Dikira Orang Mabuk, Ternyata Api Mengamuk di Komet Banjarbaru Tanpa Naturalisasi, Berikut Pemain Tambahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Kartu Prakerja Lanjut di 2022, Anggaran Rp 11 Triliun Disiapkan Nyangkut Jembatan Lagi, Damkar Banjar Turun Tangan Atasi Rumpun Bambu Longsor Kotabaru Tewaskan 4 Warga Maradapan, Cek Faktanya

Disarpustaka Kapuas Sosialisasikan Pentingnya Pengelolaan Arsip

- Apahabar.com     Rabu, 10 November 2021 - 22:54 WITA

Disarpustaka Kapuas Sosialisasikan Pentingnya Pengelolaan Arsip

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas mensosialisasikan peraturan tentang kearsipan dan pengelolaan arsip. Foto-Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Peraturan perundang-undangan kearsipan dan pengelolaan arsip diosialisasikan kepada organisasi perangkat daerah Kabupaten Kapuas, Kalteng, Rabu (10/11).

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Disarpustaka) Kapuas itu dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kapuas, Idie I Gaman.

Idie mengatakan dalam undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan, setiap pemerintah daerah wajib melaksanakan kegiatan-kegiatan pengelolaan arsip.

“Karena pengelolaan kearsipan bukan saja dilaksanakan untuk kepentingan penyelamatan catatan sejarah suatu daerah. Tetapi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari catatan sejarah nasional,” katanya.

Idie melanjutkan pengelolaan arsip juga dimaksud sebagai upaya untuk menyelamatkan bahan bukti kinerja pemerintah yang pada akhirnya akan sangat bermanfaat bagi perlindungan hak keperdataan.

“Termasuk menyelamatkan berbagai permasalahan. Untuk itu kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk membuka wawasan dan pengetahuan kita tentang kearsipan serta peran arsip di masa yang akan datang,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Disarpustaka Kapuas, Komari menjelaskan kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program pihaknya untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi para pengelola arsip di organisasi perangkat daerah Kapuas.

“Karena seperti kita ketahui, Kabupaten Kapuas adalah kabupaten peringkat pertama di Kalteng dalam pengawasan kearsipan,” bebernya.

“Selain itu Kabupaten Kapuas juga berada di peringkat ke 51 dari 508 kabupaten/ kota se Indonesia dalam hal pengawasan kearsipan,” pungkas Komari.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Sekretaris

Kalteng

Septedy Resmi Jabat Sekretaris Daerah Kapuas
Polsek Kapuas Timur

Kalteng

Polsek Kapuas Timur Sosialisasikan Sapu Bersih Pungli

Kalteng

15 Hari Dikepung Banjir, Warga Desa Telangkah Katingan Hilir Belum Dapat Bantuan
apahabar.com

Kalteng

DPRD Palangka Raya Pertanyakan CSR Bank Kalteng
PPKM

Kalteng

Bulog Salurkan Beras PPKM Kepada Puluhan Ribu Warga Kapuas
Cinta Tangkiling

Kalteng

Atur Strategi, PKB Kalteng Konsolidasi di Bukit Cinta Tangkiling
apahabar.com

Kalteng

Cari Kerja, Ribuan Orang Serbu Kotawaringin Barat
apahabar.com

Kalteng

Kabut Asap Hilang, Aktivitas Warga di Muara Teweh Kembali Normal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com