Banjir Meluas ke Pusat Kota HST, Diprediksi Puncak Air Naik Tengah Malam Bangun Gedung Baru, Uniska MAB Juga Usul 6 Dosen Jadi Guru Besar Jelang Nataru di Tabalong, 4 Warga Beserta Ratusan Botol Miras Diamankan Siaga 1! 10 Desa di 3 Kecamatan HST Banjir, Tagana Kalsel Terjun ke Lokasi Resmi, Pengurus MUI Kotabaru Dikukuhkan

Blok Rokan Setor Rp2,7 T ke Negara usai Dikelola Pertamina

- Apahabar.com     Jumat, 5 November 2021 - 23:27 WITA

Blok Rokan Setor Rp2,7 T ke Negara usai Dikelola Pertamina

PT Pertamina Hulu Rokan menyumbangkan Rp2,7 triliun kepada kantong negara usai mengambil alih pengelolaan Blok Rokan dari Chevron sejak Agustus 2021. Ilustrasi. Foto-Dok. PLN

apahabar.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menyetor Rp2,7 triliun ke kas negara dari Blok Rokan yang diambilalih dari Chevron Corporation sejak Agustus 2021. Setoran ini merupakan hasil pengelolaan kilang minyak dalam dua bulan terakhir.

Direktur Utama Pertamina Hulu Rokan Jaffee A. Suardin merinci setoran itu terdiri dari penerimaan dari hasil penjualan minyak mentah mencapai Rp2,1 triliun dan pembayaran pajak Rp607,5 miliar. Pembayaran pajak ini sudah termasuk pajak-pajak ke daerah.

“Kontribusi ini merupakan salah satu bukti nyata bagaimana kehadiran kegiatan usaha hulu migas, dalam hal ini operasi PHR, memberikan manfaat secara langsung bagi negara dan daerah,” ungkap Jaffee dalam keterangan resmi, dikutip dari CNNIndonesia, Jumat (5/11).

Tak hanya memberi setoran ke kas negara, ia mengklaim operasional Blok Rokan oleh Pertamina juga memberi manfaat lain, yaitu memenuhi kebutuhan energi nasional. Selain itu, juga memberi peluang kerja bagi masyarakat dan peluang bisnis bagi pengusaha lokal.

Tercatat, ada lebih dari 25 ribu pekerja yang bekerja di Blok Rokan. Dari jumlah tersebut, mayoritas merupakan warga lokal Riau.

Raksasa migas itu memperkirakan kontribusi ekonomi dari Blok Rokan akan meningkat ke depan. Sebab, perusahaan berencana menerapkan skema kontrak bagi hasil dari sebelumnya cost recovery menjadi gross split bagi pengusaha lokal yang bermitra dengan Pertamina.

“Karena itu, ke depan PHR optimistis dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terkait penerimaan negara dan daerah dari kegiatan hulu migas di WK Rokan,” tuturnya.

Selain itu, operasional Blok Rokan juga meningkat sejalan dengan penambahan sumur di wilayah tersebut. Tercatat ada lebih dari 79 sumur yang telah dibor sampai saat ini, di mana 16 di antaranya sudah dioperasikan.

Targetnya, perusahaan mau mengebor sampai 161 sumur hingga akhir tahun ini. Sementara ke depan, total sumur ditargetkan mencapai 500 sumur.

Lebih lanjut, Pertamina berambisi membuat Blok Rokan bisa menjadi tulang punggung dalam mencapai target produksi minyak nasional mencapai 1 juta barel per hari (bph) dan gas 12 miliar kaki kubik per hari (bscfd) pada 2030.

“Produksi WK Rokan menyumbangkan hampir 25 persen produksi minyak nasional,” tandasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjir Jakarta Selatan

Nasional

Banjir Jakarta Selatan, Ketinggian Air di Kebayoran Lama Mencapai 1 Meter
apahabar.com

Nasional

Eksploitasi Seksual dan Perdagangan Anak Marak di Media Sosial, Menteri PPPA Geram
apahabar.com

Nasional

Hari Ini, Jamaah An Nadzir Salat Idul Fitri
Wartawan

Nasional

Wartawan Jangan Ragu Investigasi Bentrok FPI-Polisi
pajak mobil

Nasional

Kemenkeu Beri Isyaratkan Setuju Mobil Baru Bebas Pajak
apahabar.com

Nasional

Usung Ibu Kota Negara Maritim, Kalsel Usulkan Tanah Bumbu
apahabar.com

Nasional

Tak Percaya Survei, BPN Optimis Prabowo-Sandiaga Unggul
apahabar.com

Nasional

Soal Persekusi, Hanya Opini Sandiaga Uno
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com