Ternyata Rumah Ambruk di Gatot Subroto Banjarmasin tidak Kantongi IMB Kebanjiran Terus, Kalsel Siapkan Megaproyek Kolam Regulasi, Wabup HST Bantah Ilegal Logging Pertama di Kalsel, Kota Banjarbaru Capai Target Vaksinasi 70 Persen Korupsi Bupati HSU: KPK Periksa 2 Saksi Siang Ini Sempat Mengkhawatirkan, Kalsel Kembali Nol Kasus Covid-19 Harian

Banjir Lumpur di Prapatan Balikpapan, 6 Rumah Warga Kena Imbas

- Apahabar.com     Senin, 8 November 2021 - 13:29 WITA

Banjir Lumpur di Prapatan Balikpapan, 6 Rumah Warga Kena Imbas

Longsor disertai banjir lumpur di kawasan Prapatan, Balikpapan berimbas pada rumah warga. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Hujan deras yang melanda kota Balikpapan sejak Senin (8/11) subuh menyebabkan kawasan RT 35 Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota longsor.

Tebing yang berbatasan dengan perumahan milik Pertamina ini longsor dan berdampak pada rumah yang ada di bawahnya.

Longsor tersebut juga mengakibatkan banjir lumpur. Warga yang baru terbangun dan hendak beraktivitas dikejutkan dengan aliran lumpur yang datang dari tebing tersebut.

“Saya pas lagi nonton TV terus ada suara ‘gubrak’. Pas saya buka pintu ternyata sudah penuh lumpur di depan,” kata Kartina, warga RT 35 No 99, ditemui di lokasi kejadian.

Banjir lumpur tersebut terus mengalir hingga masuk ke dalam rumah, sehingga warga yang terdampak tersebut dievakuasi ke tempat yang aman untuk menghindari longsor yang lebih besar.

“Ada enam rumah yang terdampak. Tidak ada korban jiwa, tapi sudah kami evakuasi warga ke tempat aman,” kata Taryono, Ketua RT 35, Kelurahan Prapatan.

Dia mengungkapkan banjir disertai lumpur itu baru pertama kali terjadi. Dia pun berharap pihak Pertamina segera membantu melakukan upaya penanganan dan pencegahan longsor susulan.

“Kalau ini kurang lebih satu tahun longsornya. Pertama cuma basah aja, terus tembok dan pagar pada roboh. Terus yang ketiganya berkat swadaya masyarakat bisa ditangani drainase kampung. Baru kemarin kejadian, dan ini kejadian lagi. Tapi kalau yang lumpur itu baru kali ini,” jelas Taryono.

Sementara itu, Area Manager Communications, Relations & CSR Pertamina RU V Balikpapan, Ely Chandra, mengatakan area tersebut memang berbatasan dengan Perumahan Pertamina. Saat ini ia tengah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan lebih lanjut.

“Dari sisi Pertamina kami juga masih melakukan evaluasi dari aliran air yang mungkin mengalir dari komplek. Memang tadi malam hujannya cukup deras. Apakah dipengaruhi dari curah hujan yang cukup tinggi atau apa? Kalau kita lihat kan area perbatasan ini hutan, ada banyak pohonnya. Apakah curah hujan yang terlalu tinggi, sehingga airnya mengalir ke perumahan warga,” jelasnya.

Ditanya soal adanya bau minyak yang diduga bercampur dalam lumpur tersebut, Ely mengaku belum mengetahuinya. Namun ia memastikan bahwa di kawasan tersebut bukanlah kawasan produksi, sehingga kemungkinan adanya minyak sangat kecil.

“Kalau bau minyak kita harus perhatikan, karena kan disini tidak ada aktivitas produksi, apakah itu bersumber dari titik mana saya juga belum tahu. Tapi dapat dipastikan ini berbatasan dengan perumahan bukan dengan fasilitas produksi. Tidak ada pipa juga disitu, karena ini komplek perumahan bukan produksi,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

BPJS Kesehatan Gratis

Kaltim

Catat! Janji Wali Kota Balikpapan Soal BPJS Kesehatan Gratis

Kaltim

Kasus Positif Covid-19 Balikpapan Bertambah 22 Orang, 5 Anak Tertular
Investasi Bodong

Kaltim

Investasi Bodong di Kaltim, Selebgram Samarinda Berinisial R Diduga Tipu Korban hingga Rp 2 M

Kaltim

Breaking News! Pemukiman Warga di Gunung Malang Balikpapan Terbakar
Gantung Diri

Kaltim

Kronologi Penemuan Pria Gantung Diri di Balikpapan, Niat Rekan Tawarkan Pekerjaan
apahabar.com

Kaltim

Warga Kalimantan Tuntut UU Minerba Dibatalkan
apahabar.com

Kaltim

Bioskop dan Wahana Permainan Anak di Balikpapan Boleh Beroperasi
apahabar.com

Kaltim

Pasca-Rusuh, Penajam Mulai Bangun Ulang Rumah Terbakar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com