Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru

Dewan Barabai Intip Penerapan Pokir Dewan Kalsel

Anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) berkunjung ke Gedung DPRD Kalimantan Selatan. Kedatangan mereka mengkonsultasikan soal
- Apahabar.com     Jumat, 26 November 2021 - 23:50 WITA

Dewan Barabai Intip Penerapan Pokir Dewan Kalsel

Kunjungan Anggota DPRD HST ke gedung DPRD Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) berkunjung ke Gedung DPRD Kalimantan Selatan. Kedatangan mereka mengkonsultasikan soal realisasi pokok pikiran atau pokir agar maksimal.

Kunjungan tersebut diterima Kabag Persidangan Hukum AKD dan Layanan Aspirasi Sekretariat Dewan (Setwan) provinsi tersebut, Muhammadin Jaini MAP di Banjarmasin, Jumat (26/11).

Pokir merupakan kumpulan aspirasi masyarakat yang dikompilasi dari hasil reses atau bertemu dengan konstituen.

Ketika pertemuan itu, anggota DPRD HST M Sampurna mengungkapkan, bahwa Pokir dari yang tertampung pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat pada dua tahun anggaran lalu hanya berkisar antara 5 sampai 10 persen.

“Tapi untuk tahun anggaran 2022 kami belum mengetahui dengan pasti. Namun kami berharap realisasi Pokir lebih banyak lagi seiring mulai membaiknya perekonomian daerah, karena pandemi Covid-19 juga mulai melandai,” ujar wakil rakyat dari Partai Bulan Bintang (PBB) tersebut.

Sementara anggota DPRD HST H Mulyadie dari Partai Gerindra menambahkan, pengalokasian atau realisasi Pokir tampaknya dengan sistem jatah.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Bumi Murakata HST yang akrab dengan sapaan Asoy itu menuturkan, kedatangan mereka ke DPRD Kalsel untuk mengonsultasikan mengenai pembahasan Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) RAPBD.

“Pasalnya pembahasan KUA-PPAS RAPBD HST 2022 masih alot. Hal tersebut antara lain terkait Pokir,” ujar wakil rakyat dari Partai Golkar itu.

Dalam upaya lebih memaksimalkan realisasi Pokir itulah anggota DPRD Bumi Murakata HST yang terdiri dari anggota Badan Anggaran (Banggar) serta Komisi III dengan pimpinan rombongan Wakil Ketua Dewannya H Hendra Suriadi berkonsultasi ke DPRD Kalsel.

Namun, saat kedatangan wakil rakyat dari HST ke Rumah Banjar, anggota DPRD Kalsel lagi tidak berada di tempat karena kunjungan kerja (Kunker) ke luar daerah, mereka tergabung dalam empat Panitia Khusus (Pansus).

Pada kesempatan itu, Kabag Persidangan Setwan Kalsel menjelaskan, arti penting e-pokir, di mana sebelum pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sudah harus masuk.

“Karena dari hasil Musrenbang itulah penyusunan perencanaan pembangunan tahun depan,” ujarnya di hadapan wakil rakyat HST tersebut.

“Pokoknya semua itu sudah ada petunjuk/aturannya, baik mengenai Pokir maupun KUA-PPAS,” demikian kata M Jaini.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

BUMDes

DPRD Kalsel

Membanggakan, Dewan Kalsel: BUMDes Amanah Batola Jadi Contoh!
DPRD Kalsel

DPRD Kalsel

Wakil Ketua DPRD Kalsel Minta Kepala Daerah Siapkan Langkah Mitigasi Bencana
Hasanuddin Murad

DPRD Kalsel

Hasanuddin Murad Bicara Soal Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Batola
Kotabaru

DPRD Kalsel

Polisi Ciduk Pinjol di Kotabaru, Jasa Keuangan Banua ke Mana?
apahabar.com

DPRD Kalsel

Politisi Perempuan Kalsel Sosialisasikan Perda PMD

DPRD Kalsel

Sosialisasi Perda DPRD Kalsel Menuai Hasil
listrik

DPRD Kalsel

20 Tahun, Listrik dan Jalan Mulus Belum Dirasakan Warga Desa Tajur Tanbu

DPRD Kalsel

HET Gas Melon Ingin Dinaikkan, Sekretaris Komisi II DPRD Kalsel Meradang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com