Ternyata Rumah Ambruk di Gatot Subroto Banjarmasin tidak Kantongi IMB Kebanjiran Terus, Kalsel Siapkan Megaproyek Kolam Regulasi, Wabup HST Bantah Ilegal Logging Pertama di Kalsel, Kota Banjarbaru Capai Target Vaksinasi 70 Persen Korupsi Bupati HSU: KPK Periksa 2 Saksi Siang Ini Sempat Mengkhawatirkan, Kalsel Kembali Nol Kasus Covid-19 Harian

Berangsur Normal, Pengungsi Banjir HST Sudah Balik ke Rumah

- Apahabar.com     Rabu, 17 November 2021 - 14:31 WITA

Berangsur Normal, Pengungsi Banjir HST Sudah Balik ke Rumah

Warga bersama prajurit TNI bahu-membahu membersihkan fasilitas umum di Aluan Kecamatan Barabai, Rabu (17/11). Foto- Maskuri for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Warga di pusat kota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang sempat mengungsi akibat banjir kini sudah balik ke rumah masing-masing.

Sebelumnya mereka mengungsi ke lokasi pengusian di SMAN 1 HST, Gedung Djuang, Masjid Agung Riaydussalihin, Masjid As Shulaha Barabai dan Langgar Al-Akhyar.

“Semua pengungsi saat ini sudah pulang,” kata Plh Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD HST, Adi Yuspa kepada apahabar.com, Rabu (17/11).

Adi juga menyebutkan kondisi Sungai Barabai berangsur-angsur mengalami penurunan debit air. Sehingga sejumlah wilayah yang sempat terendam banjir pun sudah kering.

“Hanya beberapa titik (di kota Barabai) yang masih tergenang air karena pembuangan air terhambat. Seperti di Bulau dan Pasar Hanyar. Tetapi sudah bisa dilewati kendaraan,” kata Yuspa.

Dari data BPBD HST per 17 November, rumah warga terdampak banjir pada Selasa 15 November 2021 berjumlah 1.137 unit terendam. Semuanya tersebar pada Kecamatan Barabai, Batang Alai Utara (BAU), Batu Benawa dan Pandawan.

Sedangkan daerah yang terendam banjir terdapat pada 8 dari 11 kecamatan di HST. Terparah ada di Hantakan, Batu Benawa, Barabai, Pandawan, Haruyan dan BAU . Total ada 2.349 kepala keluarga yang terdampak.

Ada pun pengungsi berjumlah 505 jiwa. Rinciannya, warga Barabai Darat 300 jiwa, Barabai Timur 175 jiwa dan Barabai Selatan 30 jiwa.

Untuk kerugian, Pemkab HST belum mengkalkulasi totalnya. Namun beberapa prasarana turut terdampak banjir. Sebagian mengalami kerusakan.

Rinciannya, sekloah 44 unit, jembatan rusak 4 unit dan dua diantaranya terputus serta jalan tertimbun longsor sepanjang 80 meter. Di Hinas Kiri Kecamatan BAT sepanjang 30 meter dan di Pasting Kecamatan Hantakan sepanjang 50 meter.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PT AGM

HST

Dugaan Bukaan Lahan di Batu Harang HST, PT AGM Selesaikan Masalah dengan KUD Karyanata

HST

Pakai JKN-KIS, Kesehatan 9 Anggota Keluarga di HSU ini Terjamin

HST

Setubuhi Gadis 16 Tahun, Seorang Warga HST Dijerat Hukuman Berat
Barang bukti yang diamankan di Makopolres HST./Foto-Istimewa

HST

Dua Pengedar Sabu di HST Diringkus John Lee CS, Satu Diduga Residivis
HUT ke-75 Bhayangkara

HST

HUT ke-75 Bhayangkara di HST, Bhabinkamtibmas Diganjar Penghargaan dan Kenaikan Pangkat
Dokter

HST

Dari Plt, Dokter Asnal Kini Definitif Direktur RSUD H Damanhuri Barabai
Iduladha 1442

HST

H-1 Iduladha 1442, Harga Telur Ayam Ras Naik di HST
PDAM

HST

Tren Kasus di Kejari HST 2020, Dari Korupsi PDAM hingga Nabi Palsu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com