Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Wabup Tanbu: Sipades Tunjang Kelancaran Pemerintahan Desa

- Apahabar.com     Sabtu, 16 Oktober 2021 - 19:38 WITA

Wabup Tanbu: Sipades Tunjang Kelancaran Pemerintahan Desa

Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muh Rusli, saat membuka bimtek. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Pemkab Tanah Bumbu terus melakukan penguatan pembangunan dari tingkat terbawah desa, baik dari penyediaan anggaran hingga tata kelola pemerintahan.

Untuk penguatan dalam sisten tata kelola pemerintahan desa tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Aset Desa Berbasis Web/Online atau biasa disebut Sistem Pengelolaan Aset Desa (Sipades).

Peserta bimtek adalah para kaur tata usaha dan umum desa serta pendamping kecamatan dengan jumlah yang hadir sebanyak 158 orang yang dilaksanakan selama 3 hari, yakni 15 hingga 17 Oktober 2021 di Banjarmasin.

Wakil Bupati Tanah Bumbu, M Rusli, menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan bimtek tersebut.

“Karena Sipades ini merupakan alat bantu pengelola atau pengurus barang milik desa, guna pengadministrasian dan inventarisasi aset desa sesuai dengan tupoksi kaur tata usaha dan umum,” sebutnya.

Wabup mengatakan karena Sipades itu dibangun dan dikembangkan dengan basis web, maka data dan informasi terkait dengan aset desa bisa diakses dengan cepat dan akurat.

“Tentunya harapan kita bersama dengan dimplementasikannya Sipades, dapat menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan desa, mewujudkan akuntabilitas pengelolaan aset desa yang tertib, efektif dan efisien serta menjadi pedoman dalam pengelolaan aset desa,” harap Rusli.

Rusli juga berpesan kepada peserta bimtek untuk mengikuti kegiatan dengan baik, agar sistem itu bisa diaplikasikan terutama dalam menunjang pengelolaan aset desa agar terhindar dari praktik penyimpangan.

“Selain itu juga untuk mewujudkan efektifitas, efisiensi, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan aset desa, guna membangun tata kelola pemerintahan yang melayani, sederhana dan akuntabel di Bumi Bersujud,” pungkasnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Sebelum ke Tanbu, Gus Muwafiq Isi Ngaji Kebangsaan di Universitas NU Kalsel
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Elemen Gabungan di Tanbu Sosialisasikan Pencegahan Covid-19
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

PDP di Tanbu Bertambah 1, Total 2 Orang

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Salurkan Bantuan JPS Tahap 3
PLN

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu dan PLN Jalin Kerjasama Penerimaan PPJ
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Para Guru di Kusan Hulu Salurkan Bantuan Sembako
Posyandu Widuri

Pemkab Tanah Bumbu

Tim Penilai Lakukan Klarifikasi Lapangan di Posyandu Widuri Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

MTQ XXXII Kotabaru, Tanbu Utus 89 Kafilah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com