Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Bongkar Investasi Bodong Kelas Kakap, Polda Kaltim Amankan Mahasiswi

- Apahabar.com     Senin, 8 November 2021 - 14:36 WITA

Bongkar Investasi Bodong Kelas Kakap, Polda Kaltim Amankan Mahasiswi

Ditreskrimum Polda Kaltim berhasil mengungkap investasi bodong dengan jumlah korban 900 orang. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Polda Kalimantan Timur berhasil mengungkap kasus investasi bodong kelas kakap. Uang yang diputar dari investasi itu senilai Rp 63 miliar.

“Korban semuanya 900 orang. Ini tersebar di seluruh indonesia dan pemeriksaan sudah kita lakukan sementara,” kata Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo saat press rilis di Mapolda Kaltim pada Senin (8/11).

Pelaku berinisial DM (24) yang masih berstatus mahasiswi asal Berau, Kaltim. Dia diamankan oleh Polda Kaltim baru-baru ini.

Kejadian ini bermula saat pelaku membuka usaha investasi bodongnya pada pertengahan 2020 lalu. Tapi bisnisnya baru naik daun pada bulan Januari 2021.

Modus yang digunakan oknum mahasiswi itu yakni menawarkan keuntungan sebesar 25 sampai 70 persen dari uang yang disetor. Uang itu akan dicairkan dalam waktu yang singkat.

“Tersangka menawarkan investasi dibagi 15 slot. Masing-masing bervariasi, antara Rp300 ribu sampai Rp1,5 juta per slot dengan iming-iming keuntungan senilai 25 sampai 70 persen hanya dalam waktu 15-25 hari kerja,” ujarnya.

Pelaku mengaku investasi tersebut untuk menjalankan bisnis yang bernilai besar. Oleh pelaku, uang tersebut akan dipinjamkan lagi kepada pengusaha besar yang berdomisili di Berau.

Investasi itu dinamakan Beezy. Untuk berkomunikasi dengan member, pelaku membuat WhatsApp Grup.

Mulanya, pembayaran ke member berlangsung lancar. Sejumlah investor menerima uang hasil setorannya sesuai dengan yang ditawarkan. Namun pada pertengahan 2021, pelaku mulai tidak bisa membayar kepada para investor lantaran banyaknya orang yang melakukan investasi.

“Jadi modusnya dana itu dari investor, tapi ternyata pelaku tidak mengembangkan bisnis lain. Hanya itu saja diputar-putar. Investasi ini mulai dibuka pertengahan 2020, tapi mulai ramai bulan Januari 2021 dan akhirnya ditutup kemarin sampai bulan Juli, dikarenakan sudah tidak ada lagi uang untuk mengembalikan,” jelas Yusuf.

Ratusan orang yang menjadi korban berasal dari berbagai daerah, seperti Balikpapan, Berau, Tegal, Sukoharjo, Yogyakarta, Brebes, Kendal, Sragen, Pekalongan, Banten, Bogor, Depok, Cianjur, Bekasi, Garut, Bandung, Tasikmalaya, Pangandara, Purwakarta, Riau dan beberapa daerah lain di Indonesia.

“Total kerugian ataupun dana yang bisa diputar dalam investasi ini adalah Rp 63.200.076.383,” sebutnya.

Pihak penyidik dari Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Kaltim berhasil mengamankan sejumlah barang bukti dari pelaku, yakni mobil, kalung emas, gelang, cincin, handphone dan uang cash sebesar Rp150 juta.

“Kasus tersebut melanggar Pasal 3 Undang-Undang RI Nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan TPPU Junto Pasal 45 Undang-Undang RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE Junto Pasal 378 KUHP pidana yaitu penipuan. Dengan ancaman hukumanan antara 4 tahun hingga 15 tahun penjara,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Kasus Positif Covid-19 Balikpapan Bertambah 22 Orang, 5 Anak Tertular
Masjid At Taqwa

Kaltim

Jemaah Masjid At Taqwa Balikpapan Dibacok hingga Kritis, Begini Kronologinya

Kaltim

Ambil Besi di Atas Tongkang, Seorang Pemuda Tenggelam di Samarinda
apahabar.com

Kaltim

AJI Sesalkan Pengusiran Jurnalis Saat Persidangan di PN Balikpapan

Kaltim

Breaking News! Gunung Bugis di Kaltim Membara Lagi
apahabar.com

Kaltim

Dirjen Otda: Kaltim Masuk Zona Kondusif Tahun Politik
Kaltim

Kaltim

Aksi Ibu di Kaltim Viral, Terlindas Truk Demi Selamatkan Anak
Samboja

Kaltim

Lari ke Kaltim, Terduga Buronan Kalsel Jadi Buruan di Hutan Samboja!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com