Sulitnya Mengungkap Perampokan Bersenpi Bos Emas Paramasan Polisi Tetapkan Mantan Pacar Pelaku Investasi Bodong Balikpapan Tersangka Kalsel Banjir, PLN Gerak Cepat Nonaktifkan Ratusan Gardu Listrik Sikapi Putusan MK, Jokowi Tegaskan Revisi UU Cipta Kerja Secepatnya Dilantik Esok, Sederet PR Menanti Sekda Baru Banjarmasin

Protes Armada Tambang Nebeng Fasum, Massa Geruduk Kantor Dishub Kotabaru

- Apahabar.com     Jumat, 29 Oktober 2021 - 15:39 WITA

Protes Armada Tambang Nebeng Fasum, Massa Geruduk Kantor Dishub Kotabaru

Sempat adu mulut, aksi massa protes armada tambang nebeng fasum di Dishub Kotabaru, Jumat (29/10). Foto-apahabar.com/Masduki.

apahabar.com, KOTABARU – Aksi unjuk rasa kembali dilakukan kalangan Aliansi Aktivis dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kotabaru, Jumat (29/10).

Dalam aksi kali ini, massa bergerak menggeruduk Kantor Dinas Perbubungan (Dishub) Kotabaru.

Di halaman Kantor Dishub, massa memprotes perihal armada tambang batu bara yang masih memanfaatkan jalan raya alias fasilitas umum (fasum) di Desa Salino, Kecamatan Pulau Laut Tengah.

Armada tambang itu disebut milik PT Hillcon Jaya Jaya Sakti, perusahaan pelaksana penambangan dari PT Sebuku Tanjung Coal (STC).

Wahyu Setiaji dalam orasinya memprotes adanya stiker dispensasi angkutan barang diterbitkan oleh Dishub Kotabaru yang ditempel pada armada PT Hillcon Jaya Sakti.

Selain itu, Wahyu juga menyampaikan beberapa pernyataan sikap. Di antaranya, memprotes dasar regulasi Dishub Kotabaru menerbitkan dispensasi angkutan barang untuk armada holling PT Hillcon Jaya Sakti.

Sementara armada Hillcon tersebut mengangkut batu bara crossing melintasi fasum.

Disamping itu, Wahyu juga meminta pihak terkait untuk segera mencabut dispensasi yang diterbitkan jika tidak sesuai ketentuan peratuan perundang-undangan.

Selanjutnya, Pemkab Kotabaru juga diminta segera membuat regulasi turunan dalam bentuk Perda, atau Perbub. Atas aturan angkutan tambang batu bara, dan angkutan hasil perkebunan kelapa sawit.

“Terakhir, kami juga menuntut pihak terkait sebagai penegak Perda untuk bertindak adil, dan tegas atas penegakan aturan yang berlaku,” pungkasnya.

Selang beberapa saat orasi berlangsung, akhirnya Sugian Noor, Kadishub Kotabaru keluar dari ruang kerjanya, dan menjumpai massa.

Meski sempat adu mulut dengan pengunjukrasa, Sugian Noor mengajak pengunjukrasa untuk duduk bersama dan menerangkan regulasi yang menjadi tuntutan.

Di hadapan massa, Sugian Noor mengatakan, pihaknya merujuk pada isi dispensasi crossing PT STC dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalsel.

Menyikapi keluhan itu, Dishub Kotabaru telah beberapakali melakukan peninjauan langsung ke lapangan.

Kesimpulannya, kondisi jalan strategis provinsi pada titik crossing memang terdapat material tanah becek dan bergelombang.

Sugian juga mengakui bahwa dalam kondisi hujan, kondisi jalan licin dan dinilai membahayakan para pengguna jalan atau roda dua.

Sejauh ini sambungnya, belum ada tanda-tanda kegiatan konstruksi untuk pembangunan overpass oleh pihak perusahaan, sebagaimana yang dijanjikan pada agenda rapat bersama di Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Sugian bilang, dispensasi berakhir pada bulan Februari tahun 2022, maka pembangunan overpass harus segera dimulai. Sebab, izin dispensasi yang ada sebenarnya merupakan pengecualian dari ketentuan yang semestinya dengan batas waktu.

“Nah, kondisi ini sudah kami sampaikan semua ke Provinsi,” terang Sugian.

Sementara, berkenaan dengan stiker yang diterbitkan, Sugian mengaku sebagai salah satu upaya untuk memaksimalkan pengawasan dan pengendalian angkutan yang ada di Kotabaru.

“Jadi, armada yang diberikan Stiker itu telah diverifikasi, dan dianggap Dishub Kotabaru lengkap surat menyuratnya, termasuk melalui uji kir dan lainnya,” pungkas Sugian.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

lapas Kotabaru

Kota Baru

Kanwil Turun Tangan, Kalapas Kotabaru Dites Urine
Covid-19 Kotabaru

Kalsel

Bertambah 14, Positif Covid-19 Kotabaru Jadi 1.443 Orang
Aliansi Pemuda Kotabaru

Kota Baru

Usai Demo Dugaan Perambahan Kawasan, Aliansi Pemuda Kotabaru Tutup Jalan
Kotabaru

Kota Baru

Ratusan Warga Halau Kedatangannya di Pulau Laut, Denny: Mari Bicara Kekeluargaan 
speed boat

Kalsel

BREAKING! Speed Boat di Pelabuhan Panjang Kotabaru Terbakar
Fery Batulicin-Kotabaru

Kalsel

Duh, 4 Wartawan ‘Terjebak’ di Fery Batulicin-Kotabaru
Kasus Covid-19

Kota Baru

Hari Ini, Kasus Covid-19 Kembali Nihil di Kotabaru
Banua Lawas

Kota Baru

Kades Banua Lawas Tutup Usia, Bupati Kotabaru Berikan Penghormatan Terakhir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com