Kronologi Lengkap Pembunuhan di Pelambuan Gara-Gara Istri Diganggu Fakta Baru Duel Maut di Sungai Miai Banjarmasin, Hanya Gara-Gara Rumput Laka di Kapar HST: Pengendara Vario Nyungsep ke Kolong Colt L-300 Resmikan Pabrik Bio Diesel di Tanah Bumbu, Jokowi Bakal Naik Helikopter Sisihkan 20 Peserta, 3 Barista Banjarbaru Sabet Gelar Juara Brewers Cup 2021

UPT Damkar Banjar Serap Ilmu Yayasan Sioux Ular Indonesia

- Apahabar.com     Minggu, 10 Oktober 2021 - 22:38 WITA

UPT Damkar Banjar Serap Ilmu Yayasan Sioux Ular Indonesia

Anggota UPT Damkar Banjar melakukan praktek gigitan ular tidak berbisa, saat pelatihan penanganan ular yang diselenggarakan Yayasan Sioux Ular Indonesia, di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, Minggu (10/10). Foto-apahabar.com/istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Selain urusan memadamkan kebakaran, UPT Damkar Kabupaten Banjar juga sering melakukan penanganan hewan berbahaya yang masuk ke rumah warga, termasuk ular.

Seperti misalnya pada Kamis (7/10) kemarin, pihaknya menerima laporan adanya ular Piton atau dalam bahasa Banjar ular sawa, sedang melingkar di atas lemari mading SMPN 1 Martapura. Hanya butuh 5 menit, 5 anggota Damkar berhasil mengamankan ular sepanjang 2,5 meter tersebut.

Meski sudah piawai dalam menangkap ular serta selalu menjadi andalan warga, namun anggota UPT Damkar Banjar terus menimba ilmu tentang reptil mematikan ini.

Hari ini, Minggu (10/10), Kepala UPT Damkar Banjar Gusti Yudhi beserta sejumlah anggotanya mengikuti Basic Training Muscle (BTM) atau pelatihan penanganan ular yang diselenggarakan Yayasan Sioux Ular Indonesia, di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin.

Pelatihannya digelar full dari pagi sampai malam. Ada 7 materi yang disampaikan, yakni aspek biologi ular, teknik identifikasi ular berbisa, teknik penanganan gigitan ular, teknik handling atau menangkap ular, Teknik sweeping ular, teknik rescue dan relokasi ular, serta praktek sweeping ular.

Gusti Yudhi menuturkan, pelatihan ini menjadu momentum yang sangat baik untuk meningkatkan skil anggota untuk memberikan pelayanan kepada warga dalam penanganan ular. Lebih lagi, ujarnya, kegiatan ini digelar di Banjarmasin sehingga biaya akomodasi anggota bisa lebih murah.

“Slama ini tim rescue UPT Damkar Banjar sangat sering melakukan evakuasi berbagai jenis ular dan hewan berbahaya lainnya yang memasuki rumah warga, walaupun anggota kami sudah sering melakukannya tetap saja mereka harus ditambah wawasannya,” ujar Yudhi kepada apahabar.com.

Menurutnya, dengan mengikuti pelatihan penanganan ular ini, maka legalitas dan kompetensi anggota mendapat sertifikasi dari Yayasan Sioux Ular Indonesia.

“Semoga langkah ini dapat lebih menjamin anggota dalam bekerja dengan baik sesuai SOP agar efektif, efisien, dan safety. Karena kemana pun dan apa pun giat operasi rescue yang kami laksanakan selalu melekat pada kami dengan membawa nama baik Pemerintah Kabupaten Banjar,” pungkas Yudhi.

Yayasan Sioux Ular Indonesia

Pelatihan penanganan ular yang diselenggarakan Yayasan Sioux Ular Indonesia, di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, Minggu (10/10). Foto-apahabar/istimewa

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Akidi Tio

Opini

Akidi Tio, Ai Lap Yu Pul
Pemprov Kalsel

Tak Berkategori

Pemprov Kalsel Gencar Gelar Event, Pakar Ingatkan Euforia Masyarakat
apahabar.com

Tak Berkategori

Dua Pilihan Akad di Bank Kalsel Syariah Giro iB Al-Amanah, Apa Saja?
apahabar.com

Tak Berkategori

Cara Membedakan Ayat Alquran yang Turun di Makkah dan Madinah Menurut KH Ahsin Sakho Muhammad

Tak Berkategori

Perlu Diketahui, Tiga Efek Samping Vaksin Covid-19

Tak Berkategori

Pengguna YouTube Tak Bisa Putar Video Pagi Ini, #YoutubeDOWN Jadi Trending Topic di Twitter
apahabar.com

Tak Berkategori

Waket DPRD Kalteng: Pilkada 2020, Momentum Menatap Masa Depan Lebih Baik

Tak Berkategori

Kapolres Tabalong Serahkan Motor Sempat Hilang ke Pemiliknya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com