Ssttt! Wanita di Pusaran Bupati HSU Diperiksa KPK Lagi Cemara Raya Banjarmasin Masih Terendam, Warga Dorong Motor Mogok PT. SBKW Perusahaan Resmi, Cuncung Sayangkan Media Tidak Cek And Balance Mediasi Buntu! Kades di Amuntai Ancam Sweeping Truk Conch Mensos Risma Dikabarkan Akan Tinjau Korban Longsor di Maradapan Kotabaru

Sisihkan 20 Peserta, 3 Barista Banjarbaru Sabet Gelar Juara Brewers Cup 2021

Tiga barista berhasil menyabet gelar juara pada ajang atau kompetesi Brewers Cup 2021 yang diadakan Kafe Titik Bumi Barabai.Ketiganya
- Apahabar.com     Senin, 18 Oktober 2021 - 13:05 WITA

Sisihkan 20 Peserta, 3 Barista Banjarbaru Sabet Gelar Juara Brewers Cup 2021

Salah satu peserta pada ajang Brewers Cup 2021 Titik Bumi mempresentasikan seduhan kopinya di hadapan para juri, Senin (18/10). Foto: apahabar.com/Lazuardi.

apahabar.com, BARABAI – Tiga barista berhasil menyabet gelar juara pada ajang atau kompetesi Brewers Cup 2021 yang diadakan Kafe Titik Bumi Barabai.

Ketiganya berhasil menyisihkan 20 Barista asal Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng).

Tiga juara ini merupakan Coffe Shop asal Kota Banjarbaru. Juara pertama disabet Dasaurinata Muhammad dari Kopi Cintaku, juara kedua diraih Dani dari Minims Coffee dan juara ketiga Muhammad Fadel dari Epigraf Coffee.

Owner Kafe Titik Bumi, Andika Dwi Octavianto menyebut ketiga juara itu berdasarkan hasil ketetapan 10 juri yang kompeten di bidangnya.

Penilaian berdasarkan cita rasa kopi serta aroma, teknik menyeduh kopi dan juga costumer service para peserta.

“Mulai dari menyeduhkan kopi sembari menjelaskan kepada juri dari mana biji kopinya berasal. Termasuk proses pasca panennya, bagaimana roastingannya, hingga siap diseduh,” kata Andika, Senin (18/10).

Para barista yang meraih juara pada ajang Brewers Cup 2021 Titik Bumi, Senin (18/10).Foto: apahabar.com/Lazuardi.

Kompetisi yang digelar itu, kata Andika agar dapat mengukur kemampuan para barista dalam menyeduh kopi. Di samping menjadi bahan evaluasi juga untuk meningkatkan kemampuan barista di Kalsel.

“Sehingga nantinya mental para barista akan lebih baik lagi untuk berlaga di kompetisi nasional luar Kalimantan serta mampu mengharumkan nama kalsel di ajang kompetisi nasional,” ungkap Andika.

Selain ajang kompetisi dan memberi pengalaman serta pengetahuan para barista, event yang digelar itu, kara Andika dapat menjadi ajang silaturahmi. “Baik antar sesama barisrta maupun pelaku di industri kopi,” tutup Andika.

Sebelumnya, 20 orang barista dari berbagai daerah di Kalsel hingga Kalteng mengikuti kompetisi Brewers Cup 2021 yang diselenggarakan oleh Titik Bumi Coffee pada rangkaian acara hari ulang tahunnya yang pertama.

Ajang Brewers Cup yang diselenggarakan Kafe Titik Bumi ini dibuka langsung Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten HST, H Syahruli.

“Acara diselenggarakan selama dua hari dari Tanggal 16-17 Oktober 2021. Hari pertama babak penyisihan, sebanyak enam peserta terbaik akan mengikuti babak final di hari kedua,” kata Owner Titik Bumi, Andika Dwi Octavianto, Senin (18/10) di Barabai.

Bagi para juara mendapatkan hadiah uang pembinaan. Juara pertama mendapatkan Rp3 juta, juara dua Rp1 juta dan juara tiga Rp500 ribu.

“Masing-masing pemenang juga mendapatkan sertifikat dan plakat,” tutup Andika.

Sementara itu, Syahruli menilai kegiatan itu sangat positif bagi anak muda dan inspiratif serta excelent. Karena itu, dia berharap melalui event ini dapat tumbuh dan berkembang para pelaku usaha. Khususnya di bidang kopi.

“Karena pemerintah saat ini juga konsen menubuhkembangkan wirausaha yang ramah lingkungan dengan tagar Save Meratus,” tekan Syahruli.

Ia juga berharap ajang ini melahirkan para barista yang kreatif dalam menyeduh, meracik dan menyajikan kopi secara ilegan.

“Pesan saya, perdalam dan gali potensi ini agar menjadi brewers yang profesional dan bisa berlaga di tingkat yang lebih tinggi lagi di ajang nasional,” tutup Syahruli

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Napi Rutan Tanjung Dibekali Keterampilan Bikin Etalase Lemari dari Alumunium
apahabar.com

Kalsel

Camat Kumpulkan Belasan Kades Perbatasan di Kotabaru, Ada Apa?

Kalsel

Dipukul Pandemi, Laba Bersih PLN Malah Naik 38,6 Persen
apahabar.com

Kalsel

Positif Covid-19 di Kotabaru Tambah Lagi, Total 335 Kasus
apahabar.com

Kalsel

Peroleh Restu Partai di Pilwali 2020, Fazlur Dorong Pemerataan Ekonomi di Pinggiran Kota
apahabar.com

Kalsel

Dikeroyok dan Ditusuk, Pria Banjarmasin Bersimbah Darah  
apahabar.com

Kalsel

Tengah Hari, Puluhan Rumah Diamuk Api di Alalak Tengah
Banjar

Kabupaten Banjar

Ssttt… 5 ‘Kodok’ Sabu 2,5 Kg di Banjar Masih Berkeliaran Bebas!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com