk memfasilitasi kebangkitan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan.

Pada saat yang sama, pembangunan infrastruktur di negara ASEAN juga bermanfaat bagi Jepang.

“Ini membuka peluang bagi relokasi industri manufaktur Jepang ke kawasan sekaligus diversifikasi rantai suplai globalnya ke negara ASEAN. Saya yakin dengan bekerja sama, kita akan dapat pulih dan bangkit bersama dari pandemi dan keterpurukan ekonomi,” ungkap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meyakini bahwa situasi pandemi yang terus membaik di kawasan akan memberikan dampak yang baik bagi pemulihan ekonomi di kawasan. Menurut perkiraan IMF, kawasan emerging and developing Asia akan tumbuh 7,2 persen pada tahun 2021 dan 6,3 persen pada tahun 2022.

“Momentum ini harus kita manfaatkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi bersama,” kata Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden dalam KTT tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Indonesia Resmi Masuk Jurang Resesi Ekonomi Mulai Hari Ini, BPS Sebut Faktor Penyebabnya
apahabar.com

Nasional

Anggota DPR RI Minta Kemhan Pertimbangkan Matang Pembelian Typhoon
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Keluarkan Aturan Penghentian Bebas Visa untuk WN China
apahabar.com

Nasional

Gubernur Kaltim Sepakat Omnibus Law Jokowi
Harga Melambung, Pemerintah Batasi Ekspor Masker

Nasional

Harga Melambung, Pemerintah Batasi Ekspor Masker
Marzuki Alie

Nasional

DPP Demokrat Pecat Marzuki Alie dan 6 Kader, Simak Alasannya
apahabar.com

Nasional

Putra Amien Rais Kecelakaan, Alphard Penyok, Hanafi Rais Luka Berat
apahabar.com

Nasional

Polusi Udara Jakarta Terburuk, Berpotensi Picu Stroke
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com