Dikira Orang Mabuk, Ternyata Api Mengamuk di Komet Banjarbaru Tanpa Naturalisasi, Berikut Pemain Tambahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Kartu Prakerja Lanjut di 2022, Anggaran Rp 11 Triliun Disiapkan Nyangkut Jembatan Lagi, Damkar Banjar Turun Tangan Atasi Rumpun Bambu Longsor Kotabaru Tewaskan 4 Warga Maradapan, Cek Faktanya

Banjir Kalteng dan Kalbar, Kepala BNPB Tinjau Kondisi Penanganan Warga Terdampak

- Apahabar.com     Sabtu, 20 November 2021 - 11:42 WITA

Banjir Kalteng dan Kalbar, Kepala BNPB Tinjau Kondisi Penanganan Warga Terdampak

Tim Habar Kalimantan Tengah membangikan makanan siap saji kepada korban terdampak banjir di Jalan Buluh Merindu Km 4 Cilik Riwut, Palangka Raya, Kalteng. Foto-Facebook/Tim Habar Kalimantan Tengah

apahabar.com, JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Mayjen TNI Suharyanto meninjau langsung kondisi terkini penanganan warga terdampak banjir di Kalimantan Barat (Kalbar) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) dari Sabtu (20/11) dan direncanakan hingga Minggu (21/11).

Hal ini merupakan kujungan pertama ke wilayah bencana bagi Mayjen Suharyanto usai dilantik Presiden Joko Widodo sebagai kepala BNPB.

Peninjauan itu dilakukan Suharyanto sebagai wujud respons cepat atas arahan Presiden Jokowi agar BNPB bekerja lebih keras. Apalagi saat ini sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim hujan disertai adanya fenomena La Nina.

Fenomena itu dapat menyebabkan sejumlah potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.

“Bapak presiden berpesan kepada kami, ini musim bencana, sehingga kami harus segera bekerja,” ujar Suharyanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu.

Lokasi pertama yang ditinjau lulusan Akmil 1989 itu adalah Kabupaten Sintang di Kalbar. Ia melihat perkembangan penanganan dan mengecek langsung bantuan serta dukungan yang disalurkan beberapa waktu lalu, apakah telah diterima para penerima hak.

Di samping itu, mantan Sesmilpres itu juga memastikan agar penanganan tanggap darurat berjalan dengan baik dan mendapatkan informasi di lapangan mengenai kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi.

Usai meninjau banjir di Kabupaten Sintang, Suharyanto kemudian langsung bertolak menuju Kalteng untuk kegiatan yang sama, yakni meninjau banjir yang melanda Kota Palangka Raya dan Pulang Pisau.

Menurutnya, peninjauan langsung ke lapangan tersebut juga menjadi wujud komitmen kepala BNPB untuk selalu hadir di tengah bencana dalam waktu sesingkat-singkatnya.

“Pada saat terjadi bencana, BNPB akan hadir dalam waktu yang sesingkat-singkatnya untuk membantu agar masyarakat yang terdampak bencana ini segera mendapat pertolongan dan segera mendapat hak-hak hidup yang mendasar,” kata Suharyanto.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

KPK OTT Bupati Mesuji Terkait Proyek PUPR
Mobil Listrik

Nasional

Jokowi: RI Bakal Jadi Produsen Utama Baterai Mobil Listrik
Durhaka

Nasional

Jangan Ditiru! Laku Anak Durhaka, Paksa Ibunya Keluar karena Jijik Lihat Ia Makan
apahabar.com

Nasional

TNI Kuasai Tiga Distrik di Nduga, Ruang Gerak Separatis Kian Sempit
apahabar.com

Nasional

Warga Wuhan Bersukacita Setelah Lockdown Berakhir
apahabar.com

Nasional

Waspada Bahaya Praktik Pengantin Pesanan ke Desa
apahabar.com

Nasional

Salah Identifikasi Jasad, Pasien Covid-19 Ternyata Masih Hidup
Gempa

Nasional

Pemerintah Catat 9 Wilayah Rawan Gempa Perlu Diwaspadai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com