IKN Dipimpin Kepala Otorita, Sederet Nama Kandidat Termasuk Ahok Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung? Mimpi Ibnu Sina, Masyarakat Banjarmasin Lepas Masker Awal Tahun 2022 Bocah 8 Tahun Hilang di Samarinda, Pencarian Selami Selokan Genangan Banjir Target Vaksinasi di Tanah Laut Terkendala Stok Vaksin

Terapkan Prokes Ketat, BSF ke 5 Inginkan Perajin Sasirangan Peduli Kelestarian Lingkungan

- Apahabar.com     Sabtu, 9 Oktober 2021 - 09:03 WITA

Terapkan Prokes Ketat, BSF ke 5 Inginkan Perajin Sasirangan Peduli Kelestarian Lingkungan

Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 5 berlangsung di Hotel Mercure Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Protokol kesehatan (Prokes) ketat diberlakukan selama kegiatan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 5 berlangsung di Hotel Mercure Banjarmasin pada Jumat malam (8/10).

Agenda tahunan dalam momen Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ini dilaksanakan pada 8-10 Oktober 2021.

Prokes ketat yang dimaksud, di antaranya pengunjung hingga tamu undangan diwajibkan memperlihatkan sertifikat vaksin Covid-19 atau aplikasi pedulilindungi.

Mereka yang menonton harus mengenakan masker dan duduk secara berjarak. Upaya ini tidak lain untuk mencegah terjadi penyebaran Covid-19.

Tema yang diangkat, nature, sustainability, and empowerment. Tema ini sengaja dikemukakan dalam ajang tahunan itu dengan harapan, masyarakat khususnya para pengrajin kain pakaian khas raja Banjar, lebih peduli dengan kelestarian lingkungan.

Menurut Ibnu Sina, mengakat tema natural itu terkait dengan kewajiban setiap individu di kota Banjarmasin untuk menerapkannya, dengan mengadopsi prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan sesuai Sustainable Development Goals (SDGs).

“SDGs sudah menjadi prinsip dalam pembangunan di Kota Banjarmasin, sehingga 17 target pencapaian pembangunan berkelanjutan harus kita aplikasikan dalam berbagai kegiatan yang ada di Kota Banjarmasin,” ucapnya.

BSF, jelasnys, juga sengaja mengangkat tema sasirangan pewarna alam (natural date) agar ramah lingkungan serta dapat meningkatkan daya saing dipasaran, sehingga kain sasirangan menjadi berbeda dengan yang kain lain.

Hal ini sesuai dengan prinsip pemasaran, di mana terdapat dua aspek yang harus dipenuhi agar sebuah produk dapat lebih unggul, pertama terkait dengan diferensiasi berbeda dengan yang lain, kemudian terkait dengan positioning.

“Nah dua aspek ini dalam strategi marketing dikenal sebagai sebuah upaya agar bisa dikenal, berbeda dengan yang lain dan posisi kita harus nomor satu, minimal di Banua kita sendiri,” ujarnya.

Ia berharap, BSF tahun ini bisa lebih dipahami terutama oleh para pengrajin kain sasirangan, sehingga para pengrajinnya yang kebanyakan menetap di pinggir sungai bisa lebih hati-hati dalam mengelola industri rumah tangganya.

“Ini harus lebih kita angkat, karena kebanyakan para pengrajin kita ini berdiam di tepi sungai, sehingga isu terkait dengan pencemaran dapat diantisipasi setiap industri dan rumah-rumah pengrajin sasirangan,” pungkasnya.

BSF merupakan satu kesatuan dari rangkaian hari jadi Kota Banjarmasin ke 495 tahun 2021, di antaranya seperti Festival Jalur Rempah Nusantara yang telah dilaksanakan pada tanggal 11 September 2021 lalu, Pekan Raya Banjarmasin dan Banjarmasin Trade Expo, Lomba Fashion, Karnaval Sasirangan tahun 2021, Pemilihan Putri Muslimah 2021, Lomba Desain Motif Sasirangan dan Talk Show.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkot Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin Terus Berupaya Menanggulangi Kemiskinan
Rakor Lintas Sektor

Pemkot Banjarmasin

Menanggulangi Kemiskinan, Pemkot Banjarmasin Kembali Gelar Rakor Lintas Sektor
Peresmian program Corporate Social Responsibility (CSR) kampung tangguh yang berlangsung di Gang Simpang Rahmat Kelurahan Kuin Cerucuk, Banjarmasin. Foto-Istimewa

Pemkot Banjarmasin

Dongkrak Pendapatan Warga, Pj Wali Kota Banjarmasin Resmikan Program CSR Kampung Tangguh

Pemkot Banjarmasin

Masih Pandemi, Pasar Wadai 2021 di Banjarmasin Kembali Digelar Online
Pj Wali Kota Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Berikan Rasa Aman, Pj Wali Kota Banjarmasin Janji Kurangi Kasus Covid-19
Banjarmasin

Banjarmasin

Jaga Aset Daerah, Pemkot Banjarmasin & BPN Teken MoU
Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Blakblakan Kadinkes Banjarmasin Alasan Penundaan Upah Honorer Puskesmas
Pemkot Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Bangganya Yoyok, Termasuk ASN Pemkot Banjarmasin Divaksin Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com