Persiba Cuci Gudang, Coret Tujuh Pemain Jelang Delapan Besar Liga 2 Paman Birin Minta Wali Kota dan Bupati Maksimalkan Serapan Anggaran 2022 Kasus Covid-19 di 21 Daerah Naik, Pemerintah Meminta Masyarakat Tetap Waspada Cuaca Kalsel Hari Ini: Hujan Petir Berpotensi Melanda Hampir Seluruh Wilayah! Truk Terguling di A Yani Banjarmasin, Satu Orang Tewas

Dua BUMDes di Kalsel Diapresiasi Kementerian Desa PDTT

- Apahabar.com     Minggu, 14 November 2021 - 00:36 WITA

Dua BUMDes di Kalsel Diapresiasi Kementerian Desa PDTT

Kepala BPSDM Kemendesa PDTT, Luthfiyah Nurlaela, bersama Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS, meninjau stand Expo BUMDes 2021 Kalsel. Foto: Prokompimda Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Dua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kalimantan Selatan mendapat apresiasi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian DPDTT).

Apresiasi tersebut diterima dalam Expo BUMDes 2021 Kalsel yang digelar Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Banjarmasin di Kecamatan Alalak, Barito Kuala, Sabtu (14/11).

BUMDes yang diapresiasi tersebut adalah Anugerah Jaya Desa Nusa Indah dan Berkah Mulia dari Desa Bukit Mulia, Tanah Laut.

Sebagai bentuk apresiasi, mereka juga didorong untuk menandatangani bekerja sama dengan pihak lain.

BUMDes Anugerah Jaya Nusa Indah, misalnya. Mereka bekerja sama dengan PT Patriot dan PT Japfa Comfeed Indonesia untuk pengambilan limbah produksi dan suplai material.

Sedangkan BUMDes Berkah Mulia telah menandatangani kerja sama dengan PT Arutmin untuk angkutan batu bara.

“Kami mengapresiasi desa-desa yang mampu mendorong BUMDes bermitra dengan perusahaan untuk meningkatkan perekonomian desa,” papar Luthfiyah Nurlaela, Kepala BPSDM Kemendesa PDTT.

Sementara Expo BUMDes 2021 Kalsel diikuti 32 BUMDes dari 10 kabupaten. Batola sebagai tuan rumah mengirimkan 7 BUMDes.

Kemudian Tanah Laut 6 BUMDes, Banjar 8, Balangan 3, Tabalong 2 dan Tanah Bumbu 2, serta Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Kotabaru masing-masing 1 BUMDes.

Di antara BUMDes di Batola yang mengikuti Expo BUMDes 2021 Kalsel adalah Amanah dari Desa Karang Indah dan Berkah Bersama dari Desa Karang Bunga, Kecamatan Mandastana.

BUMDes Amanah memiliki jenis usaha sapi potong dan air bersih. Sedangkan Berkah Bersama berkecimpung di bidang air bersih, wisata petik jeruk dan hilirisasi produk jeruk.

“Kami berharap Expo BUMDes 2021 Kalsel dapat dimanfaatkan sebagai media promosi, pengembangan potensi investasi desa,” sahut Bupati Batola Hj Noormiliyani AS.

“Hal yang tak kalah penting adalah kesempatan ini dapat digunakan untuk saling berbagi pengalaman dan pemberdayaan,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Batola

SAKIP Batola 2018, Distan TPH Pecah Rekor
apahabar.com

Pemkab Batola

Hindari Kerumunan, Masjid di Marabahan Bagi Daging Door To Door

Pemkab Batola

Serahkan Evaluasi SAKIP, Bupati Batola Minta ASN Terus Memperbaiki Kinerja
Nanas

Pemkab Batola

Dukung Pemasaran, Petani Nanas Mekarsari Batola Tuntut Perbaikan Jalan
apahabar.com

Pemkab Batola

Rumahnya Dibedah PKK Batola, Ghalib Pun Tersenyum
apahabar.com

Pemkab Batola

Tiga Kades Dilantik, Begini Pesan Bupati Batola
apahabar.com

Pemkab Batola

Menjelang SKD CPNS, Ini Pesan Bapegdiklat Batola
apahabar.com

Pemkab Batola

Kala Pejabat Daerah Tampil Beda Saat Hari Jadi Batola
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com