Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan

Ekspor Sawit Meningkat, Harga Minyak Goreng di Balikpapan Makin Licin

Harga minyak goreng di Balikpapan melonjak drastis. Dari semula seharga Rp12 ribu menjadi Rp20 ribu per liternya. Semakin licinnya harga.....
- Apahabar.com     Selasa, 30 November 2021 - 12:09 WITA

Ekspor Sawit Meningkat, Harga Minyak Goreng di Balikpapan Makin Licin

Samsul, menunjukkan salah satu minyak goreng yang dijual dan mengalami kenaikan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Harga minyak goreng di Balikpapan melonjak drastis. Dari semula seharga Rp12 ribu menjadi Rp20 ribu per liternya. Semakin licinnya harga minyak goreng tentunya mengejutkan para pedagang maupun pengusaha kuliner.

Salah seorang pedagang sembako bernama Samsul mengatakan kenaikan ini sudah terjadi hampir sebulan lalu. Hal ini disebutnya lantaran stok minyak tidak ada dari distributor lantaran ekspor sawit yang meningkat.

“Naik mas, sekarang Rp20 ribu per liter, itu sudah yang paling murah. Ya ini karena bahannya nggak ada, sawitnya kan di kirim ke luar negeri semua,” kata pedagang Pasar Klandasan, Balikpapan.

Bahkan dirinya kerap tidak menerima kiriman stok dari distributor dalam satu hari. Sehingga dirinya pernah mengalami kekosongan stok minyak. Meski begitu para konsumen tetap membelinya lantaran merupakan kebutuhan dasar untuk memasak.

“Ya pernah satu hari itu nggak ada sama sekali karena dari sananya nggak ada mengirim. Ya meski naik mau nggak mau tetap di beli sama pembeli, daripada nggak bisa goreng,” tuturnya.

Tak hanya minyak goreng, bahan lainnya yang berkaitan dengan bahan sawit, seperti contoh mentega. Samsul mengatakan harga mentega ikut naik, apalagi menjelang Natal dan tahun baru nanti.

“Ya turunannya dari sawit itu juga ikut naik, kayak mentega ini dari harga awal Rp150 ribu per 15 kilo jadi Rp185 ribu per 15 kilo atau per kardus,” ungkapnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Sri Mulyani

Ekbis

Menkeu: BI Juga Bisa Membeli SBN Pemerintah

Ekbis

Terkerek Sentimen Domestik, IHSG Diprediksi Menguat
apahabar.com

Ekbis

Tiga Petinggi Bank Kalsel Dicopot Pemegang Saham
apahabar.com

Ekbis

Maskapai Turunkan Tarif Tiket Pesawat?
apahabar.com

Ekbis

Harga Pangan Naik, Izin Impor Jangan Terhambat
Rokok ilegal

Ekbis

Mengintip Efek Domino dari Rokok Ilegal
apahabar.com

Ekbis

Jokowi Targetkan Kilang Petrokimia TPPI Selesai 3 Tahun
apahabar.com

Ekbis

Produk Plastik Bakal Kena Cukai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com