Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Banjarmasin Makin Cakap Digital Bersama Literasi Digital Netizen Fair 2021

- Apahabar.com     Rabu, 24 November 2021 - 08:31 WITA

Banjarmasin Makin Cakap Digital Bersama Literasi Digital Netizen Fair 2021

Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi telah meluncurkan Program Literasi Digital Nasional. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Globalisasi dan modernisasi telah menciptakan perubahan besar di berbagai bidang, pergerakannya pun semakin dipercepat oleh Revolusi Industri 4.0.

Situasi ini mendorong terbentuknya kebutuhan akan sumber daya manusia yang cakap digital untuk mengimbangi disrupsi teknologi digital yang berlangsung dengan sangat pesat.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari jumlah pengguna internet dan media sosial tiap tahunnya. Salah satu contoh nyatanya ialah jumlah pengguna media sosial di Indonesia yang kini telah mencapai 202,6 juta jiwa, atau sekitar 73% dari populasi (Hootsuite dan We Are Social, 2021). Layaknya pedang bermata dua, internet memiliki berbagai sisi positif juga negatif.

Internet telah membuka pintu dan jendela dunia baru yang serba mudah dan serba cepat, namun demikian, pemanfaatan yang kurang optimal dan pemahaman mengenai tata penggunaan internet dapat menuntun pada merebaknya berbagai bahaya dan permasalahan baru, seperti penyebaran hoaks yang semakin marak, penipuan daring, hingga penyalahgunaan data oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Merespons hal tersebut, Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi telah meluncurkan Program Literasi Digital Nasional pada Mei 2021 lalu. Program ini merupakan suatu inisiasi peningkatan kecakapan digital di level dasar yang bertujuan untuk dapat menjangkau setidaknya 12,5 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2021.

Dengan tajuk “Makin Cakap Digital”, program ini dilaksanakan secara masif di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi Indonesia. Menuju Masyarakat Indonesia Makin Cakap Digital Sebagai rangkaian dari berbagai kegiatan literasi digital yang telah dilaksanakan tersebut.

Maka di penghujung tahun 2021 ini, Kementerian Kominfo bersama seluruh mitra/jejaring melaksanakan puncak acara Literasi Digital yaitu Netizen Fair 2021, yang dilaksanakan secara serentak dan hybrid di berbagai Kota/Kabupaten selama dua hari pada tanggal 23-24 November 2021.

Terdapat empat talkshow yang membahas mengenai pilar-pilar literasi digital, juga kelas yang mendiskusikan isu-isu literasi digital terkini. Secara khusus, pada tanggal 23 November 2021 Literasi Digital Netizen Fair 2021 di Kota Banjarmasin dilaksanakan bertempat di Hotel G’Sign.

Pada acara hari pertama ini, terdapat talkshow Ngobrolin Literasi Digital yang mengangkat tema “Mengenal Lanskap Digital” sebagai bagian dari pilar Digital Skill atau Kecakapan Digital. sKecakapan digital sendiri merupakan salah satu pilar yang utama dan paling penting dalam penyiapan talenta digital Indonesia, dari pilar ini kita akan memahami bagaimana perangkat keras dan piranti lunak serta sistem operasi digital dalam kehidupan sehari-hari dan juga kehidupan digital.

Dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang ahli dibidangnya, yaitu Ibu Windiasti Kartika ST.MT selaku Kepala Dinas Kominfo Banjarmasin; Ibu Ade Irma Sukmawati, M.A selaku Dosen Universitas Teknologi Yogyakarta; dan A. Renaldi sebagai Key Opinion Leader, talkshow ini berhasil memberikan pengetahuan baru bagi peserta khususnya para anak muda di Banjarmasin untuk semakin cakap menggunakan teknologi. Pada kegiatan ini juga, para peserta menerima materi secara antusias sehingga pada saat sesi tanya jawab banyak peserta yang ingin mengajukan pertanyaan.

Ke depannya, Netizen Fair 2021 ini akan berlangsung tiap tahunnya dan kegiatan literasi digital akan terus dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia dalam berbagai format. Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan literasi digital dapat diakses melalui info.literasidigital.id dan akun-akun media sosial Siberkreasi. (Adv)

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjarmasin

Banjarmasin

Jenderal Lapangan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Terluka, Tangan-Kepala Berdarah
Sabu hingga Ekstasi

Banjarmasin

Miliki Sabu hingga Ekstasi, Seorang Wanita di Banjarmasin Diamankan Polisi
Vaksinasi Massal

Banjarmasin

­Banjarmasin Terapkan PPKM Level IV, Ibnu Sina Akui Vaksinasi Belum Maksimal
Banjarmasin

Banjarmasin

Viral Putri Tidur di Banjarmasin, Sempat Kejang Kejang hingga Dirujuk ke Rumah Sakit
Rumah Ambruk

Banjarmasin

Viral Lagi, Video Rumah Ambruk di Sungai Andai Banjarmasin
Banjarmasin

Banjarmasin

PPKM Level IV Jilid Dua, Banjarmasin Siapkan Khotbah Khusus hingga Isolasi Terpusat !
Banjarmasin

Banjarmasin

Duh, Keripik Singkong Tanpa Label Usang Dijual Bebas di Banjarmasin
Potensi Pajak Parkir

Banjarmasin

Wajib Tau! Potensi Pajak Parkir Kini Dikelola Bakeuda Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com