Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Sosok Promotor Pemberian Gelar Doktor Kehormatan Paman Birin Bukan Orang Sembarangan

- Apahabar.com     Kamis, 28 Oktober 2021 - 15:09 WITA

Sosok Promotor Pemberian Gelar Doktor Kehormatan Paman Birin Bukan Orang Sembarangan

Sosok Promotor Pemberian Gelar Doktor Kehormatan Paman Birin Bukan Orang Sembarangan

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemberian gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (HC) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kepada Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor atau Paman Birin menyita perhatian banyak pihak.

Namun, Rektor ULM, Sutarto Hadi memastikan, senat ULM telah menyetujui pengusulan dan menilai layak Paman Birin menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa.

“Setelah melalui penelaahan, penyelidikan dan ujian oleh tim promotor dan juga oleh senat universitas maka Gubernur Paman Birin layak diberikan Doktor Honoris Causa,” kata Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Banjarmasin seperti dilansir Antara, Kamis (28/10).

Keputusan pemberian Doktor HC itu pun dipastikan Sutarto telah melalui seleksi yang sangat ketat mulai proses pengusulan calon penerima hingga penetapannya.

Gubernur Paman Birin dinilai telah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan daerah selama dua periode kepemimpinannya di Bumi Lambung Mangkurat.
Termasuk untuk kemajuan pendidikan tinggi di ULM dan kampus lainnya di Banua Kalsel.

Salah satunya mendorong pembangunan sektor pertanian. Seperti pembukaan lahan rawa lebak seluas 4.000 hektare di Desa Jejangkit Muara, Kabupaten Barito Kuala yang jadi lokasi perhelatan akbar Peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2018 menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045.

Adapun yang menjadi promotor pemberian Doktor HC Paman Birin yaitu Prof Agung Nugroho, STP, MSc, PhD. Ia bukan sosok sembarang.

Namun ia merupakan seorang guru besar termuda di ULM berusia 37 tahun saat dikukuhkan pada Desember 2020 sebagai guru besar Fakultas Pertanian.

Dikutip dari laman resmi ULM, Agung kelahiran Karanganyar 19 Juli 1983 merupakan jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam meraih gelar sarjananya.

Selepas dari IPB, Agung melanjutkan konsentrasi pendidikan Ilmu dan Teknologi Produk Alam ke Sangji University, Korea, untuk meraih gelar magister S2 dan S3 (doktor).

Jabatannya sebagai Lektor di ULM, Agung dipercaya sebagai Sekretaris Jurusan TIP ULM.

Gagasannya dalam keilmuan yang dimiliki berupa pengembangan pangan fungsional sebagai sumber antioksidan bioflavonoid dari ekstrak tanaman patikan kebo (Euphorbia hirta) yang dimulai dari optimasi teknik ekstraksi dan produksi rich-flavonoid fraction, standarisasi bahan, proses, dan produk, pengembangan metode pengendalian mutu dengan HPLC, serta pengembangan beberapa prototipe produk pangan fungsional berbasis ekstrak E. hirta.

Terlepas dari itu, Sutarto berharap ke depan akan banyak putra daerah yang bisa diberikan penghargaan serupa oleh ULM sebagai perguruan tinggi negeri terbesar dan tertua di pulau Kalimantan.

Namun, tentunya berdasarkan prestasi dan sumbangsih calon penerima terhadap kemajuan ilmu pengetahuan serta untuk masyarakat dan daerah.

Sepanjang sejarahnya, ULM baru memberikan satu gelar kehormatan Doktor Honoris Causa yaitu kepada Nicolaas Josephus Maria “Nico” Roozen pria asal Belanda di tahun 2019, sosok berjasa untuk pembangunan internasional yang lebih seimbang dan adil melalui organisasi Solidaridad.

Sebuah perguruan tinggi yang dapat memberikan gelar kehormatan harus memenuhi syarat di antaranya terakreditasi A untuk institusi dan akreditasi B untuk program studi yang memberikan Dr. HC.

ULM telah memenuhi syarat tersebut berbekal akreditasi institusi A dan memiliki Program Doktor Ilmu Pertanian terakreditasi B yang sudah banyak menghasilkan lulusan.

Respons Paman Birin Soal Gelombang Kritik Doktor Kehormatan ULM

Anugerah Doktor Kehormatan Paman Birin Diberikan Hari Ini, BEM ULM: Tetap Kita Kawal!

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kabar Duka dari Tanbu, 1 Pengidap Covid-19 Tutup Usia
Nyabu

Kalsel

Bawa Perlengkapan Nyabu, Warga Mangkupum Tabalong Diciduk
apahabar.com

Kalsel

1.137 Personil Gabungan Amankan Tablig Akbar UAS
PSBB

Kalsel

Resmi, Kalsel Perpanjang PPKM Mulai Besok
apahabar.com

Kalsel

Kantongi SK, Unsur Pimpinan DPRD Banjarmasin Segera Dilantik
apahabar.com

Kalsel

Jubir Covid-19 HST Prediksi Ledakan Pasien Positif Bulan Juli
apahabar.com

Kalsel

Komandan Gugus Tempur Laut Acungi Jempol Program Binpotmar di Lanal Kotabaru

Kalsel

Jajaran Polres HSU Serentak Bagikan Masker
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com