Tanpa Naturalisasi, Berikut Pemain Tambahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Kartu Prakerja Lanjut di 2022, Anggaran Rp 11 Triliun Disiapkan Nyangkut Jembatan Lagi, Damkar Banjar Turun Tangan Atasi Rumpun Bambu Longsor Kotabaru Tewaskan 4 Warga Maradapan, Cek Faktanya Korupsi Eks Bupati HST: KPK Periksa Pejabat Bank Kalsel

Cukup Via Smartphone, Urusan Administrasi KIS Helda Beres

- Apahabar.com     Sabtu, 20 November 2021 - 13:56 WITA

Cukup Via Smartphone, Urusan Administrasi KIS Helda Beres

Smartphone buat semuanya jadi mudah, termasuk urusan BPJS Kesehatan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan sesuatu yang dianggap sangat penting bagi keluarga Helda Yanti (28).

Menurut Helda, dengan terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sama saja membentengi diri ketika nanti masalah kesehatan melanda.

Namun, kebingungan sempat menerpa Helda dan keluarga kala kepesertaan JKN-KIS mereka yang sebelumnya terdaftar dari segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) telah non-aktif dari penanggung sebelumnya.

“Kami memang langsung terpikir untuk alihkan jadi peserta BPJS Kesehatan yang mandiri, tapi bingung karena belum punya waktu buat ke kantor BPJS Kesehatannya, sama bingung juga syarat-syaratnya apa,” ujar Helda belum lama tadi.

Setelah mendapat informasi dari rekan sejawatnya, Helda tau kalau BPJS Kesehatan telah mengembangkan layanan digital. Salah satunya untuk mengurus administrasi kepesertaan lewat gawai atau Smart Phone.

Sangat mudah. Mengurus administrasinyabisa dari rumah saja,yakni dengan mengakses Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp atau PANDAWA ke nomor 0811515042.

Nomor layanan itu bisa diakses masyarakat se Banua Anam, Tapin, HSS, HST, Amuntai, Balangan dan Tabalong.

“Setelah saya dapat nomor PANDAWAnya, langsung saya hubungi via WA. Respon dari petugasnya sangat cepat, jadi saya diarahkan mengisi formulir dan menyampaikan berkas berupa foto beberapa dokumen, alurnya juga jelas jadi mudah bagi saya,” papar Helda.

Tak berselang lama, keperluan administrasi Helda langsung diproses dan kepesertaan BPJS Kesehatan beralih. Dari yang sebelumnya di perusahaan jadi peserta mandiri.

“Semua bisa selesai tanpa saya harus keluar rumah sedikitpun, semuanya dari PANDAWA,” aku Helda.

Bagi Helda, adanya layanan PANDAWA sangat memudahkan dalam mengurus administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan. Dia mengaku puas dengan inovasi layanan BPJS Kesehatan itu.

“Kalau ada layanan yang seperti ini kan jadinya semua ringkas. Saat kita mengurus ini dari rumah, kalau ada berkas yang kurang kita bisa langsung cari dan kita kirim ulang, tapi seandainya mengurusnya langsung ke kantor BPJS Kesehatan, semisal ada berkas yang kurang harus mengambil dulu ke rumah pasti sangat memakan waktu,” tutur ibu satu anak ini.

Menyoal pentingnya memiliki jaminan kesehatan seperti JKN-KIS ini, Helda menuturkan bahwa “kartu hijau” ini telah beberapa kali terbukti mampu menjamin pelayanan kesehatan bagi dirinya maupun keluarganya.

Helda mengaku memang beberapa kali Ia menggunakan KIS miliknya untuk berobat ke fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun tingkat rujukan.

“Saya juga pernah sampai ke rumah sakit untuk berobat, dan semua terjamin JKN-KIS ini,” tutup Helda.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Kabar Baik, Iuran Peserta BPJS Kesehatan 2021 Tetap Dibantu Pemerintah
Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah KTTI, BPJS Kesehatan RI Siap Jalankan Amanah

BPJS Kesehatan Barabai

Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah KTTI, BPJS Kesehatan RI Siap Jalankan Amanah

BPJS Kesehatan Barabai

Biaya Melahirkan Istri Alfianur Dijamin, si Bayi Langsung Didaftarkan ke JKN-KIS

BPJS Kesehatan Barabai

Ikhtiar Keluarga Hendro, Upaya Sembuhkan Kanker dengan JKN-KIS
P-Care BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Barabai

P-Care BPJS Kesehatan, Bantu Kelancaran Pemberian Vaksin Ibu Hamil di HST
BPJS

BPJS Kesehatan Barabai

BPJS Barabai dan Banjarmasin Perkenalkan Tim Kemitraan PERJAKA
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Simak Perinciannya
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Percayakan Pada Selembar Kartu, Arsyad Punya Cerita Persalinan Istrinya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com