Bali-Singapura Buka Penerbangan, Kadinkes Banjarmasin Waswas Kata Para Pelaku Usaha di Banjarbaru Soal Wajib PCR Penumpang Pesawat Diadili, Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik! Heboh Narkoba ‘Prangko Dahsyat’ Banjarmasin, BNN Turun Tangan

Seniman Penggambar Kartun Nabi Muhammad Tewas

- Apahabar.com     Senin, 4 Oktober 2021 - 13:10 WITA

Seniman Penggambar Kartun Nabi Muhammad Tewas

Seniman penggambar karikatur Nabi Muhammad tewas dalam insiden kecelakaan mobil. Foto-AFP

apahabar.com, JAKARTA – Penggambar karikatur Nabi Muhammad, Lars Vilks, dilaporkan tewas dalam kecelakaan mobil pada Minggu (3/10).

Kabar itu dikonfirmasi oleh kekasih seniman asal Swedia tersebut di media lokal, Dagens Nyheter.

Selain itu, kantor berita lokal, TT, juga melaporkan polisi mengonfirmasi bahwa Vilks tewas dalam tabrakan antara satu truk dan mobil polisi di dekat Markryd. Saat itu, Vilks sedang berkendara dengan polisi yang menjaganya.

Akibat insiden itu, sopir truk dilarikan ke rumah sakit. Sementara itu, penyebab tabrakan masih diselidiki.

“Dengan sangat cemas dan sedih saya menerima kabar bahwa dua rekan kami dan petugas keamanan kami meninggal sore ini,” ujar Kepala Polisi Nasional Swedia, Andres Thonrber, seperti dilansir CNN Indonesia yang mengutip Associated Press.

Kepala unit investigasi regional yang bertanggung jawab atas perlindungan individu di wilayah itu, Stefan Sinteus, mengatakan kecelakaan tersebut merupakan peristiwa yang sangat tragis.

“Sekarang yang penting kami melakukan semua yang kami bisa untuk mencari tahu apa yang terjadi di lokasi dan apa yang menyebabkan tabrakan,” ujarnya.

Vilks sendiri awalnya tak dikenal di luar Swedia. Setelah ia menggambar kepala Nabi Muhammad di atas tubuh seekor anjing, dunia gempar dan mulai mengenalnya.

Pada September 2007, Al Qaeda memburu Vilks. Mereka menawarkan imbalan US$100 ribu atau sekitar Rp1,4 miliar bagi orang yang memberi tahu keberadaan Vilks.

Di tahun 2010, surat kabar Swedia mencetak ulang kartun kontroversial itu, usai dua pria Muslim ditangkap dan didakwa di Irlandia atas kasus dugaan rencana pembunuhan terhadap Vilks.

Sejak saat itu, Vilks menerima banyak ancaman pembunuhan dan hidup di bawah perlindungan polisi. Pada 2013, misalnya, seorang perempuan asal Amerika yang menyebut dirinya Jihadi Jane dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena berencana membunuh Vilks.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Denmark

Global

Vaksin 70 Persen Warganya, Denmark Bakal Cabut Pembatasan Covid-19
Ilustrasi, pengungsi Afghanistan. Foto-Net

Global

8000 Keluarga Jadi Pengungsi Akibat Konflik Afghanistan
apahabar.com

Global

Kelompok Bersenjata Serang Desa Mali dan Tewaskan 37 Orang
apahabar.com

Global

Trump Hingga PM India Ucapkan Belasungkawa untuk Tsunami Selat Sunda

Global

Terbaru, Korsel Deteksi Dua Kasus Pertama Covid-19 Varian Delta Plus

Global

Sejumlah Negara Larang Warga yang Belum Vaksin ke Ruang Publik

Global

14 Orang Tewas dalam Serangan Bom Langka di Suriah
Ilustrasi. Foto-Net

Global

Restoran di Uganda Meledak; 1 Tewas, 7 Luka-luka
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com