Jurkani Dibacok, Tim Macan Kalsel Turun Gunung Advokat Jurkani Dibacok OTK di Angsana Menguji Klaim Jembatan Sei Alalak Antigempa hingga Tahan Seabad Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Dari Viralnya Aksi Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup, Ketahanan Keluarga Kian Rentan

Tak Lengkapi Dokumen Karantina, Anjing Belgian Malinois Ditolak Masuk Balikpapan

- Apahabar.com     Sabtu, 9 Oktober 2021 - 12:51 WITA

Tak Lengkapi Dokumen Karantina, Anjing Belgian Malinois Ditolak Masuk Balikpapan

Karantina Pertanian Balikpapan melakukan penolakan terhadap seekor anjing lantaran tidak memiliki dokumen kesehatan. apahabar.com / istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Karantina Pertanian Balikpapan menolak masuknya anjing pelacak jenis Belgian Malinos di Bandara SAMS Sepinggan, Jumat (8/10) kemarin.

Tindakan Karantina berupa penolakan terhadap anjing ini ke daerah asalnya, karena tidak dilengkapi Sertifikat Kesehatan Hewan (KH-11).

Pengungkapan tersebut bermula saat pejabat karantina hewan Balikpapan melakukan pemeriksaan dokumen dan fisik atau kesehatan terhadap hewan dan produk hewan yang masuk ke Balikpapan. Kecurigaan semakin kuat saat pengguna jasa yang melaporkan anjingnya namun tak dilengkapi KH-11 dari daerah asal, melainkan KH-11 yang berbeda.

Dengan tegas pejabat karantina hewan Balikpapan melakukan pemeriksaan lebih lanjut serta meminta keterangan pada penerima di Balikpapan.

“Kami meminta keterangan langsung ke penerima untuk menggali informasi lebih dalam mengapa anjing ini tidak dilengkapi KH-11,” jelas Endyokta selaku subkoordinator pengawasan dan penindakan.

Sebagai tindak lanjut dari hasil pemeriksaan dan pemilik tidak dapat melengkapi dokumen karantina tersebut, maka anjing ini ditolak kembali ke daerah asalnya.

“Dalam kejadian ini anjing kami tolak kembali dikarenakan tidak dilengkapi sertifikat kesehatan hewan atau KH-11 dari daerah asal, hal ini tentunya sesuai dengan amanah UU No. 21 tahun 2019,” ujar Endang selaku Subkoordinator Substansi Karantina Hewan.

Karantina Pertanian Balikpapan mengimbau kepada masyarakat agar melengkapi sertifikat kesehatan hewan bila ingin dibawa ke daerah tujuan.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Melawan Saat Ditangkap, Pelaku Pembacokan Jemaah Salat Subuh di Balikpapan Didor Polisi
Pemkot Balikpapan

Kaltim

Pemkot Balikpapan Siapkan Bansos Warga Terdampak Covid-19, Segini Besarannya
Balikpapan

Kaltim

Tengah Malam, 4 Pemancing Patah Kemudi di Laut Lepas Balikpapan

Kaltim

Terus Dikebut, 1.128 Ibu Hamil di Balikpapan Sudah Divaksin

Kaltim

Pemkot Balikpapan Salurkan BST Tahap Kedua ke Ribuan Penerima
Lee Min Ho

Kaltim

Meleleh! Gadis Kalsel Kepincut Sambangi Penjual Nasi Kuning Mirip Lee Min Ho

Kaltim

Update Kasus Covid di Balikpapan, Sejumlah Klaster Bermunculan

Kaltim

Lolos Audisi Online, Putri Nadila Wakili Balikpapan di Kontes Dangdut Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com