Update Banjir Kalsel: Sudah 6 Kabupaten Terdampak! Parah, Empat Titik Longsor Sempat Tutup Akses Utama Loksado-Kandangan UPDATE Tinggi Air Jelang Puncak Banjir HST BREAKING! Bupati HST Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Banjir di Pusat Kota HST Meluas, Ratusan Jiwa Mengungsi

Status PPKM Kotabaru Naik Level 3, Kadinkes Beberkan Penyebabnya

- Apahabar.com     Selasa, 19 Oktober 2021 - 17:04 WITA

Status PPKM Kotabaru Naik Level 3, Kadinkes Beberkan Penyebabnya

Kadinkes Kotabaru, Suprapti Tri Astuti. Foto-apahabar.com/Masduki.

apahabar.com, KOTABARU – Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kabupaten Kotabaru, Kalsel, naik ke level 3, seperti tertuang dalam Intstruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri).

Kepastian itu sendiri telah diumumkan Pemerintah Pusat melalui Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Arilangga Hartarto, Senin (18/10) kemarin.

Kotabaru merupakan salah satu wilayah luar Jawa-Bali yang status PPKM-nya diperpanjang selama tiga pekan, sejak Selasa (18/10) hingga 8 November mendatang.

Sementara perpanjangan penerapan level PPKM sendiri diatur dalam Imendagri 53 dan 54 tahun 2021 tentang PPKM level 3, 2, dan level 1 Covid-19. Aturan tersebut pun ditandatangani Mendagri Tito Karnavian, pada Senin (18/10).

Menanggapi kenaikan level PPKM itu, Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Suprapti Tri Astuti, mengatakan bukan dikarenakan kenaikan jumlah kasus paparan Covid-19.

Namun menurutnya, kenaikan PPKM level 2 ke level 3 dikarenakan capaian vaksinasi Covid-19 belum mencapai angka 50 persen.

Sementara pemerintah menjadikan indikator penetapan level PPKM dilihat dari capaian vaksinasi.

Tuti menambahkan, target capaian vaksinasi di Kotabaru belum tercapai bukan karena tidak adanya pelaksanaan. Akan tetapi, karena jumlah vaksin yang diterima Kotabaru sangat terbatas.

Sejauh ini, sambungnya lagi, proses vaksinasi terus dilaksanakan, dan animo masyarakat sangat luar biasa. Namun, masih terkendala perihal keterbatasan vaksin.

“Jadi, dalam hal ini kami berharap pemerintah pusat dapat segera mendistribusikan vaksin ke Kotabaru. Sehingga, capaian vaksinasi dapat naik dan berdampak terhadap penurunan level PPKM,” harapnya.

Sebagai informasi, catatan Dinkes Kotabaru jumlah vaksinasi yang dilaksanakan kurang lebih 3.500 vaksin.

Itu terdiri dari Kecamatan Kelumpang Hilir sebanyak 1.756, dan 1500 di kelumpang Selatan, serta 272 di Durian, dan Marabatuan.

Sementara, untuk jadwal vaksinasi dosis ke-2 serentak di tanggal 25, 26 dan 27 Oktober 2021 sebanyak 12.000. Namun, sampai sekarang belum didistribusikan oleh pusat ke Kotabaru.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Tengah Naik Daun, Porang Terus Dikembangkan di Pulau Laut Kotabaru
Pemilu

Kota Baru

Pagi-pagi, Bupati Sayed Jafar Nyoblos di TPS 01 Hilir Muara Kotabaru
Tugu Cantung Barakat

Kota Baru

Warning! Pedagang Dilarang Jualan di Depan Tugu Cantung Barakat

Kota Baru

Indocement Dorong Pengembangan Wisata Goa Lowo, Begini Komentar Pjs Bupati Kotabaru
apahabar.com

Kota Baru

86 KK di Kelumpang Selatan Kotabaru Terima Duit BLT

Kota Baru

Vaksinasi Hari Pertama BPP HIPMI Disambut Antusias Warga Kotabaru
MR menyembunyikan sabu dalam bungkus makanan ringan. Foto-Gunalis for apahabar.com

Kota Baru

Sembunyikan Sabu di Bungkus Makanan Ringan, Pengedar di Kotabaru Diringkus Polisi
Pulau Laut

Kota Baru

MSAM Tanam Perdana Plasma Seluas 1.000 Hektare di Pulau Laut Kotabaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com