Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Borneo Law Firm Ancam Gugat PDAM Bandarmasih

- Apahabar.com     Selasa, 9 November 2021 - 18:21 WITA

Borneo Law Firm Ancam Gugat PDAM Bandarmasih

Papan pengumuman PDAM Bandarmasih terkait perbaikan pipa. Foto-apahabar.com/Muhammad Syahbani

apahabar.com, BANJARMASIN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih terancam digugat akibat distribusi air bersih ke masyarakat Banjarmasin kerap macet beberapa waktu terakhir.

Sebagai langkah awal, Borneo Law Firm, ancang-ancang membentuk tim advokasi guna menjadi penerima kuasa dari pelanggan PDAM Bandarmasih yang merasa dirugikan imbas dihentikannya distribusi air.

“Cukup kami mencari 5 orang pelanggan di 5 kecamatan yang memberikan kuasa kepada kami Borneo Law Firm yang mengalami kerugian selama ini, maka akan kami tempuh upaya hukum,” ujar Presiden Borneo Law Firm Muhamad Pazri, Selasa (9/11).

Rencana gugatan itu tentu tak bisa dianggap remeh. PDAM Banjamasin perlu menanggapinya serius. Perlu diingat tim advokasi itu sudah punya pengalaman.

Pemprov Kalsel pernah keok terkait gugatan korban banjir. Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banjarmasin menyatakan Pemprov Kalsel bersalah karena lalai.

“Saya dan Borneo Law Firm peringatkan keras, jika masih saja terjadi kemacetan air dimana-mana sampai Desember, kami akan lakukan advokasi khusus PDAM ini,” kata Pazri.

PDAM Bandarmasih kata Pazri selalu berdalih penghentian distribusi air ke pelanggan dilakukan dengan berbagai alasan. Salah satu yang paling sering selalu dikaitkan dengan perbaikan pipa.

“Setiap minggu selalu ada saja alasan PDAM, perbaikan pipa lah, pemeliharaan pipa, rehabilitasi macam-macam alasan, padahal apakah ini dugaan proyek pipanisasi, dari dahulu sampai sekarang tetap sama polanya. Mana profesionalnya saat ini, padahal baru saja dapat penghargaan, jadi berbanding terbalik dengan faktanya,” kata Pazri.

Lebih jauh Pazri juga berencana akan melakukan pengajuan ke Komisi Informasi Provinsi (KIP) Kalsel guna mengakses laporan PDAM Bandarmasih rentang 5 tahun terakhir.

Tim audit eksternal bakal dibentuk hingga nantinya pengajuan keberatan sebagai langkah upaya administrasi hingga ke banding administrasi sesuai Undang-undang Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan dan Perma Nomot 2 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyelesaian Sengketa Tindakan Pemerintahan dan Kewenangan Mengadili Perbuatan Melanggar Hukum oleh Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan (Onrechtmatige Overheidsdaad).

“Karena jelas selama ini dugaan yang dilakukan PDAM tidak profesional, tidak transparan, melanggar Undang-undang Perlindungan Konsumen, Undang-undang Pelayanan Publik, asas kepastian hukum, asas kemanfaatan, asas keterbukaan, asas kepentingan umum dan asas pelayanan yang baik, serta sangat merugikan para pelanggan secara materiil dan immateriil,” ujar Pazri.

Tak hanya PDAM Bandarmasih, kinerja Pemkot maupun DPRD Banjarmasin juga tak luput dari sorotan Pazri. Pemkot dan DPRD perlu diaudit terkait permasalahan tersebut.

“Harus juga diaudit, mengevaluasi secara total selama ini yang sudah dilakukan PDAM kenapa selalu terjadi kesalah kesalahan yang sama. Investigasi, sampai dengan gugatan dilakukan terhadap PDAM karena sudah tak beres dalam mengurus PDAM, sisi lain mau menaikan sewa meter dulu kan aneh,” imbuh Pazri.

“Tujuan advokasi kami kedepan agar terjadi perbaikan PDAM Bandarmasih ini adalah serius, mengingat air adalah hajat hidup orang banyak,” pungkasnya.

Sepekan Air Bersih Tak Mengalir, Warga Alalak Tengah Kecewa dengan PDAM Bandarmasih

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Cegah Corona, Rumah Zakat Kalsel Semprot Disinfektan di Masjid Hasanuddin Madjedi
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Kabut Asap Ganggu Penerbangan di Syamsuddin Noor
apahabar.com

Kalsel

Di Sela TMMD Kodim 1005 Marabahan, Tentara Ini Mengajar Mengaji
apahabar.com

Kalsel

Proyek Pelaihari City Mall Dihentikan, Investor Tuding Pemkab Tala Arogan
apahabar.com

Kalsel

Panduan Mengolah Limbah Hewan Kurban yang Ramah Lingkungan
Tapin

Kalsel

Breaking! Bocah 8 Tahun Tenggelam di Sungai Tapin Ditemukan
apahabar.com

Kalsel

Empat Terdakwa Sabu 300 Kg di Banjarmasin Dituntut Hukuman Mati

Kalsel

Pascalebaran, Segini Harga Bahan Pokok di Tanah Bumbu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com