Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans Resmi Dilepas, Kapolres Optimis Tim Voli Kotabaru Rebut Juara Piala Kapolda Kalsel

’Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri 2021’ Picu Komunitas Berani Mendonor

- Apahabar.com     Rabu, 3 November 2021 - 10:29 WITA

’Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri 2021’ Picu Komunitas Berani Mendonor

Bani, perwakilan dari FC Bayern Fan Indonesia (FCBFI) Banjarmasin, Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kegiatan donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri 2021’ yang dihelat di UDD PMI Banjarmasin dari tanggal 11-28 Oktober 2021 menjadi pengalaman tersendiri bagi sejumlah pendonor.

Salah satunya adalah Bani, perwakilan dari FC Bayern Fan Indonesia (FCBFI) Banjarmasin. Bani mengaku baru pertama kali melakukan donor darah.

Sebelumnya, Bani takut dengan jarum suntik. Namun, karena melihat rekan-rekan satu komunitasnya ikut donor, ia kemudian memberanikan diri untuk terlibat dalam kegiatan tersebut.

Untuk memantapkan niatnya, Bani juga sempat bertanya kepada temannya yang bekerja di bidang medis soal manfaat donor darah.

Setelah perdana ikut kegiatan ini, ia mengaku badannya jadi lebih bugar.

“Dapat rekomendasi dari teman yang kerja di bidang medis, katanya donor darah itu bagus buat kesehatan. Makanya tertarik buat ikutan kemarin. Memang awalnya waktu udah donor saya pusing mas, pusing kayak berkunang-kunang pandangan, terus sehari setelahnya badan saya jadi enak,” cerita Bani.

Selain Bani, ada juga M. Nur dari Arsenal Indonesia Supporter (AIS) Banjarmasin.

Nur mengisahkan kegiatan ini mendorong dirinya serta rekan-rekan satu komunitas untuk rutin mendonorkan darah.

“Dari tahun 2019, sampai sekarang. Kalau rutinnya, kita setiap tiga bulan sekali ikut donor darah yang digagas teman-teman gabungan komunitas. Di tahun 2021 ini, saya sudah 7 kali ikut donor,” kata Eminem, sapaannya.

Aktivitas donor darah oleh berbagai komunitas di Banjarmasin ini digagas oleh Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) di Banjarmasin, yang terdiri dari sejumlah komunitas besar seperti Bold Riders dan Super Friends.

Mereka juga ikut terlibat dalam pembuatan dan pemecahan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kolaborasi KITA terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat.

Di bulan Oktober 2021 ini, yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda, Kolaborasi KITA menggerakkan lebih dari 800 komunitas di 88 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah.

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/Kabupaten, Kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’.

Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama di antara beragam komunitas di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah ini juga diharapkan akan memecahkan rekor MURI.

Ada dua kategori rekor MURI yaitu donor darah di kota dan kabupaten terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak.

Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2020’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (*)

Editor: Muhammad Robby - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Lifestyle

Tanaman Hias yang Bawa Hoki Menurut Feng Shui
Memilih Popok Bayi

Lifestyle

Cara Memilih Popok Bayi yang Tepat
K-Popers

Lifestyle

Spotify Terancam Ditinggalkan, K-Popers Hijrah ke YouTube Music
EIGER Store

Lifestyle

Viral! EIGER Surati YouTuber Gegara Kualitas Video Rendah
Kerajaan Banjar

Lifestyle

Unik, Model asal Tapin Koleksi Benda Pusaka Kerajaan Banjar
K-Popers

Lifestyle

Respons Kakao M Soal Ratusan Lagu K-pop Raib di Spotify
Kenzie Autoworkz

Lifestyle

CATAT! Festival Modifikasi Kenzie Auto Contest Akan Digelar di Banjarmasin
K-Popers

Lifestyle

Spotify Trending Twitter Usai Ratusan Lagu K-pop dari Kakao M Raib
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com