Akhirnya, Buronan Pelaku Penggelapan Motor Scoopy di HST Diringkus Tim Resmob Grand Launching RSI Sultan Agung Banjarbaru, Terapkan Layanan Bersyariat Islam Via Jamela, KPK Dalami Keperluan Pribadi Bupati HSU 5 Kali HST Diterjang Banjir, Mitigasi Mestinya Dicermati Pemkab Bukan Pepesan Kosong, Kades Se-Amuntai Sweeping Truk Conch!

Usai Kontroversi Barito Putera Melawan PSIS Semarang, PSSI Segera Evaluasi Wasit

%%excerpt%% Kekeliruan yang dilakukan wasit dalam pertandingan Barito Putera versus PSIS Semarang, Rabu (20/10) malam, membuat PSSI segera turun tangan.
- Apahabar.com     Kamis, 21 Oktober 2021 - 18:00 WITA

Usai Kontroversi Barito Putera Melawan PSIS Semarang, PSSI Segera Evaluasi Wasit

Meski Bagas Kaffa dilanggar di dalam kotak penalti, wasit bersikeras Barito Putera tidak menerima hadiah penalti dalam pertandingan melawan PSIS Semarang. Foto: Bola

apahabar.com, JAKARTA – Kekeliruan yang dilakukan wasit dalam pertandingan Barito Putera versus PSIS Semarang, Rabu (20/10) malam, membuat PSSI segera turun tangan.

Pertandingan di Stadion Sultan Agung itu dimenangkan PSIS Semarang berkat gol tunggal Jonathan Cantillana. Hasil tersebut membuat Mahesa Jenar masih undefeated di BRI Liga 1.

Namun bukan rekor tak terkalahkan yang menjadi pergunjingan, melainkan sebuah kejadian di menit 18, ketika skor masih 0-0.

Awalnya wingback Barito, Bagas Kaffa, ditekel Muhammad Rio Saputra di kotak penalti PSIS ketika membawa bola.

Selanjutnya wasit Bachrul Ulum hanya memberi tendangan bebas di luar kotak penalti, seusai berkonsultasi dengan asisten wasit Sugiarto.

Mengacu tayangan ulang pertandingan, Bagas Kaffa tampak jelas ditabrak dan terjatuh ketika sudah berada di kotak penalti.

Keputusan tersebut membuat pemain Barito protes, termasuk kepada hakim garis. Namun wasit bergeming kejadian tersebut bukan terjadi di kotak penalti. Pun asisten wasit yang lebih dekat dengan kejadian.

Akibat kekalahan itu, Barito kini menjadi juru kunci klasemen sementara Liga 1 2021/2022. Laskar Antasari baru mengoleksi 4 poin hasil sekali memang dan sekali imbang dari 8 pertandingan.

“Tidak hanya dalam pertandingan ini saja,” ketus pelatih Barito Putera, Djajang Nurdjaman, dalam konferensi pers seusai pertandingan.

“Sebelumnya wasit sering merugikan kami. Semua orang sudah melihat di televisi, seharusnya kami sudah mengajukan protes. Saya prihatin dengan wasit Indonesia,” tegasnya.

Kendati belum resmi dilaporkan, PSSI memastikan segera melakukan evaluasi semua perangkat pertandingan. Tidak hanya di Liga 1, kontroversi juga acap terjadi Liga 2 musim 2021.

“Kami akan mengevaluasi perangkat pertandingan. Kalau ditemukan kesalahan, PSSI tentu akan memberikan sanksi sesuai dengan tingkatan,” papar Ketua Komite Wasit PSSI, Ahmad Riyadh, dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (21/10).

Adapun sanksi untuk kesalahan kategori sedang, akan diistirahatkan dalam beberapa pertandingan. Sedangkan kategori berat dan fatal, bisa berujung pemberhentian.

“Kesalahan fatal ini jika tindakan wasit bisa mengubah pertandingan. Misalnya seharusnya kedudukan 1-1, tetapi menjadi 2-1 akibat kesalahan wasit,” tandas Riyadh.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Barito Putera

Sport

Jadwal BRI Liga 1: Live Indosiar Persija vs Barito Putera, Awas Teror Mario Simic
apahabar.com

Sport

Kemarahan Rossi Absen di MotoGP Aragon 2020 Akibat Positif Covid-19, Link Live Streaming Fox Sport 2

Sport

Pemain Barito Putera Tertegun Lihat TPS Kampung Bunga Banjarmasin

Sport

Bayangi PSIS, Barito Putera Runner-Up Klasemen Sementara Grup A Piala Menpora 2021
Piala Thomas 2020

Sport

Hasil Piala Thomas: Shesar Hiren Bawa Indonesia Menang Dramatis Atas Thailand

Sport

Jadwal BRI Liga 1: Barito Putera vs PSIS Semarang, Laskar Antasari Masih Optimistis Raih Poin

Sport

Usai Inggris Dibikin Skotlandia Frustrasi, Begini Syarat Kelolosan di Grup D

Sport

13 Pemain Lechia Gdansk Terpapar Virus Corona, Pemain Latihan di Rumah, Egy Maulana Vikri Aman!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com