Ternyata Rumah Ambruk di Gatot Subroto Banjarmasin tidak Kantongi IMB Kebanjiran Terus, Kalsel Siapkan Megaproyek Kolam Regulasi, Wabup HST Bantah Ilegal Logging Pertama di Kalsel, Kota Banjarbaru Capai Target Vaksinasi 70 Persen Korupsi Bupati HSU: KPK Periksa 2 Saksi Siang Ini Sempat Mengkhawatirkan, Kalsel Kembali Nol Kasus Covid-19 Harian

Ekspos Masterplan Tata Kota Paringin 20 Tahun ke Depan, 6 Zonasi Disulap Lebih Hijau

- Apahabar.com     Kamis, 18 November 2021 - 14:45 WITA

Ekspos Masterplan Tata Kota Paringin 20 Tahun ke Depan, 6 Zonasi Disulap Lebih Hijau

Kepala Bappeda Balangan, Rahkmadi Yusni bersama Tim Perencanaan Masterplan Tata Kota Paringin menyampaikan rancangannya, di Aula Bappeda, Kabupaten Balangan, Kamis (18/11). apahabar.com/Hendry

apahabar.com, PARINGIN – Bapedda Balangan menggandeng Universitas Brawijaya Malang melakukan ekspos Masterplan Tata Kota Paringin, Kabupaten Balangan, Kamis (18/11).

Masterplan dibuat Universitas Brawijaya itu untuk perencanaan arah pembangunan yang nanti dilaksanakan di Kota Paringin.

Tujuannya demi pemenuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang belum mencapai 20% di Kota Paringin.

Kepala Bappeda Balangan, Rakhmadi Yusni, menjelaskan masterplan ini nantinya diharapkan menjadi acuan untuk pembangunan di Kota Paringin ke depan.

“Siapapun nanti pemimpin Kabupaten Balangan, saya harapkan dengan masterplan ini dapat menjadi acuan untuk tata kota Kabupaten Balangan sehingga arahnya jelas dan sesuai keinginan,” ujarnya, Kamis (18/11).

Rakhmadi juga menerangkan masterplan ini sesuai dengan visi misi Bupati dan Wabup Balangan yaitu Menata Kota dan Membangun Desa.

Rakhmadi berharap masterplan Kota Paringin terwujud di 20 tahun kedepan.

“Pada tahun 2022 – 2023, Bupati dan Wabub Balangan akan memulai masterplan yaitu pembuatan Jembatan Kembar dan Jalan Kembar (Jalan Dua Arah) serta Wisata Sungai (Siring Sungai),” sebut Rakhmadi.

Terdapat enam zonasi masterplan tata Kota Paringin. Zona 1 Eks Terminal, Zona 2 Taman Sanggam, Zona 3 Monumen Perjuangan, Zona 4 Taman Balangan, Zona 5 Gedung Juang, dan Zona 6 Eks Koramil dan BRI.

Zona 1 Eks Terminal akan dibuat Taman Warna Warni, Panggung Pentas, Ruan Terbuka Hijau (RTH), Wisata Kuliner, Wisata Tepian Air, Tourism Center.

Zona 2 Taman Sanggam akan dibuat Taman Keluarga, Taman Permainan, Taman Air.

Zona 3 Taman Monumen Perjuangan akan dibuat Taman Sejarah, RTH, Jalan Kembar.

Zona 4 Taman Balangan akan dibuat Spot Foto Belajar Sejarah, Kolam Air, RTH, Area Parkir.

Zona 5 Gedung Juang akan dibuat Bangunan Heritage, Ruang Terbuka Publik, Area Swafoto.

Zona 6 Eks Koramil dan BRI akan dibuat Taman Olahraga, Jogging Track, Area Parkir.

Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Balangan, Mandan mengucapkan terima kasih kepada tim perancang Masterplan Kota Paringin.

“Terimakasih telah memasukkan identitas Borneo dengan adanya menampilkan ornamen khas Dayak dibeberapa RTH yang akan dibangun,” timpalnya.

Sementara itu, Anggota Penerus Perjuangan Kabupaten Balangan (PPKB) Kabupaten Balangan, Syahminan mengatakan tidak ada keluhan terhadap masterplan yang diekspos oleh tim perancang dari Universitas Brawijaya Malang.

“Saya harap masterplan ini difokuskan dan transparansi pembangunan nya disampaikan sehingga kita tahu capaian yang sudah ada nantinya,” ucap Syahminan.

Pada kesempatan yang sama, Anggota PPKB Kabupaten Balangan, Hifni Effendi, juga mengatakan setuju dengan rencana pembangunan ini.

“Saya harap Masterplan ini ada prioritas, rancangan ini harus dikawal oleh Bupati dan Wabub agar setiap tahunnya pembangunan dari rencana tersebut terlaksana,” ungkapnya.

Terakhir, Hifni berpesan masterplan ini jangan hanya sekadar rencana, namun benar dilaksanakan untuk pembangunan Kota Paringin.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tes PCR

Balangan

Tes PCR di Balangan Gratis, Warga Silakan Lapor ke Puskesmas!
Siring Ambruk

Balangan

Siring Ambruk di Area Gedung Taman Budaya, Plt Kadis PUPR Balangan: Segera Diperbaiki
Kebakaran Maut Paringin Timur Balangan

Balangan

Kesaksian Tetangga Korban Kebakaran Maut Paringin Timur Balangan
Open House

Balangan

Ikuti Anjuran Mendagri, Bupati Balangan Tiadakan Open House
Aruh Sastra Kalsel

Balangan

Balangan Tuan Rumah Aruh Sastra Kalsel ke 18
PT Pama

Balangan

PT Pama Serahkan Ribuan Masker dan Uang untuk Istana Anak Yatim Balangan
Nanang Galuh Balangan

Balangan

Sri Huriyati Dinobatkan Sebagai Bunda Asuh Pawadahan Nanang Galuh Balangan
apahabar.com

Balangan

Laporan Hasil Evaluasi Pemkab Balangan, Disnakertrans Dapat Predikat BB
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com