Pembacok Jurkani di Tanbu Juga Rampas Barang Pribadi, Pelaku Disebut Berhalusinasi Jasad Wanita Muda Banjarmasin dengan Luka Tusuk di Dada Itu Ternyata… Sosok Pembacok Advokat Jurkani di Tanah Bumbu, dan Detik-Detik Penganiayaan IKN Dipimpin Kepala Otorita, Sederet Nama Kandidat Termasuk Ahok Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung?

Resmi! Arab Saudi Kembali Buka Pintu Umrah untuk Jemaah Indonesia

- Apahabar.com     Sabtu, 9 Oktober 2021 - 23:35 WITA

Resmi! Arab Saudi Kembali Buka Pintu Umrah untuk Jemaah Indonesia

Ibadah Umrah; Kabar baik datang untuk para calon jemaah Indonesia, Kerajaan Arab Saudi akan membuka pintu umrah untuk Indonesia. Foto-Saudi Ministry of Media via AP

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi, melalui nota diplomatik Kedutaan Besarnya secara resmi menyatakan bahwa pelaksanaan ibadah umrah bagi jemaah dari Indonesia kembali dibuka.

Hal itu sebagaimana dikatakan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi.

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jemaah umrah Indonesia,” kata Menlu Retno Marsudi dalam pengarahan pers di Jakarta, Sabtu (9/10) dilansir Antara.

Menlu Retno Marsudi juga menjelaskan bahwa saat ini sebuah komite khusus di Arab Saudi tengah berupaya untuk meminimalisasi segala hambatan yang dapat menghalangi jemaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah tersebut.

Selain itu, Saudi juga mempertimbangkan penetapan masa karantina selama lima hari bagi para jemaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan.

Kedua negara juga tengah bekerja untuk dapat berbagi informasi terkait latar belakang kesehatan jemaah, guna mempermudah proses masuk ke Arab Saudi.

“Di dalam nota diplomatik tersebut, juga disebutkan bahwa kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jemaah,” kata Retno.

Kementerian Luar Negeri RI sendiri terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan, beserta otoritas terkait Arab Saudi, mengenai pelaksanaan kebijakan baru pemerintah Saudi tersebut.

“Tentunya kabar baik ini akan kita tindaklanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya,” ujarnya.

Menlu Retno baru-baru ini bertemu dengan Menlu Arab Saudi Faisal bin Farhan di sela-sela Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di kota New York, Amerika Serikat, pada akhir September lalu.

Pada kesempatan tersebut, Retno melobi Arab Saudi agar mengkaji kebijakannya terkait vaksin Covid-19 dan pelaksanaan ibadah umrah bagi calon jemaah asal Tanah Air.

Pada kesempatan itu juga, Retno menjelaskan data dan situasi Covid-19 di Indonesia yang sudah sangat menurun akhir-akhir ini.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Syekh Ali Jaber Kini Kembali ke Indonesia, Setelah Sempat Dirawat di RS Al Anshar Madinah
apahabar.com

Religi

Di Sini Rasulullah Salat Idul Fitri
apahabar.com

Religi

Agar Tak Mimpi Buruk, Ini Doa Sebelum Tidur
apahabar.com

Religi

Dakwah Melalui Institusi Negara Kerajaan Banjar
apahabar.com

Religi

Kewajiban Suami untuk Keluarga Terangkum di 3 Hal Ini

Habar

Ulama Arab Saudi Fatwakan Organisasi Ikhwanul Muslimin Sesat
apahabar.com

Habar

Tetap Gelar Ibadah Haji, Arab Saudi: Dengan Jemaah Terbatas
apahabar.com

Religi

Pemimpin Pemberontak: Aku Menyerah dengan Tuan Guru Zainal Ilmi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com