Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Dewan Desak Pemkab Barito Utara Inventarisir Aset Daerah Secara Profesional

- Apahabar.com     Jumat, 12 November 2021 - 13:44 WITA

Dewan Desak Pemkab Barito Utara Inventarisir Aset Daerah Secara Profesional

Anggota DPRD Barito Utara Mustafa Joyo Muhtar. Foto-apahabar.com/Istimewa.

apahabar.com, MUARA TEWEH – Anggota DPRD Barito Utara Mustafa Joyo Muhtar berharap agar pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk menginventarisir aset daerah secara lebih profesional dan transparan.

Pasalnya hingga kini masih terlihat aset yang kurang terpelihara. Seperti gedung, mesin, jalan, irigasi serta jaringan. “Karena kalau rusak dan tidak terpelihara maka dipastikan nilai aset tersebut akan turun, ini artinya akan ada pengurangan nilai aset nantinya,” ujarnya.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa alam membawa pengaruh besar terhadap kualitas aset daerah, namun ia meminta hendaknya jangan jadi alasan untuk berkurangnya nilai aset tersebut.

Politisi Gerindra ini menambahkan, perlu keseriusan lebih dalam lagi untuk memelihara aset daerah. Disamping itu inventarisir secara valid karena dengan demikian masyarakat akan tahu berapa jumlah aset daerah.

“Transparansi terhadap aset daerah dinilai akan berimbas pada rasa percaya masyarakat kita dan dengan demikian maka mereka akan bisa menjaga serta ikut memeliharanya,” ujar Mustafa Joyo Muhtar.

Dia menilai hingga kini masih banyak aset daerah yang belum jelas peruntukkannya. Bahkan dipergunakan oleh orang tertentu yang diduga bukan untuk kepentingan daerah.

“Pemerintah daerah hendaknya bisa melakukan tindakan tegas dan segera agar jangan sampai nanti menimbulkan masalah dikemudian harinya mengingat banyaknya pengalaman-pengalaman daerah lain,” kecamnya.

Dia menilai karena terlalu lama menempati bangunan tanah milik daerah akhirnya merasa memiliki, hingga pada akhirnya saat diminta untuk membongkar justru bakal terjadi perlawanan.

“Kita tidak ingin hal tersebut terjadi di bumi Iya Mulik Bengkang Turan mengingat dari hasil pengawasan dewan sudah ada bangunan semi permanen yang berdiri di atas tanah milik pemerintah daerah,” bocor Mustafa.

Dia mendesak pemerintah daerah melalui dinas yang berkompoten harus segera menuntaskan atau menyelamatkan aset daerah dengan melakukan koordinasi dengan masyarakat apabila berhubungan dengan mereka.

Karena papar Mustafa, dari laporan yang masuk ke dewan, ada beberapa sekolah yang diklaim oleh warga berdiri di tanah masyarakat dan sampai sekarang masih dalam proses penyelesaiannya.

“Pada akhirnya kita tidak bisa mendapatkan berapa nilai kekayaan daerah atau aset daerah kalau masih bersengketa dengan masyarakat, apakah memang itu hak pemerintah daerah atau juga hak murni milik masyarakat,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

DPRD Barut

Dewan Desak Agar Pendidikan di Barito Utara Merata
DPRD Barito Utara

DPRD Barut

DPRD Barito Utara Rekomendasikan Pengelolaan Pasar
DPRD Barito Utara

DPRD Barut

DPRD Barito Utara Setujui Dua Raperda Jadi Perda
DPRD Barito Utara

DPRD Barut

DPRD Barito Utara Gelar Rapat dengan PT EBA Terkait Penggunaan Jalan Bandara

DPRD Barut

Pemerintah Barito Utara Hendaknya Genjot Penggalian PAD
Barut

DPRD Barut

Sekolah di Barut Disorot, Jangan Sampai Siswa Tak Hafal Lagu Nasional dan Daerah
Sidang Paripurna

DPRD Barut

Sidang Paripurna, Dewan Barut Dengarkan Rancangan Perubahan KUA
Aspirasi Masyarakat

DPRD Barut

Dewan Minta Pemkab Barut Respons Aspirasi Masyarakat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com