Ternyata Rumah Ambruk di Gatot Subroto Banjarmasin tidak Kantongi IMB Kebanjiran Terus, Kalsel Siapkan Megaproyek Kolam Regulasi, Wabup HST Bantah Ilegal Logging Pertama di Kalsel, Kota Banjarbaru Capai Target Vaksinasi 70 Persen Korupsi Bupati HSU: KPK Periksa 2 Saksi Siang Ini Sempat Mengkhawatirkan, Kalsel Kembali Nol Kasus Covid-19 Harian

Asah Kemampuan Pengrajin Rotan, Disdagprinkop Kapuas Gelar Pelatihan

- Apahabar.com     Selasa, 16 November 2021 - 12:11 WITA

Asah Kemampuan Pengrajin Rotan, Disdagprinkop Kapuas Gelar Pelatihan

Seorang pengrajin rotan di Kabupaten Kapuas saat diajarkan cara membuat lemari dari bahan rotan dalam pelatihan diversifikasi produk kerajinan anyaman rotan. Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah pengrajin rotan di Kabupaten Kapuas, Kalteng, mengikuti pelatihan diversifikasi produk kerajinan anyaman rotan.

Pelatihan yang diinisiasi oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi (Disdagperinkop) Kapuas tersebut berlangsung di sentra kerajinan rotan UD Nabil Raihan Desa Pulau Telo Baru, Kecamatan Selat, Kapuas.

Kepala Bidang Industri Disdagperinkop Kapuas, Ferdinan Junarko, mengatakan perserta yang mengikuti pelatihan ini adalah para pengrajin rotan yang memang telah dibina oleh pihaknya selama ini.

“Jumlah pesertanya ada 20 orang, mereka memang sudah kita bina selama ini sejak tahun 2014. Jadi, kita latih terus mereka sehingga terus berkembang,” kata Ferdinan, Senin (15/11) kemarin.

Ferdinan bilang dalam pelatihan ini para peserta selain diberikan bimbingan secara tekhnis bagaimana mengolah, juga diajari cara memproduksi sampai finishing.

“Produk kerajinan rotan yang dihasilkan dalam pelatihan ini adalah pembuatan lemari dari rotan, cermin, tempat tisu, pot bungga dan produk lainnya yang semuanya dibuat dari hati rotan,” ujarnya.

Adapun tujuan pelatihan ini adalah untuk menumbuh kembangkan lagi semangat para pengrajin dan upaya pemulihan perekonomian khususnya di Kabupaten Kapuas.

“Kebetulan permintaan terhadap produk-produk kerajinan rotan, khususnya untuk produk rumah tangga itu sekarang mulai meningkat. Untuk itulah para pengrajin kita bina kembali,” pungkas.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Covid-19 di Barut Terkendali, Nadalsyah Menimbang Kembali Maju Pilkada
apahabar.com

Hukum

Seorang Pria Sungai Hanyo Kapuas Tewas Dibunuh, Polisi Kejar Pelaku
apahabar.com

Kalteng

Penularan Covid-19 di Kalteng Tak Terpengaruh Musim, Termasuk Kemarau
apahabar.com

Kalteng

Usai Habisi Paman dan Bibi, Pemuda di Murung Raya Hendak Bunuh Diri
apahabar.com

Ekbis

Biaya Transfer Uang Turun, Ini Paparan BI

Kalteng

Peringati Hari Santri, Pemkab Kapuas Matangkan Persiapan
Kapuas

Kalteng

Warga Pangkalan Rekan Kapuas Antusias Bantu Korban Banjir Kalsel
apahabar.com

Ekbis

Deretan Pasar yang Tutup Selama PSBB Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com