Golkar Banjar Terbelah, Antung Aman & H Rusli Saling Klaim Kepemimpinan INNALILLAHI, Nelayan Kerumputan Kotabaru Ditemukan Tak Bernyawa Geger Api di Liang Anggang, Relawan Sulit Jangkau Titik Api Kisah Istri Alm Brimob Kalsel Jadi Sopir Travel Demi Hidupi 8 Anak, Gaji Habis Bulan Depan Walau Ditentang, Pemkot Banjarmasin Ngotot Tertibkan Reklame

Survei SMRC: Dukungan Publik kepada Prabowo Turun, Ganjar dan Anies Meningkat

- Apahabar.com     Kamis, 7 Oktober 2021 - 16:23 WITA

Survei SMRC: Dukungan Publik kepada Prabowo Turun, Ganjar dan Anies Meningkat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto-kompas.com/Kristian Purno

apahabar.com, JAKARTA – Survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan dukungan publik kepada Prabowo Subianto untuk menjadi presiden mengalami penurunan.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengalami peningkatan dukungan publik.

Hal itu merupakan hasil temuan survei opini publik terbaru SMRC bertajuk “Partai dan Calon Presiden: Kecenderungan Sikap Pemilih Menjelang 2024” yang dirilis secara daring, di Jakarta, dilansir Antara, Kamis (7/10).

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan dalam simulasi pilihan semi-terbuka, Prabowo mendapat dukungan 18,1 persen, disusul Ganjar Pranowo 15,8 persen dan Anies Baswedan 11,1 persen.

Sementara Sandiaga Uno mendapatkan 4,8 persen dan nama-nama lain di bawah 4 persen, sedangkan yang tidak menjawab atau tidak tahu 16,3 persen.

Deni menjelaskan dari Maret 2020 ke September 2021, dukungan kepada Ganjar Pranowo dalam simulasi semi terbuka naik dari 6,9 persen menjadi 15,8 persen.

Dukungan untuk Anies Baswedan sedikit naik dari 10,1 persen menjadi 11,1 persen. Sementara dukungan kepada Prabowo Subianto cenderung melemah dari 19,5 persen menjadi 18,1 persen.

Sementara itu dalam simulasi pilihan tertutup terhadap 15 nama, Prabowo mendapat dukungan 20,7 persen, disusul Ganjar Pranowo 19 persen dan Anies Baswedan 14,3 persen.

Sedangkan Sandiaga Uno mendapatkan 6,5 persen, Tri Rismaharini 4,6 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 4,5 persen, Ridwan Kamil 4,4 persen, dan nama-nama lain di bawah 3 persen. Masih ada 16,3 persen yang tidak menjawab atau tidak tahu.

Dari Oktober 2020 ke September 2021, kata Deni, dukungan kepada Ganjar Pranowo dalam simulasi 15 nama naik dari 11,7 persen menjadi 19 persen.

“Hal yang sama terjadi pada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ada peningkatan dukungan publik dari 10 persen menjadi 14,3 persen. Sementara dukungan kepada Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto sedikit melemah dari 22,2 persen menjadi 20,7 persen,” tutur Deni.

Penurunan dukungan pada Prabowo dan kenaikan suara Ganjar dan Anies juga bisa dilihat dalam simulasi pilihan tertutup terhadap tiga nama.

Dalam simulasi pilihan tertutup terhadap 3 nama, pada survei September 2021 Prabowo mendapat dukungan 30,8 persen, disusul Ganjar Pranowo 29,3 persen, dan Anies Baswedan 25 persen. Yang belum tahu 14,8 persen.

“Dibanding hasil survei Mei 2021, dukungan untuk Ganjar pada September 2021 dalam simulasi 3 nama menguat dari 25,5 persen menjadi 29,3 persen. Anies sedikit naik dari 23,5 persen menjadi 25 persen. Sedangkan Prabowo cenderung melemah dari 34,1 persen menjadi 30,8 persen,” ujarnya.

Survei opini publik ini dilakukan pada 15 – 21 September 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung.

Terdapat 981 responden yang valid terpilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Perangi Perubahan Iklim, Amazon Gaungkan Penghapusan Karbon
PPPK

Nasional

Seleksi PPPK Guru 2021, Kesempatan Emas bagi Honorer K2

Nasional

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Sejauh 1.500 Meter
apahabar.com

Nasional

Kondisi di Depan Bawaslu Sudah Kondusif
apahabar.com

Politik

Abdul Razak Siap Bertarung dengan Cucunya di Pilkada Kalteng
apahabar.com

Nasional

Kajian Gempa dan Potensi Tsunami 20 Meter, Begini Penjelasan BMKG
apahabar.com

Nasional

Dandim Kendari yang Baru Sudah Ingatkan Istri Soal Aktivitas di Medsos
apahabar.com

Nasional

Jokowi Bakal Lantik Mantan Danjen Kopassus Jadi Kepala BNPB
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com