Akhirnya, Buronan Pelaku Penggelapan Motor Scoopy di HST Diringkus Tim Resmob Grand Launching RSI Sultan Agung Banjarbaru, Terapkan Layanan Bersyariat Islam Via Jamela, KPK Dalami Keperluan Pribadi Bupati HSU 5 Kali HST Diterjang Banjir, Mitigasi Mestinya Dicermati Pemkab Bukan Pepesan Kosong, Kades Se-Amuntai Sweeping Truk Conch!

Balangan Waspada Ancaman Cuaca Ekstrem, Tujuh Kecamatan Rawan Banjir

Menjelang akhir tahun, cuaca ekstrem ancam sejumlah wilayah di Kalsel. Mengantisipasi hal ini, Pemkab Balangan langsung menyiapkan personel
- Apahabar.com     Selasa, 2 November 2021 - 12:56 WITA

Balangan Waspada Ancaman Cuaca Ekstrem, Tujuh Kecamatan Rawan Banjir

Bupati Balangan, Abdul Hadi mengecek kesiapan personel pada apel siap siaga darurat bencana di halaman Kantor Bupati Balangan. Selasa(2/11). apahabar.com/hendry

apahabar.com, PARINGIN – Menjelang akhir tahun, cuaca ekstrem ancam sejumlah wilayah di Kalsel. Mengantisipasi hal ini, Pemkab Balangan langsung menyiapkan personel untuk tanggap bencana.

Kesiapan itu nampak terlihat saat apel siaga darurat penanganan bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan cuaca ekstrem akibat musim hujan, di depan kantor Bupati Balangan, Selasa (02/11).

Bupati Balangan Abdul Hadi kepada awak media memastikan sudah menyiapkan alat pertolongan banjir, jalur evakuasi dan titik-titik kerawanan bencana, serta mempersiapkan tempat penampungan bagi korban banjir dan dapur umum.

“Dengan adanya apel kesiapsiagaan ini, diharapkan mampu untuk meminimalisir dampak-dampak yang terjadi oleh banjir,” ujar Bupati Balangan, H Abdul Hadi.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan H Rahmi, menyebutkan pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah.

Yakni berkoordinasi dengan SKPD dan pemangku kepentingan melakukan pendataan kesiapsiagaan logistik, peralatan sarana, serta personel di tiap kecamatan yang telah disiapkan kecamatan.

“Kedepannya kita berencana akan melakukan simulasi atau latihan, di titik wilayah rawan bencana yang telah disebutkan oleh Bupati Balangan,” ucap H Rahmi.

Di Balangan sendiri terdapat tujuh kecamatan yang berpotensi terjadi banjir. Di antaranya Kecamatan Halong, Juai, Tebing Tinggi, Paringin Selatan, Paringin Kota, dan Kecamatan Lampihong. Untuk lokasi paling parah biasanya, terjadi di Desa Teluk Bayur, Juai, Bata, Buntu Karau, Pimping dan masih ada beberapa desa lagi.

Beberapa waktu lalu berdasarkan informasi dari BMKG melalui virtual Zoom, bahwa kini Balangan khususnya telah memasuki musim penghujan dan puncaknya di peridiksi terjadi di Januari dan Februari.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Balangan

Rakor Desk Pilkada, Plt Bupati: Jika Temukan Indikasi Masalah, Segera Tindaklanjuti
Isra Mikraj

Pemkab Balangan

Momentum Isra Mikraj, Bupati Balangan Ingatkan Prokes
apahabar.com

Pemkab Balangan

Pencapaian Misi Pembangunan Kabupaten Balangan Tahun 2019 (Bagian III)
apahabar.com

Pemkab Balangan

Salat Hajat di Masjid Al Akbar Tandai Peringatan Hari Jadi Kabupaten Balangan ke-18
apahabar.com

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Komitmen Sukseskan HUT Satpol PP ke-70
apahabar.com

Pemkab Balangan

Lima Sekolah di Balangan Gaet Adiwiyata Tingkat Kabupaten

Pemkab Balangan

HUT RI ke-76, Pemkab Balangan Siap Rayakan dengan Pembatasan Ketat

Pemkab Balangan

Pj Ketua TP PKK Kalsel Sambagi Balangan Ajak Dongkrak Produk Sasirangan Daerah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com