Tiba di Banjarbaru, Presiden Jokowi Bertolak ke Banjarmasin Pak Jokowi! Siswa Peserta Vaksinasi Banjarmasin Tak Mau Sepeda Jokowi Tiba di Kalsel, Panggung Alalak Jadi Tontonan Warga BREAKING! Presiden Jokowi Tiba di Kalsel Jelang Peresmian, Jembatan Sei Alalak Belum Ditutup Total

Siap-Siap, Kalsel Bakal Ikut Terdampak Bibit Siklon Tropis 92W 

- Apahabar.com     Selasa, 5 Oktober 2021 - 20:56 WITA

Siap-Siap, Kalsel Bakal Ikut Terdampak Bibit Siklon Tropis 92W 

BMKG memprediksi hujan bakal mengguyur wilayah Balangan hingga Tabalong. Foto ilustrasi: Antara

apahabar.com, JAKARTA – BMKG melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center memantau bibit siklon tropis 92W yang tumbuh di sekitar perairan Filipina pada Senin. Siklon ini dapat berdampak tidak langsung pada cuaca di Indonesia.

“Dalam 24 jam ke depan bibit siklon 92W dapat berdampak tidak langsung terhadap potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara,” kata Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) A. Fachri Radjab dalam keterangan tertulisnya, dilansir Antara, Selasa (5/10).

Bibit siklon tropis itu tumbuh di sekitar perairan Filipina, tepatnya di 10.1 Lintang Utara, 125.1 Bujur Timur.

Selain hujan, dampak tidak langsung yang berpotensi terjadi, yaitu gelombang laut dengan ketinggian 2,5-4 meter di Laut Sulawesi dan Samudra Pasifik utara Halmahera.

Gelombang dengan ketinggian 1,25-2,5 meter dapat terjadi di Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Natuna, Perairan Kalimantan Utara, Selat Makassar, Perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Perairan Bitung-Kepulauan Sitaro, perairan utara dan selatan Sulawesi Utara, Laut Maluku, Perairan Kepulauan Halmahera, Laut Halmahera, dan Samudra Pasifik utara Papua Barat hingga Papua.

Fachri menjelaskan bibit siklon tumbuh dengan kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 20 knots (37 km/jam) dan tekanan udara di pusatnya mencapai 1005 hPa.

Bibit Siklon 92W bergerak ke arah barat dan diperkirakan akan meningkat intensitasnya setelah melewati daratan Filipina memasuki wilayah perairan Laut Cina Selatan.

Sebagai dampak dari kondisi atmosfer yang cukup basah dan tingkat konvektivitas yang tinggi, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau angin kencang dalam periode 5-11 Oktober 2021 dapat terjadi di Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Fachri juga meminta masyarakat mengantisipasi bencana hidrometeorologi dampak tidak langsung adanya bibit Siklon Tropis 92W di perairan Filipina.

“Kewaspadaan yang perlu dilakukan adalah antisipasi terhadap dampak dari hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yaitu dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang dan longsor,” ujarnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

RUU Otsus Papua Ditarget Juli 2021

Nasional

Realisasi Diskon Listrik Capai Rp 4,1 T pada Kuartal I 2021
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Bertambah 113, Pasien Sembuh Jadi 2.607
apahabar.com

Nasional

Gempa 4,5 SR Guncang Lombok Tengah NTB
Kobar

Nasional

UPDATE Serpihan Misterius di Kobar Diduga Badan Pesawat
apahabar.com

Nasional

Pencairan Subsidi Gaji Ditunda, Simak Penjelasan Menaker
apahabar.com

Nasional

Wiranto Diserang, Polri: Tidak Ada Istilah Kecolongan
Gus Najih

Nasional

Laporkan Gus Najih Putra Mbah Moen ke Polisi, BKN Ingin Klarifikasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com