Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans Resmi Dilepas, Kapolres Optimis Tim Voli Kotabaru Rebut Juara Piala Kapolda Kalsel

Dana Program Ekonomi Nasional Baru Terealisasi 61,3 Persen

- Apahabar.com     Selasa, 9 November 2021 - 07:08 WITA

Dana Program Ekonomi Nasional Baru Terealisasi 61,3 Persen

Dana PEN baru terealisasi 61,3 persen. Foto-Ilustrasi/Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan realisasi penyerapan dana program ekonomi nasional (PEN) baru Rp456,35 triliun per 5 November 2021. Angka itu setara dengan 61,3 persen dari pagu Rp744,77 triliun.

“Untuk program pemulihan ekonomi terealisasi 61,3 persen atau Rp456,35 triliun,” ucap Airlangga dalam konferensi pers secara daring, kutip CNNIndonesia.com.

Airlangga mengatakan dana itu digunakan untuk berbagai program. Pertama, realisasi di program kesehatan sebesar Rp126,65 triliun atau 58,9 persen dari pagu Rp214,96 triliun.

Dana itu disalurkan untuk pembagian paket obat untuk masyarakat, biaya perawatan untuk 477 ribu pasien, dan insentif tenaga kesehatan.

Kedua, realisasi di program perlindungan sosial sebesar Rp132,49 triliun atau 72,4 persen dari pagu yang mencapai Rp186,64 triliun. Dana itu digunakan untuk menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat agar mereka bisa bertahan di masa pandemi covid-19.

Beberapa contohnya, seperti program keluarga harapan (PKH), bansos tunai, subsidi listrik, bantuan subsidi upah (BSU), bantuan beras, dan Kartu Prakerja.

Ketiga, realisasi program dukungan UMKM dan korporasi baru Rp63,45 triliun. Angka itu setara dengan 39,1 persen dari pagu sebesar Rp162,4 triliun.

Keempat, realisasi program prioritas sebesar Rp72,59 triliun. Jumlahnya baru terealisasi 61,6 persen dari target Rp117,9 triliun.

Kelima, pemerintah mencairkan dana sebesar Rp61,17 triliun untuk insentif usaha. Angkanya sudah terealisasi 97 persen dari pagu yang sebesar Rp62,83 triliun.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Alasan ULM Beri Gelar Warga Belanda Doktor Kehormatan

Nasional

Baru Dibuka, KFC Kena Segel karena Prokes Covid-19
apahabar.com

Nasional

Menhan: Saya Sedih, yang Terjerat Kasus Makar itu Senior-Junior Saya
apahabar.com

Nasional

Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Bertambah Jadi 227 Orang
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono. Foto-Istimewa

Nasional

100 Hari Program Prioritas Kapolri Sigit, Humas Polri Gelar Pelatihan Konten Kreatif
Sopir Vanessa Angel

Nasional

Resmi Tersangka, Berikut Pengakuan Sopir Vanessa Angel ke Polisi
apahabar.com

Nasional

Indonesia Pantang Berunding dengan Cina Soal Natuna
apahabar.com

Nasional

5 Petugas Kebersihan JIS Digugat Rp 1,7 Triliun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com