Banjarmasin ‘Calap’ Lagi, Perhatikan Barang Elektronik! Demo Besar-besaran, Ribuan Buruh Tabalong Matangkan Persiapan RESMI! Sopir Truk Maut A Yani Banjarmasin Tersangka Tolerannya Muslim di Banjarmasin Bikin Pohon Natal Setinggi 8 Meter Sudah 2 Ibu di Tanah Bumbu Coba Akhiri Hidup, IPK Sentil Peran Pemerintah

Deteksi Dini Potensi Konflik, Pemkab Kapuas Luncurkan Aplikasi Pahari

- Apahabar.com     Kamis, 25 November 2021 - 19:34 WITA

Deteksi Dini Potensi Konflik, Pemkab Kapuas Luncurkan Aplikasi Pahari

Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Kesbangpol meluncurkan aplikasi Pahari yang dapat digunakan sebagai langkah awal untuk mendeteksi potensi konflik. Foto-Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalteng, melalui Dinas Kesbangpol meluncurkan aplikasi Pahari atau sistem informasi pemantauan situasi harian, Kamis (25/11).

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengatakan aplikasi Pahari sangat berguna untuk memantau sejak dini situasi atau tanda-tanda yang mengarah kepada terjadinya konflik.

“Jadi, akan dipantau setiap hari melalui aplikasi teknologi seperti yang diluncurkan hari ini,” kata Ben di aula Kantor Bappeda Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.

“Yang terpenting adalah kita harus melakukan tindakan preventif, deteksi dini ketika terjadi tanda-tanda yang mengarah kepada terjadinya konflik atau perselisihan, langsung harus diatasi dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kapuas, Marlina Kasyfiatie, menjelaskan tujuan diluncurkannya aplikasi Pahari untuk menyediakan data dan laporan yang cepat, tepat dan akurat melalui web maupun android.

“Dimana aplikasi ini telah tersedia di Google Playstore dan dapat diunduh melalui smartphone,” ucap Marlina.

Kemudian tujuan lainnya yaitu menyediakan data mengenai organisasi kemasyarakatan, partai politik serta jumlah kader partai politik baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan.

“Sebagai langkah awal untuk deteksi dini potensi konflik yang terjadi di masyarakat baik dalam aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan,” jelas Marlina.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Kapal Wisata Tenggelam di Perairan Kobar, 2 Turis Lolos Dari Maut
apahabar.com

Kalteng

Besok Pendaftaran CPNS di Barut Mulai Dibuka, Cek Formasinya
Kapuas

Kalteng

Senjata Makan Tuan! Pria Kapuas Tewas Akibat Sajam Sendiri
apahabar.com

Kalteng

Diguyur Hujan, Jalan di Pelosok Kotim Makin Parah
Perempuan Paruh Baya

Kalteng

4 Hari Hilang, Perempuan Paruh Baya di Kapuas Ditemukan Sudah Tak Bernyawa
apahabar.com

Kalteng

Kisah Penyuluh Tani Terjang Banjir Lamandau dengan Batang Pisang
Koramil 08

Kalteng

Koramil 08/Mantangai Cek Kesiapan Calon Komcad
apahabar.com

Kalteng

Temuan Mayat Membusuk di Tjilik Riwut Gegerkan Warga Palangka Raya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com