Cemara Raya Banjarmasin Masih Terendam, Warga Dorong Motor Mogok PT. SBKW Perusahaan Resmi, Cuncung Sayangkan Media Tidak Cek And Balance Mediasi Buntu! Kades di Amuntai Ancam Sweeping Truk Conch Mensos Risma Dikabarkan Akan Tinjau Korban Longsor di Maradapan Kotabaru La Nina, Wilayah Pesisir Kalsel Jadi Atensi Khusus

Puluhan Kader Pangan Posyandu Dibekali Ilmu Pemenuhan Gizi

- Apahabar.com     Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:46 WITA

Puluhan Kader Pangan Posyandu Dibekali Ilmu Pemenuhan Gizi

Puluhan Kader Pangan Posyandu mengikuti pembekalan Bimtek Kader Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), yang digelar di halaman Setda Banjar, Selasa (26/10). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Puluhan Kader Pangan Posyandu mengikuti pembekalan Bimtek Kader Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang digelar di halaman Setda Banjar, Selasa (26/10).

Kegiatan ini dilaksanakan Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar dengan program GITAKU MANIS, menggandeng Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Provinsi Kalsel dan Kabupaten Banjar.

Dengan tema “Melalui Kegiatan BAPANDU (Bina Kader Pangan Posyandu) Kita Sukseskan Program Unggulan TP PKK Kabupaten Banjar”, Bimtek dibuka oleh Hj Nurul Chatimah, Ketua III Bidang Penguatan Ketahanan Pangan Keluarga TP PKK Banjar.

Narasumber Yanuar Pribadi mengatakan kader pangan harus memiliki pengetahuan yang memadai mengenai pangan, gizi, dan kesehatan, serta yang paling penting mempraktekkan sendiri terlebih dahulu.

Dikatakannya, memberikan contoh itu lebih cepat ditiru. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup dan sudah melakukan kegiatan seperti makan makanan bergizi, menanam tanaman pangan dan sebagainya, maka timbul rasa percaya diri dalam melakukan penyuluhan.

“Contoh saat menanam bayam, pengalaman didapat bagaimana prosesnya, kita percaya diri saat mengimbau untuk menanam bayam. Kalau ada pertanyaan mengenai hal itu, gampang. Kalau kita tidak pernah, saat ada pertanyaan mengenai itu, gugup kan. Jadi terlebih dahulu harus lakukan sendiri,” ujarnya.

Yanuar juga mengimbau para kader untuk tidak bosan memberi penyuluhan, sebab memerlukan waktu dan perlu pendekatan persuasif.

Pada Bimtek ini dibagikan bibit tanaman kepada 50 kader. Kepedulian terhadap kasus gizi buruk bisa dimulai dari penyuluhan di posyandu, agar anak-anak di wilayah Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Banjar bisa mendapat perbaikan pola pangan yang bergizi seimbang untuk masa depan yang lebih sehat dan berprestasi.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Kepala Dinas Ketapang Kalsel H Suparno beserta beberapa jajarannya, dan Plt Kadis Ketapang Banjar A Fauzi dan jajarannya.

Narasumber dari Penyuluh Pertanian Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalsel Yanuar Pribadi, Praktisi Gizi Dedy Hatta Permana, dan Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketapang Banjar Hj Siti Nurhayati Masitah.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

martapura

Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Ingatkan Komitmen Perusahaan Tambang Tak Rusak Lingkungan
PPKM Level III

Pemkab Banjar

Dilema PPKM Level III, Kabupaten Banjar Kurang Ribuan Vaksin
UNICEF Indonesia

Pemkab Banjar

Percepatan Vaksinasi, Pemkab Banjar Kerja Sama UNICEF Indonesia Perwakilan Kalsel
Guru Khalil

Pemkab Banjar

Mantan Bupati Banjar Guru Khalil Wafat, Bupati Saidi Ucapkan Duka Cita

Pemkab Banjar

Bupati Banjar Terima Silaturahmi Kepengurusan PKB yang Baru

Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Siapkan 10 Ribu Peserta Pelatihan DTS
Atlet Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar

Resmi Dilepas, Belasan Atlet Kabupaten Banjar Terjun ke Ajang Peparnas XVI Papua 2021

Pemkab Banjar

Pekan Special Olympic Siap Digelar Awal Juli Ini di Kabupaten Banjar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com